Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, Pesona Alam Kalimantan Barat

Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, Pesona Alam Kalimantan Barat

Baca juga:

Bengkayang pada zaman dahulu disebut"Lala". Dipetik dari dialek Hakka yang salah ucap "Rara", yang berarti sebuah negeri yang jauh.

Air Terjun Riam Merasap Bengkayang - Kalimantan Barat


Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, Pesona Alam Kalimantan Barat

Wisata Budaya dan Wisata Kuliner di Sambas, Kalimantan Barat Karena terasing di masa lalu, Bengkayang menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa.


Pesona Wisata Alam yang belumdijamah tangan-tangan jahil manusia. Dan salah satunya adalah Air Terjun Riam Merasap Bengkayang.

Objek Ekowisata air terjunRiam Merasap Bengkayang terletak di Desa Batang Air, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang - Kalimantan Barat.

Untuk menuju tempat ini, jika dihitung dari Pontianak menempuh jarak 300 Km, dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.

Sedangkan jarak tempuh dari Kecamatan Sajingan Besar, Sambas, sekitar 15 Kilometer. Sementara itu, jika diukur dari perbatasan Indonesai-Malaysia, hanya berjarak 10 Km saja.

Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, menjatuhkan air deras dari atasnya dalam jumlah yang sangat besar, beribu-ribu kubik jumlahnya.

Aliran air yang tanpa henti dan tanpa putus ini menciptakan bunyi yang merdu ditelinga. Sementara itu, percikan-percikan air yang melayang-layang diudara sebelum jatuh, berwarna putih laksana kabut.

Hawa dingin dan sejuk terasa saat berada di sekitar air terjun. Di kejauhan tampak kabut-kabut yang menyelimuti tubir cadas keras warna hitam dengan lebar 8 meter.

Karena keindahan pesona serta merdunya suara yang dihasilkan dari air terjun ini, maka air terjun ini dinamakan dengan Air Terjun Riam Merasap Bengkayang.

Cara Membuat Manisan Betik, Cemilan Khas Sambas, Kalimantan Barat

Di bumi pertiwi ini, bumi khatulistiwa ini khususnya, tidak banyak sungai yang "merasap" seperti ini.
Airnya bening laksana kaca.

Dengan mata telanjang, kita dapat menyaksikan dan memandang ikan-ikan berenang didasar sungai.

Bahkan tidak hanya itu, bebatuan, kerikil dan pasir di dasar sungai pun tampak jelas dilihat dengan mata telanjang dari permukaan.

Air Terjun Riam Merasap memiliki tinggi sekitar 20 Meter serta lebar sekitar 8 Meter, membuat air terjun ini mengalir deras sampai jauh dan menghasilkan pemandangan yang sangat luar biasa indah mempesona.

Pepohonan dan rumpun perdu yang tumbuh subur disekitar air terjun, menambah keindahan pesona serta asrinya alam nusantara.

Hingga air terjun ini nampak seperti surga yang menyendiri.

Udara yang masih segar, pemandangan yang masih alami,suasana yang asri, disini kita bisa menenangkan pikiran dan bersantai sambil menikmati Pesona Alam yang indah mempesona.

Bermandikan embun Air Terjun Riam Merasap,yang sejuk alami menyentuh kulit wajah, sungguh "maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?".

Mandi di air yang jernih, sejuk dan menyegarkan, ditemani kawanan ikan-ikan kecil, menikmati sensasi menyegarkan yang dihasilkan dari air yang bening laksana kaca, dan suara gemuruh air terjun yang menyejukkan telinga..."mempesona!"

Atau.., berolahraga esktrim dengan menuruni tebing yang terjal ditemani gemuruh air terjun yang jatuh menghantam bebatuan dibawahnya, dan percikan air yang sesekali menerpa wajah yang memberikan sensasi sejuk, tegang, memicu adrenalin.

Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, Pesona Alam Kalimantan Barat

Sungguh, saya bangga menjadi bagian dari bangsa yang indah ini, bangsa yang mempesona, kaya akan keanekaragaman alamnya serta keberagaman budayanya.

Sungguh tidaklah salah pepatah yang mengatakan: "Indonesia adalah serpihan surga yang jatuh ke bumi".

Karena itu, wahai anak bangsa, putra-putri nusantara, generasi millenial, mari kita jaga bumi pertiwi ini, kita jaga keasriannya, keelokannya, keindahannya, karena bangsa ini besar, dan akan semakin besar jika kita bisa melesatikannya.

Cara Membuat Kue Bingka Berendam Khas Sambas

Sekilas pesona Air Terjun Riam Merasap Bengkayang, Pesona Alam Kalimantan Barat dari Dunia Asa - Dunia Informasi Wisata dan Kuliner, Happy Traveling.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments