Cara Memasak Sayur Kalakan, Masakan Khas dari Pacitan Jawa Timur

Cara Memasak Sayur Kalakan, Masakan Khas dari Pacitan Jawa Timur

Baca juga:

Bersama lagi dengan duniasa.com, blog yang secara khusus menyajikan kepada sobat Dunia Asa dengan berbagai ragam informasi menarik dari seluruh nusantara, mulai dari kebudayaannya, kulinernya dan tentu saja tempat-tempat wisata yang menarik sobat kunjungi.

Cara Memasak Sayur Kalakan


Kali ini dunia asa akan berkunjung ke Pacitan, mencicipi salah satu kuliner terkenal di Pacitan Jawa Timur, Sayur Kalakan.

Meski dinamakan Sayur, sajian khas Pacitan ini terbuat dari bahan utama ikan tuna segar. Selain dapat dibuat di rumah, bagi sobat asa yang berkunjung ke Pacitan dapat menikmati sajian ini di pasar Minolia Pacitan, Jawa Timur.


Bagi sobat asa yang penasaran ingin langsung mencobanya dan ingin membuatnya dirumah, Duniasa.com akan mengajak sobat untuk membuatnya bersama-sama.

Pertama-tama sobat asa harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yakni :
  • Ikan Tuna Segar
Untuk memilih ikan tuna segar, sobat asa mesti pandai-pandai memilihnya, yakni dengan memiliki ciri-ciri tekstur daging ikan yang kenyal, tidak berlendir dan tidak berbau yang menyengat. Ikan ini memiliki daging yang berwarna merah muda hingga merah tua.

Kemudian, potong ikannya dan jangan lupa buang tulangnya dan cuci sampai bersih.

Bagi sobat asa yang tidak suka ikan tuna, sobat bisa menggantikannya dengan ikan Tenggiri, Lamedang, Marlin hingga ikan air tawar.

Jika ikan telah dibuang tulangnya dan dicuci bersih, ikan tuna ditusuk dengan lidi dan siap untuk diasapkan diatas perapian hingga berubah warna kemerahan.

Proses pengasapan diperlukan waktu hingga 10 Menit, dengan tujuan agar daging ikan tidak terlalu keras.

Teknik pengasapan merupakan salah satu cara pengolahan ikan dengan aroma khas asap dan merupakan salah satu cara dalam pengawetan ikan.


Sambil menunggu pengasapan ikan tuna, sobat asa bisa menyiapkan bumbu sayur kalakan, dengan menghaluskan :

Wisata Kuliner Jawa Timur
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Lengkuas
  • Kemiri
  • Cabe Rawit Merah
  • Garam
  • Gula
Setelah halus, tumiskan bumbu hingga mengeluarkan aroma harum, kemudian tambahkan:
  • Tomat (yang telah dipotong),
  • Daun Jeruk,
  • Daun Salam
  • Santan,
Masak hingga mendidih.


Terakhir, masukkan ikan tuna yang telah diasapkan sampai benar-benar matang, kemudian angkat dan siap disajikan.

Sayur Kalakan

Bagaimana sobat, mudah bukan? Kalau di Pacitan, Sayur Kalakan biasanya di sajikan dengan nasi tiwul yang dibuat dari singkong yang kaya dengan karbohidrat.

Dan cocok disantap untuk makan siang, selain sedap dan gurih, Sayur Kalakan, beraroma sengit khas ikan tuna asap, tentu sangat menggugah selera santap siang sobat asa semua.

O..iya sobat, tau gak? Sayur Kalakan ternyata merupakan santapan kesukaan mantan presiden RI yang ke-6 loh, Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono.

Maklum saja, soalnya Pacitan merupakan kota kelahiran Bapak SBY mantan Presiden Republik Indonesia ke-6.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments