Cara Membuat Manisan Betik, Cemilan Khas Sambas, Kalimantan Barat

Cara Membuat Manisan Betik, Cemilan Khas Sambas, Kalimantan Barat

Baca juga:

Sejain kuliner berikutnya yang merupakan khas Kota Sambas adalah manisan betik, konon manisan yang terbuat dari buah pepaya ini merupakan kegemaran sultan-sultan sambas loh sobat asa.

Cara Membuat Manisan Betik Khas Sambas Kalimantan Barat


Bentuknya unik dengan aneka warna yang menggugah selera.

Pepaya yang digunakan adalah pepaya yang masih mengkal, kupas pepaya dan cuci untuk menghilangkan getah, potong-potong dan buang bijinya.

Kemudian, baru dibentuk sedemikian rupa agar terlihat cantik dan unik. Ada yang berbentuk terlihat seperti bunga dan dedaunan.

Potongan pepaya yang telah dibentuk, kemudian direndam selama 5 menit, lalu kemudian rendam kembali diair kapur sirih selama 1 jam agar pepaya tidak mudah lembek.


Sambas Kalbar

Selanjutnya panaskan air, cuci pepaya dengan air panas untuk menghilangkan kapur sirihnya, baru masukkan pepaya kedalam air gula yang telah diberi pewarna makanan.

Ulang proses perebusan dengan air gula dan pewarna makanan selama 1 minggu. Jika gula dan pewarnanya sudah meresap susun dan tata manisan untuk disajikan agar tampilannya kian cantik.


Manisan Betik umumnya disajikan untuk tamu yang datang dihari Lebaran. Manisan Betik, tahan hingga 1 tahun jika disimpan didalam lemari es.
Advertisement

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments