Kembung Bertelur, Kuliner Khas Bangka yang Menggoda Selera

Kembung Bertelur, Kuliner Khas Bangka yang Menggoda Selera

Kembung bertelur biasa dibangka disebutan dengan nama kembong betelok, merupakan salah satu masakan khas Bangka. Kembung bertelor terbuat dari bahan dasar ikan kembung.

Dinamakan sebagai ikan kembung, mungkin dikarenakan fisik ikan yang agak montok dan gendut.
Kembung bertelor atau kembong betelok ini merupakan makanan khas Bangka yang diracik dengan bumbu-bumbu dapur serta rempah-rempah, seperti merica, ketumbar dan lainnya.

Yang memberikan sensasi aroma yang akan membuat anda tergoda untuk mencicipinya. Aroma pedas ketumbar adalah salah satu ciri aroma khas kembung bertelur kuliner asli Bangka ini.

Untuk menikmatinya, akan terasa lebih nikmat dan lezat jika dipadukan dengan saos atau sambal terasi khas Bangka pula.

Cara Memasak Kembung Bertelur

Kembung bertelur atau kembong betelok hanyalah penamaan belaka, tidak berarti ikan utuh yang memiliki banyak telur didalam perut ikan.

Tapi lebih dikarenakan dari proses pembuatannya, yakni dengan cara mengeluarkan isi ikan tanpa merobek kulit ikan. Isi ikan berupa daging, insang, dan tulang dikeluarkan.


Daging ikan ini selanjunya diracik dengan bumbu-bumbu, yang kemudian dimasukkan kembali kedalam kulit ikan yang masih utuh tadi.

Jadilah kembali lagi berbentuk seperti ikan, hanya saja sudah tidak memiliki tulang atau duri lagi.

Memang agak susah dalam membuatnya, butuh kesabaran yang cukup tinggi dalam mengeluarkan tulang, daging dan isi perut ikan tanpa merusak kulit ikan itu sendiri.


Begitu juga dalam proses memasukkan kembali daging ikan yang telah diolah dan diracik dengan bumbu-bumbu kedalam kulit ikan kembali, hingga membentuk seperti ikan utuh.

Demikian dari Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa, happy traveling.

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments