Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

10 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata yang dapat kamu lihat dan kunjungi di Jepang, dan tidak akan mungkin dapat kamu lihat hanya dalam sekali kunjungan. Jepang yang terdiri dari 6.852 pulau di Samudera Pasifik, dengan 43 prefektur yang berbeda, tentu saja memiliki beragam atraksi wisata menarik dan tempat-tempat wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Karena itu, jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan wisata ke tanah "matahari terbit," berikut ini 10 tempat wisata teratas pastikan di Jepang yang wajib untuk dipertimbangkan sebagai tempat tujuan liburan anda ke Jepang.

1. Fushimi Inari

Salah satu tempat ikonik di Jepang adalah kuil Fushimi Inari di Kyoto Selatan. Dalam agama Shinto yang merupakan agama yang banyak di anut oleh masyarakat Jepang, Inari berarti "dewa beras", dan diceritakan bahwa ia menggunakan rubah sebagai utusan-utusan nya.

Bagian yang paling menakjubkan dan ikonik dari Fushimi Inari adalah ribuan gerbang torii merah (Red Torii Gates), yang akan membawa para wisatawan menuju puncak gunung Inari.

Dibutuhkan 2-3 jam untuk mendaki melintasi semua gerbang, namun demikian, kami dapat berhenti dan menikmati serta mengagumi berbagai patung rubah, atau hanya sekedar untuk beristirahat menikmati makan siang anda di tempat-tempat pemberhentian yang ada dalam perjalanan menuju puncak gunung Inari. Jika kamu berhasil dan sampai pada puncak gunung, Anda akan dihadiahi imbalan berupa pemandangan Kyoto yang tidak akan pernah anda temuai ditempat lainnya.

2. Studio Ghibli Museum


Baca juga: Wisata Bunga di Amsterdam, Pesona Kota di Atas Air

Jika Anda dibesarkan dengan menonton film-film animasi yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki seperti Spirited Away atau My Neighbor Totoro, Anda mungkin ingin mengambil kunjungan ke Studio Ghibli Museum. Museum ini terletak di dalam taman indah Inokashira Tokyo. Miyazaki sengaja dirancang seperti museum untuk mendorong para wisatawan dan berinteraksi dengan alam.

Baik didalam dan diluar museum, ada tempat untuk anak-anak bermain, dan untuk orang dewasa, terutama para penggemar film animasi dimana mereka dibesarkan dengan menyaksikan film animasi ini, akan melihat ke dalam penciptaan film tersebut.

Namun sebelum kamu mengunjungi tempat ini, perlu diingat bahwa museum ini sangat populer karena itu, kamu harus membeli tiket setidaknya sebulan sebelumnya, atau sebelum keberangkatan kamu ke Jepang.

3. Festival Musiman

Jika kamu mengunjungi Tokyo pada saat musim semi atau musim panas, pastikan untuk mengunjungi dan berjalan-jalan melalui taman Ueno. Pada bulan April, lebih dari 1.000 pohon Sakura yang mekar penuh untuk hanya sekitar seminggu saja. Menikmati bunga adalah tradisi yang telah ada selama ribuan tahun yang oleh masyarakat Jepang disebut "Hanami," di mana orang-orang Jepang mendapatkan aroma bunga Sakura.

Disini kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena ada banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman, atau jika kamu mau, kamu bisa membawa sendiri bekal makan siang kamu sendiri sekaligus berpiknik makan siang dengan dikelilingi bunga Sakura yang sedang mekar.

Sedangkan pada musim panas, kamu dapat menemukan Festival dimana orang-orang Jepang berpakaian Kimono Kasual yang disebut "yukata." Ada permainan, pertunjukan live, Toko, dan bermacam-macam jenis makanan.

4. Cat Island - Pulau Kucing

Tempat ini sangat cocok dan wajib kamu kunjungi jika kamu mengaku sebagai salah seorang pecinta kucing. Untuk itu, kamu harus benar-benar mempertimbangkan dan merencanakan untuk mendapatkan tiket kapal feri yang akan membawa kamu ke pulau kecil di Jepang, yakni Tashirojima.

Pulau yang hanya memiliki panjang 1,9 km, dan selama beberapa dekade terakhir, populasi pulau ini semakin berkurang karena yang sebelumnya sekitar 1.000 orang sekarang hanya tinggal 85 orang saja.

Sedangkan mahluk hidup yang dominan tinggal disini adalah kucing, karena itulah mengapa pulau ini mendapat julukan "Pulau Kucing".

Penduduk setempat percaya bahwa kucing membawa keberuntungan, yang mana ditempat ini terdapat sebuah kuil kucing. Setiap orang di pulau ini bertanggung jawab secara kolektif untuk mengurus kucing-kucing yang ada dipulau ini, sehingga tidak mengherankan jika Tashirojima memiliki kebijakan sangat ketat tentang tidak diperbolehkannya ada anjing ditempat ini.

5. Kastil Matsumoto

Berbelanja sambil menikmati taman hiburan tentu saja akan menjadi pengalaman shopping yang menyenangkan, tapi mungkin ada beberapa dari kalian adalah penggemar sejarah dan berkeinginan sesuatu yang sedikit lebih tradisional. Kastil Matsumoto adalah salah satu Istana yang tersisa dan terakhir di Jepang. Dibangun pada tahun 1500-an, dan ditempati oleh 23 Penguasa Feodal yang berbeda selama berdirinya.

Musim semi adalah saat yang paling populer untuk dikunjungi, karena disekitar perkebunan, bunga Sakura telah mekar penuh. Bagian dalam benteng telah diubah menjadi sebuah museum, menampilkan senjata yang digunakan dalam pertempuran yang sedang terjadi di kebun istana.

6. Tokyo Tower and the SkyTree


Tokyo Tower adalah tempat wisata yang paling terkenal di Jepang. Tokyo Tower dibangun pada tahun 1950-an sebagai antena siaran TV. Desainnya yang terinspirasi oleh Menara Eiffel di Paris-Prancis, yang pada waktu malam hari dengan lampu yang menyala disana, membuatnya terlihat sama seperti aslinya. Kamu bisa mendaki menara ke dek observasi diatas nya setiap hari. Namun, Menara Tokyo bukanlah titik tertinggi di kota tersebut, karena tempat tertinggi di Tokyo ini adalah menara SkyTree.

Kedua menara ini akan memberikan kamu pemandangan kota Tokyo yang luar biasa. Di SkyTree sendiri bahkan memiliki pusat perbelanjaan dan akuarium sendiri.

Yang perlu diingat adalah Tiket untuk masuk dan menaiki puncak kedua bangunan ini, sangat mahal sekali, serta selalu dipenuhi oleh para pengunjung sehingga kamu harus rela untuk berlama-lama antri untuk menaiki kedua menara ini.

Namun demikian, jika kamu ingin melihat pemandangan Menara Tokyo tanpa menunggu dalam antrian, cobalah mengunjungi Shiba Park sebagai gantinya.

7. Akihabara Dan Harajuku

Kawasan belanja paling top di Kota Tokyo adalah Akihabara dan Harjuku. Jika anda menghabiskan banyak waktu liburan di Tokyo, kedua tempat ini wajib anda pertimbangkan sebagai salah satu tujuan wisata belanja anda di Jepang.

Akihabara sangat cocok bagi kamu penggemar animasi dan ingin melihatnya dalam bentuk nyata. Berjalan-jalan menyusuri toko-toko besar yang berjajar, yang penuh dengan cosplay, anime, manga, dan pastinya elektronik.

Disini kamu akan melihat banyak penggemar-penggemar anime yang berjalan-jalan sambil mengenakan cosplay penuh, dan disini itu semua terlihat normal dan biasa-biasa saja, yang artinya tidak ada yang aneh atas pengunjung yang mengenakan cosplay berbagai macam karakter anime yang mereka gandrungi.

Sedangkan Harajuku adalah merupakan pusat fashion, dan merupakan tempat yang sempurna untuk berbelanja pakaian yang tidak akan pernah kamu temui ditempat asal kamu.

Disini berisikan dengan merek-merek fashion kelas atas (high-end) serta juga barang bekas dan aksesoris.

Di kedua tempat ini, ada banyak pilihan hiburan seperti konser pertunjukan dan kafe-kafe dengan berbagai macam tema hiburan. Untuk menarik pengunjungnya, banyak toko disini yang menjual barangnya dan akan memberikan anda harga yang bebas pajak.

8. Tokyo DisneySea

Tokyo adalah salah satu dari banyak kota di dunia yang memiliki Disneyland theme park nya sendiri. Pada tahun 2001, sebuah taman hiburan yang sama sekali baru dibuka di Tokyo, yang disebut dengan Tokyo DisneySea.

Seperti namanya, Taman ini memiliki tema akuatik, dan ada banyak wahana air, yang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk dikunjungi selama musim panas.

Hotel nya sendiri memiliki banyak film bertema air Disney seperti The Little Mermaid, Finding Nemo, dan 20.000 Liga Under the Sea, serta beberapa remaster film favorit lainnya seperti The Tower teror.

Ada juga seluruh area yang dikhususkan untuk Aladdin yang disebut dengan "The Coast Arab," yang akan membawa Anda seolah-olah berjalan di sekitar kota Agrabah.

Selain itu, Taman akomodasi yang sangat rinci, juga bisa kamu temui disini, seperti The Hotel UCLA, yang merupakan sebuah rekreasi dari pelabuhan Mediterania. Para wisatawan dunia telah menganugerahi "Tokyo DisneySea" sebagai "world's best theme park". Namun apakah gelar tersebut pantas untuk disandang oleh Tokyo DisneySea silahkan anda nilai sendiri dengan mengunjungi Tokyo DisneySea.

9. Gunung Fuji

Jika kamu menyukai wisata alam, dan ingin berpetualangan menyusuri alam di Jepang, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mencoba mendaki gunung Fuji setinggi 3,776 km. Jalur pendakian yang hanya buka dari bulan Juli sampai September, karena pada musim dingin, akan sangat dingin sekali di puncak gunung. Jika Anda hanya ada waktu untuk satu hari saja, Anda bisa mendaki ke Stasiun 5, yang merupakan kereta ulang-alik yang buka selama 12-jam.

Jika kamu ingin merasakan petualangan, kamu dapat memesan akomodasi dekat puncak gunung, sehingga kamu dapat menyaksikan matahari terbit bersama dengan pendaki gunung lainnya.

Hanya saja perlu diingat bahwa hal ini membutuhkan waktu 24 jam penuh pendakian untuk sampai ke puncak Gunung Fuji. Namun, jika kamu tidak siap untuk mendaki ke puncak, kamu masih bisa mengambil foto dari jauh. Dan salah satu tempat yang paling populer untuk foto-foto di Gungun Fuji adalah "Gotenba Peace Park" kota Gotenba, yang tentu saja buka sepanjang tahun.

Baca juga: 11 Destinasi Wisata Paling Terkenal Didunia Tahun 2017

10. Hotels Air Panas (Hot Spring)

Jika kamu mencari dan menikmati liburan yang santai, kamu harus mempertimbangkan untuk menginap di "Onsen Ryokan," yang merupakan Hotel hot spring (air panas).

Kepulauan Jepang terletak pada sabuk vulkanik, jadi ada lebih dari 27.000 air panas (hot springs) yang tersebar diseluruh negeri, dengan 3,085 pondok-pondok air panas. Air Panas Jepang (Japan hot springs) sangat terkenal karena sifat penyembuhannya.

Bahkan beberapa diantaranya mengklaim bahwa air panasnya dapat membersihkan kulit dan membuat kamu awet muda. Ada Onsen Hotel yang bergaya modern dan tradisional, sehingga kamu dapat memilih mau yang tradisional atau yang modern, sesuai dengan sensasi liburan di Jepang yang kamu dambakan. Dan dimana pun kunjungan dan liburan serta wisata mu di Jepang, dijamin kamu akan menemui banyak "onsen ryokan" yang terdekat.

Namun satu hal yang harus kamu ingat, sebelum kamu memusutkan untuk berkunjung dan menikmati wisata santai air panas di Jepang, yakni tradisi Jepang yang mengharuskan kamu untuk benar-benar telanjang ketika berada dan menikmati sumber air panas nya. Jadi kamu hanya pergi jika kamu merasa nyaman dengan banyaknya orang-orang asing yang mungkin tidak kamu kenal yang sama telanjangnya dengan anda. Atau kamu bisa membayar lebih untuk memesan area pribadi, sehingga tidak ada orang asing disana.

Demikianlah 10 Tempat Wisata di Jepang yang Harus Kamu Kunjungi dan menjadi pertimbangan kamu sebelum berkunjung ke Jepang.