Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

Wisata Alam Untuk Olahraga Ekstrim di Bogor

Tidak terasa, saya sudah menulis sepuluh artikel tentang pengalaman dan tips traveling saya disini.

Tetap semangat ya sobat asa, mengikuti dan membaca artikel saya tentang pengalaman-pengalaman wisata, informasi wisata dan kuliner serta tips-tips dari saya mengenai traveling diberbagai kota di Indonesia dan Dunia. 

Setelah puas Traveling Kuliner Menjelang Malam di Kota Hujan, Bogor Jawa Barat, saya akan melanjutkan pengalaman perjalanan wisata saya saat mengelilingi kota Bogor.

Kini saatnya saya mengajak kamu ketempat Wisata Alam Bogor, di Curug atau Air Terjun Kencana Putri dan Curug Ciampea, Bogor Jawa Barat

Wisata Alam Bogor ini bisa saya katakan adalah tempat wisata alam di bogor yang sangat cocok untuk olah raga ekstrim yang dapat memacu adrenalin kamu semua.

Selain olahraga ekstrim, kota yang terkenal dengan curah hujan yang cukup tinggi ini juga memiliki panorama alam yang masih sangat mempesona, yang akan membawa kita semua kedalam suasana khas wilayah tropis.

Wisata Alam Bogor, banyak di dominasi oleh Air Terjunnya atau dalam bahasa Sunda di sebut dengan Curug. Ada banyak Curug di Alam Bogor, dan semua curug tersebut merupakan tujuan Wisata Alam Bogor paling cocok buat kamu yang memang menyukai Wisata Alam Ekstrim yang memompa adrenalin.

Berikut ini beberapa tempat Wisata Alam Bogor, Curug atau air terjun untuk Wisata Alam Bogor, Petualangan Ekstrim.


Curug Kencana Putri

Kota ini juga dikenal dengan banyaknya "curug" atau air terjunnya yang mempunyai pesona yang luar biasa, karena itu saya akan mengajak kalian untuk mengunjungi curug/ air terjun yang ada di Kota Bogor Jawa Barat ini.



Salah satunya adalah Curug Kencana Putri yang berada di Desa Karang Tengah Babakan Madang, Sentul Bogor.

Tempat ini walaupun sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, akan tetapi kebersihannya masih sangat terjaga.

Karena itu, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit bagi mereka yang menyukai wisata alam sambil olah raga ekstrim.

Disini telah disediakan tempat bagi mereka yang ingin terjun dari ketinggian yang lumayan ekstrim dan memacu adrenalin kamu semua. 

Curug ini merupakan air terjun mini yang memiliki beberapa tingkatan atau leuwih yakni yang kedalaman airnya bervariasi.

Yakni Leuwih Panjang, Leuwih Demang, Leuwih Pariuk dan Leuwih Cibariung. 

Air terjun ini tidaklah tinggi, walaupun begitu, melihat airnya yang jernih dan bening bawaannya ingin langsung nyebur dan berenang guys.

Air nya bening banget, sampai-sampai dasar airnya kelihatan, pokoknya asyik banget, kalian mesti kunjungi tempat ini, saya jamin tidak akan nyesel deh.



Untuk kalian yang menyukai olah raga ekstrim dan ingin mencoba meloncat ke air dari tempat yang telah disediakan hati-hati ya, jangan sampai terpeleset.

Tempatnya lumayan tinggi, dan dinding tebing sekelilingnya itu batu, jangan sampai liburan kalian jadi malapetaka.

Selain itu karena tempat terjunnya lumayan tinggi, diwaktu terjun jangan sampai salah posisi jatuhnya ya, soalnya kalau salah bakal sakit banget.

Bagi kalian yang berasal dari Jakarta, Bogor merupakan salah satu tujuan yang patut anda kunjungi, selain tempatnya tidak terlalu jauh dan aksesnya yang mudah dicapai, kalian juga dapat terbebas dari kesibukan dan padatnya ibukota.


Air Terjun Ciampea

Perjalanan kita selanjutnya adalah menuju daerah Tenjolaya, tepatnya di Tapos 1 Tenjolaya Bogor, Jawa Barat yakni curug atau air terjun Ciampea.

Tempat-tempat Wisata di Ciampea Bogor ini, terutama kawasan air terjunnya ini belum banyak yang mengetahuinya, hingga untuk sampai kekawasan ini, saya harus berhenti beberapa kali untuk bertanya pada penduduk lokal setempat. 

Kamu jangan takut, dari dulu bangsa kita dikenal dengan bangsa yang ramah, jadi kamu akan mendapati keramahan dan sikap kekeluargaan yang masih sangat lekat disini.

Jadi, kalau kamu menemukan kendaraan yang melewati daerah ini, kamu bisa ikut nebeng. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika kamu menyewakan kendaraan yang dapat membawa kemanapun sobat ingin tuju.

Tapi, untuk menuju lokasi air terjun ciampea, kamu harus tracking atau jalan kaki kurang lebih selama 40 menit, jauh banget ya?

Capek pastinya, namanya juga wisata alam untuk olah raga ekstrim. Karena tempat ini memang belum banyak yang tau, dan masih merupakan objek wisata yang belum begitu di perhatikan oleh pemerintah setempat.

Tapi, sobat traveler walaupun kita berjalan kaki untuk sampai lokasi ini, jalan yang akan kita lalui adalah persawahan warga setempat.

Sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa mempesona.

Percaya deh, kita tidak akan merasa kecapean, karena ditemanin hijaunya persawahan yang dikelilingi hutan tropis yang indah mempesona.

Setelah melewati persawahan, selanjutnya kita akan menyusuri aliran sungai yang berbatuan besar. Sekali lagi sobat, saat menyusuri sungai dengan bebatuan besarnya ini, kita harus hati-hati agar kita tidak terpeleset. 

Nah, tempat Wisata di daerah Ciampea Bogor ini  sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa-jiwa petualang. Tempat wisata di Ciampea berupa Curug Ciampea atau Air Terjun Ciampea ini merupakan tempat Wisata Alam Bogor, yang belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia.

Bagi yang suka olahraga ekstrim, jangan lupa ya, untuk membawa peralatan Rapling, karena tempat ini cocok banget bagi kalian yang menyukai olahraga rappeling sekaligus mencintai wisata alam dan olah raga ekstrim.

Air terjun ini biasanya sering digunakan sebagai wahana Rappeling oleh komunitas-komunitas rappeling yang ada di kota Bogor.

Untuk Rappeling sendiri, ada 3 prinsip yang harus diketahui, yakni:

  1. Menggunakan tali karmantel/ rappel sebagai jalur lintasan dan tempat bergantung.
  2. Menggunakan gaya berat badan dan gaya tolak kaki pada tebing sebagai pendorong gerak turun.
  3. Menggunakan salah satu tangan untuk keseimbangan dan tangan lainnya untuk mengatur kecepatan.

Bagi kamu yang menyukai olahraga ekstrim semacam rappeling ini, akan mendapati sensasi yang sangat jauh berbeda yakni dengan menuruni tebing air terjun ini.

Sekian dulu ya, jalan-jalan ekstrim kita di kota hujan Bogor, Jawa Barat. Happy Traveling.