Sunday, 7 May 2017

Wisata Budaya di Semarang, 7 Tempat Bersejarah dan Budaya yang Berbeda Ini Sangat Disayangkan Untuk Dilewati

Hari libur adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Selain sebagai kesempatan yang digunakan untuk terbebas dari segala macam jenis kesibukan yang sangat membosankan, juga dimanfaatkan sebagai moment untuk berlibur bersama orang-orang terdekat dan terkasih.

Saya akan mengajak kamu menyelusuri salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia, Semarang.

Kota yang banyak memiliki peninggalan sejarah ini wajib dijadikan salah satu tujuan wisata sejarah dikala libur.

Saat anda berkunjung ke ibukota provinsi Jawa Tengah ini, saya jamin kamu akan takjub dengan tata kota yang begitu indah yang masih mempertahankan ragam budayanya yang berbeda-beda.

Kamu akan menemukan dan merasakan sentuhan harmonisasi antara budaya jawa dengan budaya cina, budaya arab dan lainnya disini.

Saat kamu menjelajahi kota yang berjulukan "Kota Lumpia" atau "The Port of Java" ini, kamu akan banyak menemukan kendaraan umum yang akan membawa kemanapun kamu akan pergi.

Kamu bisa menggunakan Taxi, angkutan kota, ataupun becak.

Tapi jika ingin lebih nyaman dan leluasa untuk menjelajahi kota sejarah ini, Kota Semarang banyak menyewakan berbagai macam kendaraan, hingga kita tidak perlu khawatir lagi dan tinggal terima beresnya saja.

Setelah menemukan kendaraan yang cocok untuk digunakan berkeliling Kota Semarang, saat nya saya mengajak kamu untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti :

LAWANG SEWU

Bangunan sejarah yang juga merupakan icon Kota Semarang, yang berdiri kokoh ditengah pusat kota ini dibangun pada tahun 1904 ini memiliki arsitektur dan gaya arsitektur yang khas.
Semarang
Bangunan ini memiliki dua menara kubah, menjadi salah satu tempat wisata yang bisa membangkitkan jiwa petualang para traveler, jika ingin merasakan sesuatu yang baru.

Bangunan ini terkenal menjadi salah satu tempat yang angker, yang bisa menjadi tempat sebagai ajang adu nyali bagi traveler semua.

Bangunan ini dilengkapi dengan ballroom, ruangan serba guna, ruang makan hingga gedung pertunjukan.

Saat memasuki bangunan ini, teman-teman akan disambut dengan lorong-lorong panjang yang yang dipenuhi dengan pintu dan jendela-jendela kayu dikanan dan kirinya.

Selain itu, bagi yang suka berfoto selfie, tempat ini sangat cocok sekali sebab bangunan ini cukup unik dan sangat indah sebagai ajang berselfie ria.

Untuk sampai ke gedung ini, pertama-tama kita harus menuju arah simpang lima. Setelah menemukan lokasi gedung ini, biaya masuk yang harus dikeluarkan yakni 10ribu rupiah untuk orang dewasa dan 5ribu rupiah untuk anak-anak.

Akan tetapi jika ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah gedung ini, kita bisa menyewa pemandu dengam cukup hanya membayar sebesar 30ribu rupiah saja.

Kita juga bisa mengunjungi lorong bawah tanah yang dulu dijadikan sebagai penjara tahanan. Disini, kita akan dihadapkan dengan suasana mistis yang sangat terasa sekali.

SIMPANG LIMA

Jika berwisata ke semarang, akan terasa ada yang kurang kalau belum mampir ke Simpang Lima Semarang.
Semarang
Tempat yang berada tepat dijantung kota Semarang ini, merupakan salah satu tempat jajanan kuliner favorit bagi mereka yang mencintai dan menyukai berbagai kuliner Indonesia.

Ditengah-tengah Simpang Lima, terdapat alun-alun yang menjadi pusat atau titik dari lima persimpangan jalan.

Selain itu, ditempat ini berdiri berbagai macam hotel berbintang dan pusat perbelanjaan yang dapat dijelajahi.

Tempat ini memang bisa dikatakan surganya pecinta kuliner.

Aneka masakan nusantara bisa ditemui disini, ditemani dengan suasana santai dan tenang, sekedar untuk bersantai bersama keluarga, kumpul dengan teman ataupun dengan orang terkasih.

Keramaian tempat ini mulai tampak sejak sore hari, sekitar pukul 5 sore.

Disini kita akan disuguhkan dengan wahana bersepeda yang berhias lampu warna-warni yang siap disewa untuk teman-teman traveler tunggangi, cukup dengan merogoh kocek 30ribu rupiah untuk sekali putaran.

KOTA LAMA

Merupakan kawasan yang berarsitektur eropa, yang saksi bisu sejarah penjajahan belanda terhadap Indonesia.
Semarang
Kita akan merasakan suasana seperti berada di jaman dulu, saat mengunjungi kawasan ini, karena banyaknya bangunan-bangunan lama yang berjejer disepanjang jalan, yang masih sangat terawat dan merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kota Semarang.

Kota Lama ini sering disebut sebagai miniatur negara Belanda atau kerap disebut dengan "Little Natherland".

Bangunan yang paling populer di kota lama ini adalah gereja belenduk. Bangunan ini sudah berdiri lebih dari dua setengah abad dan memiliki nama asli Natherland Indische Church.

Dan karena keunikan bentuknya, gereja ini menjadi Landmark kota Semarang.

VIHARA BUDDHAGAYA

Pecinta traveler jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung ke salah satu rumah ibadah umat budha, yakni Vihara Buddhagaya atau Pagoda Avalokitesvara (Buddhagaya Watugong).
Semarang
Vihara atau pagoda ini tingginya sekitar 45 meter, dan masuk museum rekor Indonesia (MURI) yang menetapkan bahwa Pagoda Avalokitesvara merupakan Pagoda tertinggi di Indonesia.

Selain itu, vihara ini merupakan salah satu vihara termegah se Asia Tenggara. Pagoda ini memiliki ketinggian 7 tingkat, yang bermakna seorang pertapa akan memiliki kesucian ditingkat ke 7.

Vihara ini buka mulai pukul 7 pagi sampai pukul 9 malam, dan teman-teman kalau berkunjung ditempat ini wajib menggunakan pakaian tertutup dan berbicara sopan.

KELENTENG SAM POO KONG

Tempat ini sebenarnya lebih diutamakan sebagai tempat untuk sembahyang, berdoa atau berziarah. Karena itu ditempat ini tidak sembarangan orang bisa memasukinya.
Semarang
Komplek Bangunan ini, yang besar maupun yang kecil dipagari dan dijaga oleh petugas keamanan.

Ditempat ini, kita bisa menyewa kostum khas kerajaan cina dan berfoto dengan background kelenteng Sam Poo Kong, menarik bukan?

Katanya lagi, banyak kisah mesteri yang terjadi di Kelenteng Sam Poo Kong ini, bisa jadi ajang uji nyali sekaligus wisata misteri nih, rugi kalo kamu gak mampir kesini.

KOMPLEK PECINAN

Semarang merupakan tempat persinggahan warga tiongkok karena itu komplek atau kawasan pecinan juga memiliki sejarah panjang seperti halnya kawasan Kota Lama.
Semarang
Karena kawasan ini juga mempunyai peranan dan pengaruh besar dalam pembentukan kota Semarang, dan memiliki nilai historis yang masih terjaga hingga saat ini, serta sangat berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata budaya.

Disini, budaya tionghoa sangat kental terasa, hingga tidak heran hampir setiap gang dikawasan ini memiliki kelenteng yang mempunyai ciri khas masing-masing.

Daerah ini memiliki potensi ekonomi, sosial serta budaya yang sangat kuat. 

MUSEUM KERETA AMBARAWA

Berwisata ke museum, selalu diidentikkan dengan wisata atau liburan yang menjemukan serta membosankan.
Semarang
Padahal, berwisata ke museum bisa jadi menjadi suatu liburan yang berbeda dan sangat menyenangkan.

Seperti yang satu ini, berwisata di Museum Kereta Ambarawa, yang terletak di Jalan Stasiun No 1 Ambarawa Kabupaten Semarang.

Teman-teman traveler tidak hanya dapat melihat koleksi kereta diesel kuno, akan tetapi dapat ikut merasakan sensasi naik kereta lokomitif diesel. 

Meskipun bangunan dan koleksi kereta disini terlihat sangat tua, akan tetapi koleksi kereta disini masih sangat terpelihara dengan baik. Kita akan merasakan jaman kejayaan kereta seperti dahulu kala.

Untuk masuk ke kawasan ini PT. KAI sebagai pengelola museum mematok harga tiket masuk sebesar 10ribu rupiah untuk orang dewasa dan 5ribu rupiah untuk anak-anak.

Jika ingin merasakan menaiki kereta diesel ini dan merasakan nuansa naik kereta dijaman dahulu kala, kita cukup membayar 50ribu rupiah untuk tiket kereta pulang pergi (PP) dengan rute dari stasiun ambarawa menuju stasiun tongtang.

Waktu keberangkatannya hanya ada pada pukul 10 pagi, pukul 12 siang dan pukul 2 siang.

CANDI GEDONG SONGO

Candi bersejarah ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.
Semarang
Candi ini terletak di Dusun Darung Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. 

Sesuai dengan namanya Gedong Songo ini memiliki 9 bangunan Candi yang tersebar diseluruh kompleks wisata alam ini, Candi Gedong Songo, sangat luas dan sungguh mempesona.

Jangan sampai traveler melewati kawasan wisata ini ya, jika berkunjung ke Semarang.

Demikianlah yang dapat saya ceritakan sedikit tentang destinasi wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah.. Happy Traveling.

No comments:

Post a Comment