Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

Pulau Bangka, Destinasi Wisata Murah Meriah Bagian 1

Halo teman-teman traveler semua, kali ini saya didunia asa akan mengajak temem-teman menyelusuri salah satu pulau yang pernah menjadi pembicaraan banyak orang baik dikalangan warganet ataupun dikalangan insan perfilman Indonesia, Kepulauan Bangka Belitung.

Kepulauan Bangka Belitung, sering menjadi pembicaraan warganet karena kepulauan ini merupakan daerah tempat berasalnya tokoh yang saat ini menjadi pemberitaan hangat.

Siapa lagi kalau bukan Basuki Tjahja Purnama Alias Ahok. Ahok yang melejit namanya karena menjadi Wakil Gubernur DKI, yang selanjutnya menjadi Gubernur DKI dan pada akhirnya kalah dalam Pilkada kemaren di DKI Jakarta.

Tenang sahabat traveler semua, saya tidak akan bercerita tentang politik kok, bosan, hehe..,kan sudah banyak politikus di Negeri ini.

Mendingan saya bercerita tentang tempat-tempat wisata yang Indah dan Mempesona yang ada di Negeri tercinta ini, dan khusus saat ini saya ingin bercerita pengalaman saya traveling di Kepulauan Bangka Belitung.

Kepulauan Bangka Belitung, dapat ditempuh cukup dengan waktu 45 menit saja lewat perjalanan udara dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Bandara di Pulau Bangka atau Pulau Belitung.

Sedangkan untuk tiket perjalanannya pun tidaklah tergolong mahal kok sahabat traveler, cukup dengan merogoh kocek 250ribu sampai 400ribu rupiah saja.

Tapi itu dihari-hari biasa ya, jangan dihari-hari besar seperti lebaran atau hari raya nya orang cina. MAHAL.

Seperti halnya di Kota "Lumpia" Semarang, kita akan menemukan dan merasakan sentuhan harmonisasi antara budaya melayu dengan budaya cina ditempat ini.

Saat traveler menjelajahi tempat yang berjulukan "Pulau Timah" ini, kalian akan menemukan angkutan umum yang ada di tempat ini, akan tetapi tidak sebanyak waktu di Semarang atau kota-kota besar lainnya.

Hanya taksi dan Angkutan Kota saja yang ada. Sedangkan untuk sewa kendaraan, ada banyak tempat ini, jadi saya lebih menganjurkan sahabat traveler agar menyewa kendaraan saja. Agar lebih mudah dan bebas dalam menyusuri pulau ini.

Setelah menemukan kendaraan yang cocok untuk digunakan mengitari pulau ini, saat nya saya mengajak kalian untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan wisata alam seperti :


MUSEUM TIMAH

Tidaklah sulit untuk menemukan tempat ini, karena terletak ditengah-tengah kota Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka belitung.

Terletak di Jalan Ahmad Yani, Pangkal Pinang, Bangka. Sebelum menjadi Museum, tempat ini adalah merupakan rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW).

Tempat ini, memiliki peranan penting dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia, dan juga adalah salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Museum ini menyimpan catatan-catatan sejarah pertimahan yang ada di Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta sejarah pertimahan dunia. PT. Timah Tbk, bersama pemerintah daerah setempat sebagai pengelola tempat ini, menggratiskan bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke tempat ini, asyik bukan.


PESANGGRAHAN MENUMBING MUNTOK

Dari Pangkalpinang menuju tempat ini, memakan waktu kurang lebih 2 jam, cukup jauh memang akan tetapi sahabat traveler jangan takut, jalan menuju tempat ini "mulus" jadi perjalananpun akan terasa nyaman.




Puncak Gunung Menumbing tingginya hanya 400-an meter saja di atas permukaan laut. Keberadaan tempat ini memanglah terpencil, maklum saja tempat ini dulunya adalah merupakan tempat pembuangan Ir. Soekarno oleh Belanda.

Tempat ini bisa dicapai dengan kendaraan roda empat, ataupun roda dua, karena jalan menuju tempat ini termasuk lumayan, dan kita tidak harus capek mendaki untuk sampai ditempat ini.

Dipuncak menumbing, berdiri kokok bangunan tua yang juga merupakan tempat tinggal sementara Ir. Soekarno waktu dibuang ke pulau Bangka oleh Belanda.

Ditempat ini kita akan menemukan peninggalan-peninggalan sejarah, baik foto-foto kegiatan Ir. Soekarno saat berada dalam pengasingan, maupun kamar tidur beserta tempat tidurnya, serta ruang kerjanya. Semua masih terawat dan tertata rapi.



Kita juga akan menemukan sebuah mobil sedan klasik, Ford De Luxe 8 bernomor Polisi BN 10.

Sayang, Mobil ini berwarna hitam ini walaupun masih utuh dan terawat, akan tetapi mesin mobil ini, hilang dan tidak diketahui keberadaannya.

Mobil ini di pajang tepat didepan ruangan Kamar yang sekaligus ruang kerja Bung Karno.


PANTAI PARAI TENGGIRI

Selanjutnya, saya akan mengajak ke tempat destinasi wisata alam yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, Wisata Pantai.



Pantai Parai Tenggiri, pantai dikelola oleh El-Jhon Grup, terletak di ujung Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Untuk mencapai tempat ini, dari Pangkalpinang, cukup membutuhkan waktu sekitar kurang dari 1 jam. 

Karena tempat ini dikelola oleh swasta, maka untuk masuk ke pantai parai tenggiri, kita harus membayar 25ribu rupiah untuk orang dewasa dan untuk anak-anak tidak dipungut biaya.

Pihak pengelola juga menyediakan penyewaan untuk wahana air, seperti Banana Boat, Jetski, Diving, dan lain sebagainya. 

Bagi yang suka berjemur ataupun yang membawa anak-anak, tempat ini cocok sekali, karena pasir pantai tenggiri ini, sangat bersih dan terawat, selain pantai ini tertutup, pantai ini selalu dijaga dan dirawat oleh pengelolanya.

Bagi yang selesai mandi air laut dipantai dan ingin bilas, ditempat ini juga tersedia kolam renang air tawar. Akan tetapi, untuk bisa berenang di kolam renang, kita harus membayar lagi sebesar 20ribu rupiah perorangnya, dewasa maupun anak-anak.

Pantai ini sangat cocok bagi mereka yang suka fotograpi, karena dipantai ini banyak bebatuan yang cukup besar dan bebatuan kecil yang bertumpuk-tumpuk, sehingga membuat suasana dan spot untuk berfoto cukup indah dan menakjubkan.


PENANGKARAN PENYU TONGACI

Tempat ini, sebagaimana Pantai Parai Tenggiri juga dikelola oleh swasta, akan tetapi untuk memasuki tempat ini, kita tidak dipungut biaya.



Cukup bayar biaya parkir kendaraan saja.

Selain sebagai penangkaran penyu, tempat ini juga merupakan ditepi pantai, sehingga bisa juga menjadi tempat bermain air atau pasir dan tentu saja bisa juga mandi air laut disini.

Tempat ini juga menyewakan berbagai wahana air, sebagaimana di Pantai Parai Tenggiri.

Selain sebagai destinasi wisata, tempat ini merupakan tempat penangkaran penyu, yang dikelola oleh swasta, untuk kelestarian penyu.

Disini juga menyediakan tempat-tempat yang bagus untuk fotograpi, apalagi bagi mereka yang suka berfoto selfie.

Selain itu, di tongaci banyak cafe-cafe yang tersedia, yang menyajikan berbagai macam jenis kuliner, baik makanan laut ataupun makanan-makanan tradisonal. 

Saya rasa cukup sekian dulu ya sahabat traveler, masih banyak tempat-tempat yang bagus lainnya yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Dilain kesempatan, kita jalan-jalan lagi di Kepulauan Bangka Belitung yaa.. Happy Traveling.