Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

Pulau Bangka, Destinasi Wisata Murah Meriah Bagian 2

Assalamualaikum, kembali saya ajak kamu menyusuri Kepulauan Bangka Belitung, melanjutkan artikel saya Pulau Bangka, Destinasi Wisata Murah Meriah Bagian 1.

Pada bagian pertama, saya mengajak berkeliling-keliling ketempat-tempat wisata sejarah seperti, Museum Timah, Pesanggrahan Menumbing Muntok.

Kali ini saya akan mengulas tentang wisata pantai, seperti pantai Penyusuk, menuju Pulau-pulau kecil nan eksotis, serta wisata pendidikan lingkungan hidup seperti Penangkaran Penyu Tongaci.

Kita lanjutkan jalan jalan nya ya:


Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk menyajikan keindahan alam yang begitu mempesona, "Maka nikmat tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan".

Pepohonan kelapa tumbuh subur dan berjejer di tepi pantai, dipadu dengan bebatuan khas pantai Bangka Belitung, seperti yang tergambar di Film Laskar Pelangi.

Pantai ini banyak dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Karena melalui pantai inilah, kita dapat menyeberang menuju beberapa pulau kecil yang bisa kita datangi, seperti Pulau Putri dan Pulau Lampu.



Pantai Penyusuk terbagi dalam dua arahan bibir pantai, yang pertama pantainya landai, disini kita bisa mandi dan bermain air, pasir, menikmati suasana pantai yang tenang.

Juga merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal kecil yang akan mengantarkan kita jika ingin menyeberang ke Pulau kecil lainnya.

Kedua adalah bagian pantai yang agak lebih curam, kita hanya bisa melihat keindahan serta eloknya pemandangan yang ada.

Palung laut yang ada dibagian ini dikabarkan cukup curam, so, bagi sobat asa yang ingin berlibur disini hati-hati ya.

Untuk masuk ke Pantai Penyusuk ini belum dipungut bayaran, selain itu Pantai Penyusuk juga sudah memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan.

Ada toilet umum, mushola, dan tempat makan di pinggir pantai dengan masakan kuliner khas Bangka seperti otak-otak Bangka, serta minuman ringan air kelapa muda.

Selain itu, terdapat juga penyewaan ATV yang bisa dipakai untuk berkeliling menyusuri pinggir pantai.


Pulau Putri

Petualangan sesungguhnya dimulai dari sini, dari Pantai Penyusuk kita dapat menyebrang ke Pulau yang tidak begitu jauh dari pantai Penyusuk tadi, seperti Pulau Putri dan Pulau Lampu.

Kita dapat menyeberang dengan menggunakan kapal-kapal yang sudah siap untuk layar, yang ada di pinggir pantai Penyusuk.

Ongkos untuk menyeberang ke Pulau Putri dan Pulau Lampu, sobat asa cukup membayar dengan harga sekitar Rp30.000,00 sampai Rp50.000,00 /orang nya.

Waktu yang ditempuh untuk sampai di Pulau ini, tidaklah terlalu lama, karena jaraknya pun sangat dekat dengan pantai Penyusuk tadi, sekitar 10-15 menit perjalanan.

Oh, iya sobat kalau misalkan kapal belum memenuhi kuota untuk berangkat, sobat bisa untuk berangkat dengan cara mencarter kapal yang ada tadi.



Pulau ini, sungguh menakjubkan, dengan biaya masuk pantai yang gratis dan sewa kapal yang cukup murah dan terjangkau, semua melebihi ekpektasi, kamu tidak akan menyesal jika berlibur ke pantai dan pulau ini.

Nahkoda kapal yang kita sewa, akan siap untuk menunggui kita, sampai jam berapapun di pulau ini, tidak ada batasan waktu, asyikkan??

Tapi ingat aja ya sobat, jangan sampai kemaleman ??. Pulau Putri ditiumbuhi pepohonan yang sangat rindang, serta dipenuhi dengan banyak bebatuan besar.

Bibir pantai yang landai, dengan air yang jernih serta pasir putih yang bersih akan membuat sobat betah untuk berlama-lama bermain di pantai Pulau Putri ini.

Dari Pulau Putri, kita bisa melihat Pulau Lampu yang unik dengan mercusuarnya yang menjulang tinggi.

Pulau Lampu

Petualangan kita selanjutnya adalah Pulau Lampu, cukup dengan perjalanan 10 menit dari Pulau Putri menggunakan kapal, kita bisa tiba di Pulau Lampu.

Kesan pertama yang kita dapat waktu menuju dan sampai di pulau ini adalah adalah mercusuar yang berdiri tegak, menjulang tinggi.

Akan tetapi untuk ukurannya masih relatif kecil dibandingkan mercusuar yang ada kebanyakan, jadi kita tidak bisa menaikinya, yang otomatis tidak bisa melihat keindahan Pulau Lampu dan sekitar dari atas mercusuar.




Yang bisa sobat lakukan di Pulau ini adalah bersantai-santai dan berjalan mendaki menyusuri pantai ke arah puncak bukit.

Pulau Lampu ini menurut kabar yang ada bisa disewa, tapi saya belum pernah coba sih ??, misalnya untuk kegiatan camping, gathering atau kegiatan keakraban lainnya.

Kalau sobat mau coba, wah bisa menjadi cerita menarik "camping di pulau tak berpenghuni"

Nah sobat, gimana menurutnya? Kalau sobat tertarik untuk berlibur, camping atau gathering bersama keluarga, atau teman sekantor, sobat bisa menuju Pantai Penyusuk.

Pulau Putri dan Pulau Lampu ini berlokasi di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Kalau sobat asa berasal dari luar daerah, melalui bandara soetta, jakarta menuju bandara Depati Amir, Pangkalpinang Bangka.

Lanjut ke Belinyu, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.


Penangkaran Penyu Tongaci

Sobat ingin lihat lucunya anak-anak penyu? Gak harus pergi jauh-jauh, cukup dengan perjalanan udara 45 menit dan darat 30 menit, tepatnya di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Ada penangkaran penyu loh, seperti apa tempatnya, ikuti terus Petualangan Asa di Dunia Wisata dan Kuliner.

Tongaci namanya, adalah tempat penangkaran penyu atau tukik, yang juga adalah pantai yang bisa menjadi tempat liburan untuk keluarga.

Sekaligus tempat untuk belajar tentang lingkungan hidup, menyayangi dan melindungi hewan yang dilindungi.

Terletak tidak jauh dari pusat Kota Sungailiat dan sangat mudah untuk dicapai, berada searah dan dekat dengan Hotel Parai dan Hotel Novila, yang masih segugusan dengan pantai parai tenggiri, dan pantai matras.



Penangkaran tukik yang persis berada di pinggir pantai ini sungguh mempesona, air lautnya benar-benar biru jernih.

Saya jamin kamu gak bakalan nyesel bila mengunjungi tempat ini, karena selain kita dapat melihat tukik-tukik yang lucu-lucu, juga dapat menikmati pantai dengan pasir putihnya di sana.

Oh ya, untuk sobat ketahui, untuk masuk ke tempat ini gratis loh, dan sampai saat tulisan ini dibuat masih gratis, cukup bayar parkiran saja.

Tukik-tukik atau penyu yang dirawat di sini, banyak sekali jumlahnya, terbagi atas beberapa tempat penangkaran.

Penangkarannya ada yang dibuat di kolam khusus dan ada juga yang dibuat tepat persis di bibir pantai.

Untuk tukik atau penyu yang masih kecil atau sakit ditempatkan di kolam penangkaran, dan setelah dewasa dan sehat barulah ditempatkan di penangkaran yang lebih besar di bibir pantai.

Di sini kita juga bisa belajar dan melihat proses konservasi penyu dari mulai telur penyu sampai menjadi penyu dewasa yang siap dilepas ke lautan luas.



Gimana sobat, asyik bukan? Itulah tadi cerita Petualangan dari saya, menyusuri destinasi-destinasi wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Dilain waktu dan kesempatan, saya akan melanjutkan kembali petualangan saya di Kepulauan yang eksotis nan mempesona ini, semoga.

Sobat asa jangan takut, untuk menuju Pulau Bangka ini, banyak sekali penerbangan dari dan ke pulau ini. Dalam satu hari ada lebih dari 10 kali penerbangan, dari berbagai kota.

Lebih jelasnya dan sebagai bahan untuk perbandingan harga termurah penerbangan atau promo tiket pesawat murah, sobat bisa lihat di Tiket.com, serta untuk akomodasi atau hotel nya dapat sobat lihat dan bandingkan harga di Agoda.com serta Trivago.com...Happy Traveling.