Kisah Mistis dan Wisata Misteri di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Kisah Mistis dan Wisata Misteri di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Sebelumnya di " Wisata Budaya di Semarang, 7 Tempat Bersejarah dan Budaya Berbeda Ini Sangat Disayangkan Untuk Terlewatkan" kita telah melihat wisata budaya dan wisata sejarah yang ada di Semarang.

Sekarang saya ingin mengajak kamu untuk menyusuri Kelenteng Sam Poo Kong, menyaksikan peninggalan sejarah yang ada dan menyelami kisah-kisah misteri yang ada di kuil ini.

Wisata misteri di kota "lumpia" yang cukup menegangkan. Saya yakin kamu semua petualang sejati, yang pasti merasa tertantang dan penasaran untuk mengikuti kisahnya.


KELENTENG SAM POO KONG


Kelenteng Sam Poo Kong, sering juga disebut dengan Kelenteng Gedung Batu Sam Poo Kong, karena bentuknya yang merupakan sebuah gua batu yang terletak pada satu bukit batu.

Laksamana Cheng Ho di Sam Poo Kong

Akan tetapi karena bentuknya mirip dengan kelenteng, karena tempat ini memiliki arsitektur yang bernuansa bangunan cina sehingga bisa dikatakan mirip dengan sebuah kelenteng.

Tempat ini awalnya adalah sebuah tempat pendaratan pertama dan menjadi tempat persinggahan seorang Laksamana Tiongkok yang beragama Islam, yakni Zheng He/ Cheng Ho.

Cerita tentang Cheng Ho, sudah pernah diangkat ke layar kaca, yang diperankan oleh Yusril Ihza Mahendra.

Salah satu petunjuk tempat ini merupakan bekas persinggahan yang Islami adalah adanya sebuah tulisan yang berbunyi "Marilah Kita Mengheningkan Cipta dengan Mendengarkan Bacaan Al Qur-an"

Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, letaknya di daerah Simongan, Bongsari Semarang Barat Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kamu bisa masuk ke dalam komplek kelenteng Sam Poo Kong cukup dengan membayar tiket masuk sebesar 3ribu rupiah saja.


Tempat ini sekarang dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

Karena itu, di dalam gua batu diletakan sebuah altar, serta patung-patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, padahal laksamana cheng ho itu seorang muslim, tetapi bagi penganut agama konghucu, Laksamana Cheng Ho sudah dianggap dewa.

Jika kamu memasuki altar pemujaan laksamana Cheng Ho ini, kamu akan merasakan suasana mistis yang begitu kental, membuat bulu kuduk merinding.

Cerita yang beredar disini, Laksamana Cheng Ho terkadang hadir ditengah tengah kelenteng ini, yang merasuki siapa yang dikehendakinya yang berada di dalam kelenteng ini.

Sebagaimana kepercayaan orang Kong Hu Chu, bahwa mereka bisa memanggil dewa dewa mereka untuk hadir dan memberikan wajengan serta pertolongan yang mereka minta.

Tapi itu semua hanyalah kepercayaan dari penganut agama Kong Hu Chu saja, kamu yang muslim jangan percaya ya. Dosa...hehehe..


Patung Laksamana Cheng Ho ini, termasuk patung terbesar di Asia Tenggara, karena langsung dikirim dari Tiongkok sana.

Dan sebagian dari komunitas orang cina disini percaya bahwa Laksamana Cheng Ho bukan meninggal di laut tapi meninggal ditempat ini dan dimakamkan disini.

Demikian petualangan wisata misteri saya di kelenteng Sam Poo Kong, jangan lupa untuk berbagi kisahnya di Dunia Wisata, Informasi Wisata dan Kuliner melalui kolam komentar atau contact saya ya. Happy Traveling.

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments