6 Hal Positif yang didapati Saat Melakukan Perjalanan Wisata

6 Hal Positif yang didapati Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Baca juga:

Traveling atau ber wisata merupakan pengalaman yang sangat mengasyikkan, selain kita bisa melihat tempat-tempat baru, orang-orang baru serta kebudayaan dan pengalaman baru.

Manfaat Positif Berlibur


Traveling juga bisa menambah wawasan serta pengalaman kita. Berdasarkan pengalaman yang saya dapati saat liburan, ada hal-hal yang bisa menjadi pelajaran sekaligus melatih diri dan mengambangkan pola pikir dan wawasan dalam berpikir.

Berikut ini adalah apa yang saya dapat simpulkan apa saja yang dapat dipelajari saat traveling, berwisata atau berlibur.

1. Kesabaran:


Saat traveling, pengalaman yang sering kali saya dapatkan adalah "terlambat" atau tidak sesuai schedule, atau diluar rencana.

Contohnya, saya harus menunggu dibandara karena pesawat delay, dengan berbagai macam alasan keterlambatan keberangkatan pesawat, mulai dari cuaca, kerusakan mesin, pesawat belum nyampe, dan lain sebagainya.

Belum lagi ketika menunggu bus atau angkot saat menuju tempat tujuan wisata, jangan harap kita akan berangkat tepat waktu dan bus atau angkot itu berangkat sesuai jadwal.


Bus atau angkot lebih banyak menunggu atau "ngetem" sampai semua kursi penuh sebelum bus atau angkot berangkat. Kadang-kadang bisa satu jam atau lebih, baru bus/ angkot jalan.

Kesel, marah, kepanasan, dan bermacam-macam hal lainnya yang bercampur aduk dikepala menambah kekesalan kita, ketika kita harus menunggu.

Untuk menghilangkan rasa kesel dan marah serta kebosanan yang melanda, saya biasa nya maen game di HP atau paling tidak browsing, bermedia sosial, membaca dan lain sebagainya, untuk mengisi waktu selama menunggu.

Manfaat yang didapat selama liburan 

Bagi para petualang (backpacker) yang menyukai perjalanan wisata atau traveling, melihat dan bercampur dengan penduduk atau masyarakat sekitar sangat diperlukan, serta berharap dapat menghemat anggaran wisata atau traveling.

Kesabaranmu benar-benar akan sangat diuji. Yakinlah, semakin sering kita traveling dan menemukan masalah seperti ini, akan semakin teruji dan terlatih kesabaran kita.


2. Menghargai Waktu:


Perjalanan wisata atau liburan bagi mereka yang terbiasa dengan hiruk pikuk nya kota dan kesibukan pekerjaan yang dikejar deadline, dan lain sebagainya, saat mendapatkan cuti liburan dari kantor, sebulan misalnya atau bahkan lebih akan terasa sangat singkat.

Sobat Asa akan dihadapi dengan berbagai macam pengalaman baru, wawasan baru, yang akan semakin membuat kalian semua berharap untuk mendapatkan liburan yang lebih lama lagi.

Karena saat menghabiskan waktu dengan semua kesenangan yang didapat saat ber wisata atau liburan, maka waktu akan terasa sangat singkat.

Saya yakin, setelah sobat semua pulang dari liburan dan mulai bekerja seperti biasanya, dengan semua rutinitas yang mungkin sangat membosankan, sobat akan lebih menghargai semua waktu yang kalian punya.

Bahkan mungkin, hasil dari pekerjaan kalian akan lebih baik lagi dengan kata lain akan lebih meningkatkan semangat kerja dan kualitas kerja.

Mungkin selain terbawa suasana dan karena mendapat pelajaran dari traveling dalam menghargai waktu bisa juga karena sobat ingin mendapatkan bonus serta waktu cuti liburan lebih banyak lagi dari tempat sobat bekerja, atas hasil kerja dan prestasi yang sobat tunjukkan.


3. Belajar Menikmati Hidup:


Perjalanan Wisata atau Traveling, akan mengajarkan kita bagaimana caranya menikmati hidup, saat ini, detik ini, waktu ini.

Wisata Luar Negeri

Dalam kehidupan sehari-hari kita biasa di pusingkan dengan omongan-omongan miring, gosip-gosip, atau terkadang kita ditakutkan akan hal apakah target hidup kita terpenuhi, keinginan-keingninan kita terpenuhi dan lain sebagainya.

Dengan traveling sobat akan menemukan bahwa segala sesuatunya terkadang tidak berjalan sesuai rencana sobat saat traveling atau liburan.

Dengan traveling sobat akan diajari untuk hidup pada saat ini, detik ini, moment ini dan tetap kagum serta menikmati lingkungan baru anda.

Jika sobat berada di tempat baru, sobat akan cenderung memperhatikan aroma, pemandangan dan suara di sekitar lebih dari yang sobat inginkan waktu di rumah.

Jika sobat melakukan ini cukup lama saat traveling, hal ini bisa saja menjadi kebiasaan sehingga ketika sobat sampai di rumah, mungkin sobat akan memperhatikan segala sesuatunya dari sudut pandang seorang bacpacker.


4. Terlatih Menghadapi Masalah Sebesar Apapun:


Terkadang kita cenderung hidup seperti katak dalam termpurung dan berpikir bahwa masalah yang kita hadapi luar biasa besar dan menakutkannya.

Tapi dengan seringnya sobat melakukan perjalanan wisata atau traveling, dengan semua masalah yang sobat hadapi asa saat liburan dan mungkin sobat mendapati orang-orang disaat liburan dengan permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari, sehingga membuka wawasan sobat semua, bahwa masalah yang sobat hadapi tidaklah seburuk itu.

5. Menjadi Lebih Peduli:

Pernahkah sobat ingin merasakan bagaimana rasanya tinggal di sebuah gubuk kecil di antah berantah, atau berada diatas kapal ditengah lautan?

Perlu kamu ketahui, inilah yang akan kamu dapati ditempat baru saat kamu melakukan perjalanan wisata.

Hal ini bisa menjadi sebuah kejutan yang ekstrim untuk melihat bagaimana orang tinggal di daerah lain.

Terkadang kita tidak menyadari bahwa yang kita memiliki sangat bagus dan kita mengeluh tentang segala hal karena yang kita tahu hanyalah dunia kita saja.

Dengan kita mengunjungi tempat lain atau pergi liburan, kita akan lebih peduli dan lebih perhatian lagi pada orang-orang sekitar kita.

6. Lebih Bersyukur:

Selain menjadi lebih peduli dan lebih memperhatikan orang-orang sekitar kita disaat liburan, kita juga akan lebih menghargai dari apa yang kita miliki.

liburan akhir tahun 

Iya sobat, kita akan lebih banyak bersyukur lagi atas nikmat yang kita miliki.

Kita akan lebih banyak menyaksikan bagaimana orang-orang dibelahan tempat lain berkutat dengan kehidupannya yang keras, yang penuh dengan kesengsaraan atau bisa juga kita menemukan orang-orang yang serba berkecukupan sehingga menjadi perbandingan untuk kita

Yang pada akhirnya membuka cakrawala cara berpikir kita, wawasan kita, ternyata kita memang harus banyak-banyak bersyukur.

Itulah beberapa 6 hal yang dapat ambil hikmahnya dari sebuah perjalanan dari Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa. Happy Traveling.
Advertisement

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments