Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa

Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa

Baca juga:

Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa berdiri pada tanggal 6 Oktober 1976, dan merupakan sebuah stasiun kereta api yang telah dialihfungsikan menjadi sebuah museum di Ambarawa, Jawa Tengah.

Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa


Ambarawa pada masa penjajahan Kolonial Belanda adalah sebuah kota militer, dimana raja Belanda saat itu memerintahkan untuk membangun sebuah stasiun kereta api baru untuk mengangkut tentara belanda ke Semarang. Karena itu pada awal berdirinya pada 21 Mei 1873 stasiun ini dikenal dengan dengan Stasiun Willem I (raja Belanda).
Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa

Museum KA Ambarawa ini mengoleksi setidaknya 21 lokomotif uap, telepon antik, peralatan telegraf morse, bel antik, dan beberapa perabotan antik lainnya. Museum Kereta Api Ambarawa ini juga memiliki 3 buah lokomotif yang masih dapat dioperasikan hingga sekarang dan menjadi sebuah Kereta Api Wisata.

Koleksi kereta api uap yang sekarang ini menjalani tugas baru nya sebagai Kereta Api Wisata di Museum Ambarawa ini adalah kereta api uap dengan lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG.


Uniknya lagi, Kereta Api Uap bergerigi ini merupakan salah satu dari tiga kereta api uap yang masih tersisa di dunia, dan dua yang lainnya terdapat di Swiss dan India.

Selain koleksi-koleksi unik kereta api uang yang masih dapat beroperasi tadi, terdapat juga berbagai macam jenis lokomotif uap dari seri-seri lainnya, seperti seri B, C, D hingga jenis yang paling besar, yakni seri CC (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/ Swiss Locomotive and Machine Works) yang terdapat di halaman museum.

Merasakan suasana tempo dulu dengan menaiki kereta api uap wisata bergerigi dengan bahan bakar kayu, sambil menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang jalur rel Ambarawa-Tuntang (PP) atau Ambarawa-Bedono (PP) serta jalur lori wisata ambarawa-tuntang (PP) tentu akan sangat mengasyikkan.

Ambarawa Railway Mountain Tour


Sungguh merupakan sebuah pengalaman yang unik dan tidak akan pernah kamu temukan dimanapun, dengan panorama keindahan alam, lembah nan hijau diantara gunung ungaran dan gunung merbabu, semua itu dapat kamu nikmati dengan mengikuti "Ambarawa Railway Mountain Tour", yakni kereta api wisata dengan tujuan ambarawa-bedono (PP) yang berjalan dari ambarawa menuju stasiun kereta api bedono dengan jarak tempuh 35 KM atau waktu tempuh kurang lebih 1 jam diatas rel yang bergerigi.

Kereta Api Wisata dan Lori Ambarawa-Tuntang


Panorama pemandangan alam yang ditawarkan dan dapat dinikmati dari kereta api wisata dan lori Ambarawa-Tuntang pun tak kalah bagusnya. Berangkat dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang berjarak sekitar 7 km, dengan pemandangan lanskap menawan berupa sawah dan ladang dengan latar belakang Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening di kejauhan.

Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa

Selain bisa menikmati perjalanan dengan rasa tempo doeloe, disini juga kamu bisa menikmati koleksi barang-barang antik yang berhubungan dengan perkereta apian jaman old.

Berswafoto dengan latar belakang kereta api antik, dan barang-barang antik lainnya tentu akan menjadi sebuah momen berharga yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu ingin menikmati perjalanan dengan kereta api wisata uap dan bernuansa oldies, kamu bisa memilih paket yang telah disediakan oleh pengelola museum kereta api ambarawa, yakni dengan dua jalur wisatawan:

1. Jalur Reguler Kereta Api Wisata di Stasiun Ambarawa


Jalur/ paket wisata kereta api ambarawa “Reguler" hanya tersedia setiap akhir pekan serta pada tanggal merah. Yakni bersifat rutin setiap weekend - Sabtu-Minggu, dengan langsung datang ke museum, lalu membeli tiket disana.

Wisata Kereta Api Ambarawa Reguler menggunakan lokomotif diesel, yang menarik tiga gerbong tua sekaligus, yang setiap gerbongya berkapasitas 40 orang dengan tiga kali perjalanan. Dan hanya melayani jalur Wisata Ambarawa-Tuntang, karena jalur ini merupakan jalur landai sehingga masih memungkinkan untuk dilalui secara terus-menerus.

Adapun waktu keberangkatan dan harga tiket kereta api wisata rute ambarawa-tuntang adalah sebagai berikut:
  1. Jam Keberangkatan Pagi pukul 10.00 WIB
  2. Jam Keberangkatan Siang pukul 12.00 WIB
  3. Jam Keberangkatan Sore pukul 14.00 WIB
  • Harga tiket untuk sekali perjalanan kereta api wisata reguler ambarawa-tuntang yakni 50ribu rupiah
Jika anda berencana untuk mengambil paket wisata kereta api museum ambarawa jalur reguler diakhir pekan, disarankan untuk datang di pagi hari, karena tiket kereta api wisata reguler sudah dapat anda pesan meskipun loket penjualan tiket belum dibuka, selain itu kuota tiap perjalanannya pun terbatas.

2. Jalur Sewa Kereta Api Wisata di Stasiun Ambarawa


Atau jika anda melakukan perjalanan wisata dan berlibur secara rombongan, anda bisa memilih jalur kedua, yakni "Jalur Sewa".

Kereta Api Wisata

Jalur sewa paket wisata kereta api museum ambarawa ini sangat cocok untuk kamu yang berlibur secara rombongan, baik dengan keluarga besar kamu, dengan rekan-rekan kantor, atau mungkin acara reuni dan paket grup wisata lainnya.

A. Jalur Sewa Kereta Api Wisata Ambarawa-Bedono (PP)


Perjalanan kereta api wisata ambarawa-bedono (PP) dengan jalur sewa hanya bisa menggunakan kereta api uap, dengan rute yang lebih seru lagi dari rute ambarawa-tuntang, yakni dengan melewati medan perbukitan dan tanjakan.

Jalur sewa rute ambarawa-bedono ini tidak dapat menggunakan kereta api diesel tapi harus menggunakan kereta api uap, karena lintasannya yang menanjak yakni melintasi jalur perbukitan dengan dua kali pemberhentian, yang pertama di Stasiun Jambu dan kedua di wilayah Boga Makmur untuk mengisi air dan mempersiapkan tekanan uap sebelum melintasi jalur tanjakannya.

Selain itu jalur sewa kereta api wisata ambarawa-bendono ini hanya mampu membawa maksimal dua gerbong dengan kapasitas setiap gerbong yakni 40 orang.

Harga Sewa Perjalanan Kereta Api Wisata Museum Ambarawa-Bedono:
  • Untuk satu kali perjalanan pulang pergi (PP) dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dapat di pesan dengan harga 15juta.

B. Jalur Sewa Kereta Api Wisata Ambarawa-Tuntang(PP)


Sedangkan untuk jalur sewa rute museum Ambarawa-Tuntang, kamu bisa memilih antara menggunakan lokomotif uap maupun lokomotif diesel, serta harga sewa nyapun dapat disesuaikan dengan jumlah penumpangnya, yang mana satu gerbong nya dapat memuat hingga 40 penumpang dan dapat membawa maksimal 3 gerbong.

Harga Sewa Perjalanan Kereta Api Wisata Museum Ambarawa-Tuntang:
  • Untuk satu kali perjalanan pulang pergi (PP) dengan 1 buah gerbong Rp. 10 juta
  • Untuk satu kali perjalanan pulang pergi (PP) dengan 2 buah gerbong Rp. 12,5 juta
  • Untuk satu kali perjalanan pulang pergi (PP) dengan 3 buah gerbong Rp. 15 juta
Untuk dapat menikmati perjalanan wisata kereta api wisata museum ambarawa tersebut, kamu harus melakukan reservasi terdahulu minimal satu minggu sebelumnya.

Kereta Api Wisata

Reservasi nya sendiri dapat dilakukan di kantor PT KAI DAOP IV Semarang di Jalan MH Thamrin Nomor 3, Sekayu, Semarang, serta membayar uang muka sebesar 10-20 persen dari paket sewa kereta api wisata museum ambarawa yang kamu pilih.


Setelah itu nantinya akan ada pemberitahuan ke Stasiun Ambarawa dari Kantor PT KAI DAOP IV Semarang, yang selanjutnya dalam waktu dua sampai tiga hari sebelum hari H - hari perjalanan kereta api wisata museum ambarawa kamu akan ada pemberitahuan jam perjalanan pastinya, serta setelah itu kamu harus melunasi sisa sewa yang harus kamu bayar.

Itulah tadi ulasan dan paket serta harga tiket reguler dan sewa Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa. Happy traveling!
Advertisement

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments