Top Social

5/09/2017

Traveling Kuliner Menjelang Malam di Kota Hujan, Bogor Jawa Barat

Halo sahabat traveler, kali ini saya di dunia asa akan mengajak kalian semua untuk berkeliling-keliling lagi. Setelah sebelumnya saya mengajak jalan-jalan di Kota "Lumpia" Semarang, sekarang saya mengajak kalian semua berkeliling ke Kota Hujan di Indonesia, iya, Kota Bogor.

Mendengar Kota Bogor, yang pertama kali ada dalam benak kita adalah Kebun Raya Bogor dan juga Prasasti Batu Tulis. Prasasti Batu Tulis merupakan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Padjajaran, pimpinan Prabu Siliwangi. Tempat ini pernah menjadi viral sebelumnya, karena banyak yang membongkar Prasasti ini, karena mengira ditempat ini terdapat peninggalan Harta Karun.

Bicara tentang harta karun, sebenarnya banyak orang tidak menyadarinya, bahwa harta karun terbesar di Kota Bogor adalah Kulinernya, makanan khas Bogor yang nikmat dan menggugah selera. Iya sahabat traveler, kali ini saya ingin mengajak kalian semua untuk berwisata kuliner di Kota Bogor. 

SOTO BANG SALAM
Mengapa soto? Indonesia terkenal kaya dengan hasil alam yang melimpah dan juga budayanya. Soto, merupakan makanan khas Indonesia, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan jenis ini. Dan hampir semuanya berbeda, karena itu kuliner khas Bogor pertama yang saya angkat disini adalah Soto. 

Soto Bang  Salam Khas Bogor

Menurut informasi yang saya terima, Soto Bang Salam terkenal istimewa dan mempunyai khas tersendiri. Istimewa karena Bang Salam sang penjual soto, orangnya cakep kayak bintang film...😁. Bang Salam menjual soto Kuning Khas Bogor, hanya saja ada sedikit berbeda dengan Soto Kuning Khas Bogor kebanyakan, kalo yang biasanya semuanya serba kuning, dagingnya juga berwarna kuning, tapi ditempat Bang Salam ini, hanya kuahnya saja yang kuning, sedangkan dagingnya tidak. Dagingnya masih berwarna khas daging seperti biasa. 

Bagi sahabat traveler yang sedang berkunjung dan jalan-jalan dikota Bogor, serta ingin merasakan sensasi nikmatnya soto Bang Salam ini, dapat kalian temui di Jalan Siliwangi Bogor, Jawa Barat. Cukup dengan merogoh kocek sebesar 10ribu rupiah saja, kalian sudah bisa menikmati soto yang lezat ini. Gimana? Murah bukan? Makanya jangan sampai dilewatkan ya sahabat traveler.

KETUPAT SAYUR
Karena terletak di Jalan Siliwangi Tikungan, Bogor Jawa Barat, tepatnya disimpang tiga, tempat inipun diberi nama Lontong Sayur Simpang Tiga. Pak Asep sang penjual Ketupat Sayur berasal dari keluarga yang turun temurun berjualan Ketupat Sayur. Pak Asep sendiri merupakan penerus yang ke enam. Jadi tidak salah, ketupat sayur pak asep ini paling enak dikota Bogor, karena resep yang digunakan pak Asep adalah resep leluhur yang terjaga hingga sampai pada Pak Asep sebagai penerus ke enam.

Ketupat Sayur

Dalam satu hari, ketupat sayur ini menghabiskan kurang lebih sampai tiga ratus ketupat, luar biasa bukan. Dapat kita bayangkan banyaknya pelanggan setia pak asep ini. 

Yang dijual pak asep memanglah Lontong Sayur, akan tetapi disini pak Asep menggunakan ketupat sebagai bahan utama, bukan lontong. Beda lontong dan ketupat hanyalah pada wadah pembungkusnya saja. Kalau ketupat dibungkus daun kelapa muda, sedangkan lontong dibungkus menggunakan daun pisang. Karena itu, pak Asep menamakanya dengan Ketupat Sayur, bukan Lontong sayur, walaupun yang dijual tetaplah sama yakni Lontong Sayur. 

Karena menggunakan ketupat inilah, sensasi nikmat yang dirasakan sangat berbeda dengan lontong sayur yang menggunakan lontong yang dibungkus daun pisang. 

Sahabat traveler yang juga sekaligus pecinta kuliner wajib mencoba ini, karena harganya murah banget, cuma 5ribu rupiah per porsi.

NASI UDUK BANSUS (BANDREK SUSU)
Nasi Uduk bansus ini dalam penyajiannya terbilang unik, dibungkus daun pisang berbentuk kerucut. Sehingga aroma daun salam dan serai nya kuat terjaga dan khas banget. Untuk lauknya, semua terhidang diatas meja, ada kikil, sate jengkol, tempe goreng tepung, dan masih banyak lagi lainnya. 

Nasi Uduk Bansus (Bandrek Susu)

Disini juga tersedia sambel yang khas untuk makan nasi uduk. Walaupun aroma daun salam dan serai di nasi uduknya kuat terasa, akan tetapi untuk rasanya tidaklah begitu kuat. Hal ini dikarenakan lauk yang terhidang diatas meja, beserta sambel khas nasi uduknya, jika dimakan bersama nasi uduk itu sendiri, maka rasanya akan sangat pas sekali. Disinilah letak kepiawaian peracik nasi uduk dan lauk pauknya sehingga membuat tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Yang special dari tempat ini adalah Bandrek Susunya, karena itu tempat ini dinamakan BANSUS, atau Bandrek Susu. Bandrek sendiri adalah minuman yang pembuatannya berbahan jahe, yang sangat ampuh menghangatkan badan, apalagi dikota Bogor, kota yang juga dikenal dengan Kota Hujan, tentu sangat besar manfaatnya sebagai pengusir dingin dibadan. Specialnya lagi dari bandrek ini, yakni memakai susu, yang biasanya pakai santan kelapa, selain menghangatkan juga dapat menyehatkan.

Nasi Uduk Bansus ini tempatnya terletak di Bondongan Jalan Pahlawan Empang, Bogor Jawa Barat. Cukup dengan 12ribu rupiah, kita sudah dapat menikmati Nasi Uduk+kikil+sate jengkol+Bansus.

KETAN BAMBU
Ketan Bambu adalah makanan khas sunda yang hampir punah, sangat jarang yang berjualan kuliner jenis ini. Sesuai namamya, ketan bambu terbuat dari ketan yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang, lalu dimasukkan kedalam bambu, dan kemudian dibakar, hampir mirip dengan Lemang Padang.

Cara makannya juga unik, yakni dimakan dengan cara di cocol.  Cocolannya pun ada bermacam-macam, ditempat ini cocolannya ada dua macem, yakni serundeng ebi dan serundeng abon ayam. 

Kuliner ini dapat ditemukan di kafe Macaroni Panggang Bogor.

BOX OFFICE CAFE
Bagi para traveler pecinta movie sekaligus pecinta kuliner, tempat ini sangat cocok sekali, karena selain menyediakan kuliner, tempat ini juga menyediakan penyewaan film. Film yang disewakan disini ada banyak sekali koleksinya, dan juga tersedia dalam berbagai format. Ada VCD, DVD, Laser Disk, dan lainnya. Juga bisa disewakan untuk dibawa pulang, namum jika anda ingin menikmati film sambil menikmati kuliner, bisa juga disaksikan atau ditonton ditempat ini.

Karena Cafe ini mengusung konsep movie, maka makanan dan minuman yang disajikan disinipun bernuansa movie, diberi nama sesuai dengan judul-judul film. Tentu akan menjadi pengalaman unik tersendiri jika kita berkunjung ketempat ini.

LUMPIA BASAH KHAS BOGOR
Setelah kita berkeliling dikota bogor, mencicipi berbagai macam kuliner khas Kota Bogor, sekarang saatnya kita mencari oleh-oleh khas bogor untuk dibawa pulang. Lumpia Basah Khas Bogor. 

Semarang memang dikenal dengan julukan kota lumpia, akan tetapi, antara lumpia khas Semarang dengan Lumpia Khas Bogor perbedaannya adalah dari bahan yang digunakannya. Kalau Lumpia Semarang terbuat dari bahan Rebung, yakni tunas muda dari pohon bambu atau dari bagian dalam atas pohon kelapa. Sedangkan Lumpia Bogor terbuat dari Bengkoang. 

Untuk membawa pulang oleh-oleh ini, sahabat traveler dapat mencarinya di Jalan Siliwangi, Bogor  Jawa Barat, yakni Lumpia Khas Bogor.

Demikian jalan-jalan kuliner kita di Kota Hujan Bogor. Suka dengan artikel ini? Tolong di share ya., dan jangan lupa juga tinggalkan komentar dibawah..Happy Kuliner..
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature