Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

Tak Perlu Ke Tiongkok, Pasukan Patung Terakota Ada di Pantai Tongaci - Bangka

Puluhan patung pasukan terakota siap menyerang Bangka??... gak segitu juga kali ya..hehe..

Seperti di lansir dari wikipedia, Pasukan terakota (pinyin: bīng mǎ yǒng) atau Tentara terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin ,Qin Shi Huang.

Tokoh prajurit itu ditemukan pada tahun 1974 di Lintong District, Xi`an, Provinsi Shaanxi oleh para petani lokal.

Terakota dibangun tahun 210 SM–209 SM sebagai bentuk seni pemakaman dengan maksud untuk melindungi Kaisar Qin sesudah kematiannya.

Patung Pasukan Terakota ini sekarang telah menjadi Situs Warisan Dunia Unesco, sejak tahun 1987 silam.Namun, tahukah kamu bahwa Patung Pasukan Terakota tidak hanya berada di Provinsi Shaanxi tiongkok aja?

Ternyata, tempat Wisata Pantai Tongaci, Sungailiat Bangka juga terdapat puluhan patung pasukan terakota, jadi kamu tidak harus jauh-jauh pergi ke tiongkok untuk sekedar melihat patung pasukan terakota.

Pasukan patung terakota di pantai tongaci Sungailiat Bangka ini dibuat benar-benar menyerupai seperti patung asli nya di tiongkok.

Wisata Pantai Tongaci ini pernah saya bahas sedikit di postingan saya "Pulau Bangka, Destinasi Wisata Murah Meriah Bagian 2". Nah, sekarang akan saya ulas lebih dalam lagi.

Iya, cukup dengan waktu tempuh 45 menit dari ibu kota provinsi Bangka Belitung - Pangkalpinang, kamu sudah sampai di Pantai Tongaci Sungailiat Bangka.

Untuk sampai ketempat wisata ini, tidaklah sulit, sangat mudah malah. Transportasinya pun mudah didapatkan.

Jika kamu berada diluar pulau bangka, bisa menggunakan jalur udara, karena penerbangan dari dan ke pulau bangka ini sangat banyak, dan hanya menempuh waktu terbang sekitar 45 menit dari Jakarta ke Pangkalpinang Bangka.

Jika kamu dari Jakarta, hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke tempat Wisata Pantai Tongaci ini, dan kamu sudah dapat menikmati keindahan pantai sekaligus melihat koleksi patung terakota yang terkenal itu.

Selain koleksi pasukan patung terakota, kamu juga dapat melihat berbagai macam koleksi barang-barang antik dikawasan wisata pantai ini, mulai dari lukisan, keramik, alat elektronik, mobil, dan lain sebagainya.

Kawasan Wisata Pantai Tongaci juga mempunyai banyak tempat untuk berfoto selfie ataupun wefie yang sangat eksotis.

Wisata Pantai Tongaci di Sungailiat Bangka saat ini memang telah menjadi tujuan wisata populer dikalangan masyarakat sekitar.

Wisata Pantai Tongaci, pada mulanya adalah tempat penangkaran Tukik, atau penangkaran Penyu.

Namun seiring perkembangannya, Pantai Tongaci ini mulai berbenah, selain menjadi tempat penangkaran Penyu/ Tukik, juga menjelma menjadi tempat wisata keluarga yang sangat mengasikkan.

Di Pantai Tongaci ini kamu dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang memang telah di sediakan bagi para pengunjung pantai tongaci ini.

Berbagai macam fasilitas telah tersedia di kawasan wisata pantai tongaci ini, seperti:


1. Book Galery
2. Museum
3. Art Bazaar
4. Penangkaran Penyu/ Tukik
5. Penetasan Penyu/ Tukik
6. Pameran dan Photobooth
7. Refflexology
8. Terracotta


9. Function Hall In Door
10. Beach Bar
11. Combitiam Cafe
12. Restoran Seafood
13. Terrace Resto
14. Waroek Kirana Souvenir
15. Event Out Door Perform
16. Taman Satwa
17. Taman Bulakan
18. Water Sport
19. Aneka Fresh Seafood
20. Villa Puri Ansel (the cottage)
21. Danau Puri Ansel (Breakfast area and recepsionist area)
22. Danau Gajebo 2 lt
23. Toilet khusus pengunjung Resto, cafe Bar
24. Musholla

Selain menjadi tempat liburan bersama keluarga, tempat ini juga menyajikan berbagai macam kegiatan yang dapat kamu lakukan, dengan harga yang sangat terjangkau, seperti:


1. Parimanta, Rp.300.000/ ride (untuk 6 orang)
2. Banana Boat, Rp. 250.000/ ride (untuk 5 orang)
3. Water Ski, Rp. 250.000/ 15 menit
4. Kite Surfing, Rp. 1.000.000/ 1 jam
5. Donat Sofa, Rp. 200.000/ ride (untuk 3 orang)
6. Rolling Donat, Rp. 150.000/ ride (untuk 2 orang)
7. Parasailing, Rp.300.000/ ride
8. Jet Ski, Rp. 350.000/ 15 menit atau Rp. 1jt/ 1 jam
9. Mancing, Rp. 2,5 juta/ 8 jam (maksimal 10 orang)
10. Wind Surfing, Rp. 350.000/ 3 jam
11. Paparazzi, Rp. 200.000/ ride (untuk 3 orang)
12. Gyro, Rp. 150.000/ ride (untuk 1 orang)
13. Diving, Rp. 600.000/ 1 jam (min 5 orang)
14. Snorkling, Rp. 300.000/ 1 jam (min 5 orang)

Sedangkan untuk tiket masuk kawasan wisata pantai tongaci ini, hanya membayar 5ribu rupiah saja per orangnya, dan itu hanya dihitung orang dewasa saja, sedangkan untuk anak-anak tidak dihitung alias gratis.

Begitu juga untuk parkir, Pengelola Kawasan Pantai Tongaci tidak memungut biaya parkir.

Dulu, waktu belum lama dibuka, untuk masuk ke kawasan wisata tongaci ini, tidak bayar alias gratis, hanya membayar biaya parkir saja, sedangkan sekarang, sebaliknya, parkir gratis masuk bayar 5ribu rupiah.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal dengan wisata pantai nya, karena memang merupakan wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh laut, tentunya banyak pantai.

Namun, kawasan wisata pantai tongaci ini memberikan suasana wisata pantai yang agak berbeda, selain olahraga airnya, ada juga wisata sejarah, wisata pendidikan, dan wisata budaya nya.

Wisata Budaya di Bangka Belitung ini adalah percampuran antara budaya cina dan budaya melayu.Hingga antara orang cina dan orang melayu di Pulau Bangka Belitung ini, sudah hampir tidak dapat lagi dibedakan.

Walaupun secara fisik dapat dibedakan, akan tetapi didalam kehidupan bermasyarakatnya benar-benar sudah menjadi satu kesatuan masyarakat Bangka Belitung yang majemuk dan beragam dalam satu kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sampai-sampai ada istilah yang mengatakan bahwa, jika ingin melihat Indonesia sebenarnya, "Bhinneka Tunggal Ika" seutuhnya, datang dan kunjungi Bangka Belitung, kamu akan melihat bagaimana kehidupan masyarakat Bangka Belitung yang mejemuk, dari berbagai macam suku dan agama, tapi tetap hidup berdampingan dengan sangat harmonis.

Kawasan Wisata Pantai Tongaci ini, buka dari pagi hari sampai malam hari.

Namun tentu saja untuk menikmati wisata sejarah, budaya dan pendidikannya hanya buka sampai sore hari, sedangkan malam harinya ada Beach Bar dan Karaoke.

Percayalah, letih dan capeknya perjalanan 2 jam kamu yang berasal dari luar pulau Bangka untuk menuju tempat wisata pantai tongaci ini, akan langsung sirna bahkan terbayar lunas saat sudah berada di kawasan wisata pantai tongaci ini.

Demikianlah dari saya, Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa, Happy Traveling.