Wisata Bahari Pantai Batu Karas Ciamis - Jawa Barat

Wisata Bahari Pantai Batu Karas Ciamis - Jawa Barat

Sebelum kita jalan-jalan menyusuri pantai Batu Karas Ciamis, Jawa Barat, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu wisata bahari.

Pengertian Wisata Bahari dapat dikelompokkan kedalam beberapa arti. Hal ini didasarkan pada beberapa pendapat, seperti pendapat para ahli, baik itu pendapat para ahli bahasa, para pengamat industri parawisata, ataupun pendapat para penikmat wisata itu sendiri.

Mereka semua memiliki pendapat dan pengertian tentang Wisata Bahari dalam sudut pandang dan arti yang berbeda-beda, tergantung dari hasil pengamatan mereka masing-masing.

Namun demikian, jika kita tela'ah lebih jauh pendapat ataupun pengertian yang mereka berikan terhadap Wisata Bahari itu pada dasarnya hampir sama, atau dengan kata lain bisa kita sebut; "Serupa Tapi Tak Sama".

Definisi Wisata Bahari menurut para ahli, secara garis besar memiliki pengertian yakni;

1. Sebuah tempat wisata yang didominasi oleh kelautan dan perairan.

2. Serangkaian kegiatan untuk menikmati keindahan lautan dan pesisir pantai.

3. Pemanfaatan wilayah pesisir/ pantai dan lautan sebagai wahana wisata.

4. Suatu kegiatan menghabiskan waktu di pesisir pantai dan lautan.

5. Sebuah upaya menjaga kelestarian alam dalam hal ini pantai dan lautan.

Singkatnya Pengertian Wisata Bahari dapat disimpulkan sebagai berikut:

Sebuah upaya dalam menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan wilayah pesisir yang didominasi oleh perairan dan kelautan, sebagai Wahana Wisata Pantai dalam menghabiskan waktu dan menikmati suasana pantai dan lautan.

Atau dalam bahasa ringkasnya disebut: "Wisata Bahari" adalah "Liburan di Pantai".

Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat kita lakukan didalam Wisata Bahari, atau Liburan di Pantai.

Seperti: Bermain dipantai, menjelajahi pesisir pantai, menjelajahi biota-biota laut, diving, snorkling, olahraga air, menikmati hasil laut, dan lain sebagainya.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki banyak sekali potensi wisata bahari yang masih belum di manfaatkan secara optimal.

Namun demikian, seiring perkembangan Dunia Wisata, saat ini pemerintah melalui pemerintah daerahnya telah memberikan perhatian lebih untuk pengembangan sektor parawisata ini.

Ada banyak jenis-jenis wisata bahari yang dapat dikembangkan dan dioptimalkan demi mendapatkan devisa untuk negara dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar pesisir pantai.

Contoh Wisata Bahari yang telah dikembangkan dan mendapat sambutan positif baik dari kalangan wisatawan domestik ataupun mancanegara, juga bagi masyarakat setempat, yakni :

1. Wisata Bahari Pantai Batu Karas Ciamis, Jawa Barat

2. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

3. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

4. Pulau Nias dan Kepulauan Mentawai, Sumatera

5. Pulau Bangka dan Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

6. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

7. Kepulauan Bali dan Lombok

8. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

9. Wisata Bahari (WBL) Lamongan, Jawa Timur

10. Barelang, Kepulauan Riau

Masih banyak lagi yang lainnya yang tidak dapat saya sebutkan secara lengkap, karena sekali lagi, negara kita adalah negara yang kaya, negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pulau dan pantai yang merupakan sebuah potensi Wisata Bahari yang sangat menguntungkan.

Wahana Wisata Bahari yang ditawarkan pun beragam, seperti olahraga air, sea walker (Menjelajahi Laut), Menikmati Hasil Laut, Eko Wisata Bahari atau yang lebih dikenal dengan Kegiatan Konservasi, dengan maksud untuk mengenalkan pada wisatawan untuk pentingnya menjaga kelestarian pesisir pantai dan lautan. Seperti di Pantai Tongaci Pulau Bangka Kepulauan Bangka Belitung, dengan Konservasi Penyu/ Tukik nya.

Wisata Bahari Pantai Batu Karas Ciamis, Jawa Barat

Terletak di Kecamatan Cijulang, sekitar 40 Kilometer dari pusat Kota Ciamis, Jawa Barat kita akan menemukan pemandangan khas berupa hamparan pasir hitam dengan deru ombak yang sesekali menggerus sebagian pasir.

Pantai Batu Karas.

Pantai Batu Karas merupakan pantai yang terkenal dengan ombak laut yang cukup menantang. Gelombang ombak yang cukup tinggi berpadu dengan pasir hitam yang terbentang di sepanjang pantai adalah sebuah kombinasi harmonis yang menjadikan kawasan Pantai Batu Karas terbilang ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Bahkan ada sebagian kalangan menyebutkan bahwa Pantai Batu Karas sebagai "Bali Kecil", karena pantai ini menawarkan pengalaman surfing yang hampir serupa.

Maka tidak heran, jika kita berkunjung ke Pantai Batu Karas ini kita akan menjumpai banyak sekali tempat yang menyewakan peralatan berselancar lengkap dengan instrukturnya.

Instuktur berpengalaman ini yang akan mengajarkan kita berbagai hal tentang berselancar, khususnya bagi para pemula.

Terdapat tiga titik favorit para peselancar di pantai ini, yakni Bulak Pendak, Legok Pari, dan Karang.

Legok Pari adalah titik yang paling populer. Mengingat ombaknya yang tidak begitu tinggi, sehingga cocok untuk pemula.

Pantai Batu Karas bukan hanya menjadi tempat favorit para peselancar, namun secara umum kawasan Wisata Bahari Pantai Batu Karas ini dapat menjadi pilihan tempat berlibur bagi siapapun. 

Untuk Wisata Keluarga atau Liburan Keluarga, kita bisa bermain-main dipinggir pantai, berjemur, atau hanya sekedar berjalan menyusuri pantai sembari menunggu sunset.

Bagi mereka yang ingin menikmati kegiatan Wisata Bahari, Pantai Batu Karas menyediakan berbagai Wahana Wisata Bahari, seperti olahraga air, contohnya seperti jet sky, dan juga banana boat.

Sedangkan bagi anda yang menyukai Wisata Petualangan, Kawasan Batu Karas ini juga menawarkan beberapa tempat untuk hiking dan berkemah.

Disekitar pantai juga banyak tersedia penginapan dengan harga yang cukup bervariasi, serta beberapa rumah makan untuk sekedar singgah menikmati secangkir kopi atau menikmati Kuliner Hasil Laut.

Tiket masuk ke kawasan Wisata Bahari Pantai Batu Karas, Jawa Barat ini hanya sebesar Rp5.000,-, lima ribu rupiah saja.

Dan dengan harga tiket masuk segitu kita akan mendapatkan pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan.

Tidak lupa pula untuk membeli souvenir di beberapa kios souvenir yang tersedia sebagai buah tangan atau sebagai kenang-kenangan.

Demikianlah dari Dunia Asa, Dunia Informasi Wisata dan Kuliner Wisata Bahari Pantai Batu Karas Ciamis, Jawa Barat. Happy Traveling.

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments