Destinasi Wisata Mistis Tentang Kisah Mistis Menyeramkan dari Dunia Mistis Indonesia

Destinasi Wisata Mistis Tentang Kisah Mistis Menyeramkan dari Dunia Mistis Indonesia

Baca juga:

Bali terkenal dengan keindahan wisata alam pantai dan budayanya, dimusim liburan pasti sangat ramai dan itu sudah biasa. Yogyakarta sebagai barometer kebudayaan jawa terkenal dengan wisata budayanya, terutama budaya jawa, dan itu juga masih biasa.

Wisata Mistis di Indonesia


Pulau Komodo sebagai cagar budaya alam yang terkenal dengan "Naga" nya yakni kadal raksasa "Komodo" nya, sedikit cukup menyeramkan, namun masih aman...masih kelihatan, dan masih bisa berpetualangan dengan nyaman dan aman. Dan itu juga tergolong masih biasa saja.

Atau menikmati beragam macam kuliner yang ada di negeri yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah ini, mulai dari Serambi Mekah sampai ke Marauke, itu juga tergolong biasa-biasa saja.

Wisata alam, wisata pantai, wisata budaya, eco-wisata, sudah mainstream, sudah biasa dilakukan para traveler.

Anda ingin merasakan sesuatu yang lain? Merasakan sesuatu yang berbeda? Merasakan sesuatu yang membangkitkan bulu kuduk? Sesuatu yang cukup membuat jantung berdegub kencang? Bahkan sesuatu yang mungkin sulit untuk anda lupakan?

Dan bisa jadi "sesuatu" itu akan terus "mengikuti" anda hingga anda kembali ke kota dan rumah anda...BERANI!!!

Jika anda punya NYALI, datangi tempat-tempat ini..Tempat tujuan Wisata MISTIS, yang memiliki banyak Kisah Mistis yang akan menguji keberanian anda, namun juga mengundang rasa penasaran.

Dunia Mistis Asa akan mengajak anda untuk mengenal lebih dekat, destinasi wisata mistis yang cukup menggetarkan jiwa anda.

Tempat angker yang ada di Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Bisa berupa komplek pemakaman, Goa, Rumah-rumah tua, Rumah sakit tua, hingga kampus dan sekolah yang mungkin saja merupakan tempat sekolah atau kuliah anda.

Semua dunia mistis itu memiliki beragam kisah mistis dari latar belakang yang berbeda dan tentu saja sangat menyeramkan.

Kisah Mistis dari Dunia Mistis Asa akan kita mulai dari Kota Jakarta, yang meskipun berstatus kota metropolitan, akan tetapi memiliki unsur mistis yang masih banyak menyelimuti beberapa tempat di Ibu Kota Indonesia ini.


Kisah Mistis dari Dunia Mistis Jakarta:


1. Mall Klender


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Walaupun tempat ini merupakan sebuah Mall, dan pusat perbelanjaan, namun terdapat suatu peristiwa yang cukup memilukan yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia.

15 Mei 1998, dimana saat krisis ekonomi menghantam perekonomian Indonesia yang ditandai dengan lengsernya Presiden Soeharto setelah 32 tahun berkuasa, yang juga menjadi tonggak sejarah berakhirnya Pemerintahan Orde Baru.

Sejarah kelam nan memilukan menimpa Indonesia, yang mana penjarahan, pembantaian, serta pemerkosaan terjadi di mana-mana.

Yogya Department Store di kawasan Klender menjadi salah satu bangunan target penjarahan, tempat ini dibakar para penjarah, dan yang membuatnya semakin pilu, didalam Mall masih terdapat sekitar 300 orang yang bersembunyi dari para penjarah yang membabi-buta.

Kebakaran ini menewaskan sekitar 300 orang, membuat Yogya Plaza pun di tutup untuk umum selama beberapa tahun.

Sebuah peristiwa yang dikenal dengan peristiwa Mei Kelabu, sebuah sejarah kelam bangsa Indonesia yang mengejutkan seluruh negeri, hingga dunia internasional.

Sekitar tahun 2000-an, dibuka kembali dan berganti nama menjadi Mall Klender.

Kisah mistis yang menyeramkan yang sering terdengar di tempat ini adalah terciumnya bau daging terbakar saat berada di dalam mall pada malam hari.

Kisah Mistis yang menyeramkan lainnya di Dunia Mistis Mall Klender yakni tentang kisah delapan hantu gentayangan di mall tersebut, dan salah satunya adalah penumpang bis misterius yang kerap kali menumpang bus di malam hari, lantas tak lama berselang setelah bis melaju ia lantas menghilang.

Ada juga kisah mistis tentang sebuah telepon umum yang ada sebelum bangunan yang dibakar tersebut, yang hingga saat ini dibiarkan dan tak diganti, karena konon katanya ada arwah yang mendiaminya, dan tidak ada yang berani mengambil resiko dengan membuangnya.

2. Lintasan KA Bintaro dan Stasiun Manggarai


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis

Masih tentang peristiwa naas dan kelabu yang menimpa bangsa Indonesia. Namun kali ini tentang kisah tabrakan maut antara dua kereta api yang terjadi pada Senin pagi, 19 Oktober 1987 di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Yang menjadi salah satu tragedi paling kelam dalam dunia perkereta apian Indonesia.

100 orang lebih tewas dan menjadi korban kecelakaan maut tersebut, bahkan ada beberapa dari mereka ditemukan terpental jauh dari lokasi tabrakan dikarenakan hebatnya benturan antara kedua kereta api.

Sedangkan korban lainnya hingga hampir tak berbentuk diakibatkan himpitan dari badan kereta. Kondisi dimana setiap orang yang menyaksikan kejadian tersebut benar-benar merasa dalam keadaan yang sangat mengerikan.

Dan saking hebatnya benturan serta mengerikannya tabrakan tersebut, mengharuskan tim evakuasi membutuhkan waktu hingga berhari-hari untuk mengevakuasi mayat korban.

Setelah kejadian tersebut, dilaporkan bahwa tingkat kecelakaan nya meningkat, terutama pada hari Senin, yang mana banyak pengemudi kendaraan mengaku tidak dapat mendengar sinyal kereta yang akan melintas. 

Dan tidak hanya itu saja, kisah mistis lainnya mengabarkan bahwa tidak sedikit dari pejalan kaku yang berjalan diatas rel tepat kearah kereta yang sedang melaju, dan menurut keyakinan masyarakt sekitar, perilaku aneh tersebut dikarenakan para korban dirasuki oleh Hantu Budek (Hantu Tuli).

Kecelakaan hebat yang terakhir terjadi di perlintasan kereta ini, terjadi dipenghujung tahun 2013, dimana sebuah truk tangki yang membawa bahan bakar minyak, dihajar oleh kereta api yang melintas, hingga mengakibatkan ledakan yang cukup besar dan menewaskan 7 orang.

Sehingga masyarakat sekitarpun menjuluki tragedi ini dengan Tragedi Bintaro 2.

3. Lubang Buaya


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Sebuah sejarah kelam yang lainnya yang menimpa bangsa Indonesia. Suatu peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal dengan Gerakan G30s/ PKI.

Dimana pada waktu subuh 30 September 1965, sejumlah jendral dan perwira tinggi angkatan darat Republik Indonesia diculik, disiksa dan di bantai dengan sadis, lalu dibuang kedalam sumur tua yang kemudian dikenal dengan Lubang Buaya.

Yang konon dikisahkan bahwa masih ada warga yang masih sering mendengarkan suara jeritan dan tangisan dari para korban pembantian oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) tersebut.

Dan untuk memperingati peristiwa kelam tersebut, sebuah monumen dibangun. Yang kemudian diikuti dengan, museum yang didirikan sebagai bahan edukasi bagi masyarakat atas peristiwa kelam tersebut.

Dilengkapi dengan diorama berisi patung-patung lilin yang menggambarkan bagaimana para jendral tersebut diciduk dan dibantai dengan sadis oleh Partai Komunis Indonesia yang dipimpin oleh Letkol Untung tersebut.

Sampai sekarang, tragedi tersebut masih menjadi kontroversi, kontroversi yang seharusnya tidak pernah terjadi. 

Namun kontroversi ini semakin berkembang seiring dengan lengsernya Presiden Soeharto yang menandai berakhirnya orde baru sampai kepada teori keterlibatan CIA. 

Yang mana merupakan suatu kontroversi yang sengaja diangkat untuk merusak pikiran dan keyakinan para putra-putri bangsa yang sekarang.

Kontroversi yang dinilai merupakan propaganda anggota atau keluarga anggota PKI yang ingin kembali membangkitkan PKI di negeri ini dalam bentuk dan corak yang berbeda.

Dunia Mistis Lubang Buaya yang kono hingga kini masih sering mengisahkan tentang kisah mistis terdengar suara-suara tangisan misterius dari arah sumur maut tersebut. Juga tentang suara-suara langkah kaki di lorong museum saat tengah malam.

Dan tahukah anda bahwa, pakaian-pakaian yang dikenakan para jendral saat dibunuh yang kemudian dipajang di museum ini pun masih berlumuran darah kering ASLI!

4. Terowongan Casablanca


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Kisah Mistis kali ini merupakan kisah mistis yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta. 

Karena selain karena terowongan ini dibangun diatas komplek pemakaman yakni Taman Pemakaman Menteng Pulo, juga karena terowongan ini pernah diabadikan lewat film oleh sineas Indonesia yang berjudul Terowongan Casablanca.

Diangkatnya Terowongan Casablanca kelayar lebar karena terowongan ini memang terkenal angker, selain karena banyak terjadi kecelakaan aneh yang terjadi, beberapa saksi mata mengatakan bahwa mereka sering melihat hantu perempuan yang tiba-tiba saja melintas di jalan yang membuat pengemudi yang melintas terowongan ini banting setir dan mengakibatkan kecelakaan.

Terowongan Casablanca terkenal akan kepadatan dan kemacetannya yang cukup parah, disaat pagi hari dan jam pulang kantor, karena terowongan ini merupakan jalur penghubung utama antara daerah Kampung Melayu dan pusat kota.

Karena kepadatan dan kemacetannya ini, banyak yang lupa bahwa terowongan ini menyimpan sebuah kisah angker yang menyeramkan.

Yang anehnya lagi, jalan yang terbentang sepanjang 8 kilometer ini bisa dibilang lurus-lurus saja, namun akan tetapi sering ada kecelakaan yang terjadi hampir setiap minggunya.

Pemindahan makam dan kerangka yang konon katanya dilakukan secara asal-asalan dikabarkan sebagai penyulut yang membuat para roh marah, yang salah satunya adalah seorang wanita berpakaian merah.

Dikabarkan bahwa pernah ada seorang kakek yang ditemukan tewas gantung diri dengan tali di lehernya tepat di ujung terowongan.

Karena itu, mitos yang berkembang mengatakan bahwa Anda diharuskan membunyikan klakson sebanyak tiga kali ketika hendak memasuki terowongan supaya tidak mengalami kejadian yang aneh-aneh yang dapat membuat anda celaka!

5. Rumah Pondok Indah


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis

Konon Kisah Mistis nya menceritakan bahwa sekitar tahun 1980-an sebuah rumah di Jalan Metro Jakarta yang ditempati oleh 7 orang warga asing, dirampok, dan semua penghuninya dibunuh, yang mana termasuk diantaranya anak-anak dan pembantunya.

Semenjak kejadian itu rumah tersebut kosong tidak berpenghuni dan menjadi angker menyeramkan. Konon katanya banyak warga yang melintas serta warga sekitar rumah sering melihat adanya penampakan-penampakan gaib.

Seperti halnya Terowongan Casablanca yang karena angker dan menyeramkannya ini terkenal hampir seantero Jakarta hingga akhirnya diangkat kelayar lebar beberapa tahun silam.

Akan tetapi, jika anda berniat untuk mengunjungi dan menguji nyali anda, sepertinya tidak akan dapat dilaksanakan, karena rumah ini telah dirobohkan.

6. Pemakaman Umum Jeruk Purut


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis

Seperti halnya Terowongan Casablanca dan Rumah Pondok Indah, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut pun sempat difilm-kan dan diangkat ke layar lebar karena saking terkenalnya dengan keangkeran dan menyeramkannya tempat ini.

Tempat pemakaman umum ini terletak di daerah Jeruk Purut, Jakarta Selatan. yang konon kisah mistisnya di pemakaman ini sering terjadi penampakan pastor tanpa kepala.

Pastor yang konon katanya memiliki tubuh yang besar dan mengenakan pakaian serba hitam, berkeliling dengan menuntun anjingnya dan menenteng kepalanya sendiri.

7. Jembatan Ancol


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis

Masih tentang kisah mistis yang diangkat ke layar lebar dan di film kan, Jembatan Ancol. Yang pada era 90-an terkenal dengan sinetron Si Manis Jembatan Ancol.

Sebenarnya kisah mistis Jembatan Ancol ini juga sudah pernah difilm-kan di era 80-an, karena kisah misteri Jembatan Ancol ini adala kisah mistis yang paling melegenda di Jakarta, dengan kisah mistis hantu Si Manis Jembatan Ancol.

Sebuah jembatan di atas kali Ancol, Jakarta Utara, dikisahkan pernah terjadi suatu peristiwa pemerkosaan dan pembunuhan terhadap seorang wanita cantik, dan semenjak kejadian itu, banyak warga di sekitar daerah tersebut yang melihat penampakan hantu wanita cantik ini di waktu malam hari.

8. Rumah Kentang


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis

Kisah tentang sebuah rumah dikawasan Prapanca, Jakarta Selatan. Dimana terdapat kisah mistis tentang bau kentang yang menyengat tajam, yang diakibatkan oleh seorang ibu yang lalai saat sedang merebus kentang di panci yang besar, yang mengakibatkan anaknya yang masih kecil ikut masuk kedalam panci dan meninggal terebus didalam panci rebusan kentang.

Karena kejadian itu, konon dunia mistis nya menceritakan bahwa di sekitar rumah sering tercium bau kentang yang secara misterius menyengat di waktu malam hari.

Kisah Mistis dari Dunia Mistis di Bangka Belitung:


Pulau Bangka adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Selain kisah perjuangan masyarakat Bangka melawan penjajahan, ada juga kisah tokoh-tokoh besar pejuang kemerdekaan Indonesia yang singgah atau di asingkan ke pulau timah ini.

Pada tahun 1949 setelah Agresi Militer Belanda, Soekarno, Hatta, serta para tokoh-tokoh lainnya ditawan Belanda dan diasingkan ke Muntok Kabupaten Bangka Barat dengan maksud supaya terisolir dari pergaulan dunia internasional, tepatnya di Pesanggrahan Menumbing Muntok.

Bangunan tua kokoh bercat putih, tampak asri dengan pepohonan di sekelilingnya, didalam ruangan pesanggrahan, terdapat ruang tamu, tepat di sebelah kanan, jejeran meja dan kursi berbahan kayu seperti tempat rapat masih tersusun rapi dan terawat.

Didalamnya terdapat sebuah mobil sedan kuno keluaran Ford De Luxe 8 berplat BN 10. Mobil warna hitam yang mesinnya hilang entah kemana itu, dipajang tepat di depan sebuah kamar yang pernah ditempati oleh sang Proklamator RI.

Dibalik kisah sejarahnya ini, ada kisah mistis yang menarik serta unik yang terdapat di Pesanggrahan Manumbing Muntok ini, yakni:

1. Bungker Rahasia


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Kisah Mistis mengenai bunker di kamar Pesanggrahan Menumbing Muntok ini konon memiliki akses menuju bawah bangunan, ke arah laut.

Menariknya lagi misteri yang menjadi kisah mistis disini berkembang bahwa tidak sembarang orang dapat melewati bunker yang diperkirakan sepanjang puluhan meter itu.

Yang konon katanya lagi, baru berjalan beberapa meter saja maka akan terlihat gelap, hanya orang yang hatinya tulus dan baik yang bisa masuk.

Tongkat kayu milik soekarno yang diwariskan kepada kakek sang penjaga pesanggrahan, namun dikabarkan sudah patah, ada juga uang 1.000 rupiah bergambar Soekarno.

2. Dua Ular Mistis Pesanggrahan Menumbing Muntok


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis 

Ada juga Kisah Mistis mengenai dua ular yang mendiami pohon cemara di depan pintu masuk Pesanggrahan Menumbing.

Ular sepanjang kurang dari satu meter dan hanya selebar ibu jari kaki orang dewasa itu bercorak hijau, hitam, dan kuning. Ular ini sepasang yang selalu bersama-sama, dan seakan-akan tidak terganggu dengan ramainya pengunjung yang datang ke pesanggrahan ini.

Ular ini pasti ada disekitar pintu masuk pesanggrahan, terkadang di pohon cemara yang berada tepat di pintu masuk pesanggrahan sebelah kiri, kadang disebelah kanan, terkadang di atas pintu masuknya, kadang pula di bagian atas teras pintu masuk pesanggrahan.

Dua pohon cemara disebalah kiri dan kanan pintu masuk pesanggrahan ini ditanam didalam pot, yang sudah beberapa kali diganti pohonnya, akan tetapi sepasang ular yang selalu ada dipohon ini masih tetap ular yang sama.

Unikny lagi, sepasang ular ini hanya berdiam diri disana tanpa pernah mengganggu pengunjung yang datang.

3. Jumlah Kamar


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Pesanggrahan Menumbing Muntok ini memiliki sekitar 30 kamar, salah satu kamar tersebut adalah kamar Sang Proklamator Soekarno. 

Kamar ini dikeramatkan hingga tidak sembarangan orang tinggal dikamar ini, namun anda bisa masuk kekamar Soekarno dan melihat berbagai informasi terkait dengan pergerakan kemerdekaan dan aktivitas Soekarno selama masa pengasingan di Muntok, Bangka Barat.

4. Bekas Peristirahatan Pertambangan Timah


Pulau Bangka terkenal timahnya, Pesanggrahan Menumbing Muntok dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda sebagai tempat peristirahatan perusahaan pertambangan timah.

Kini, bangunan tersebut menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa ini

Kisah Mistis dari Dunia Mistis di Bogor:


1. Gunung Salak


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis

Gunung Salak hingga saat ini adalah tempat yang telah menelan korban jiwa paling banyak hingga saat ini, yang mana termasuk didalamnya adalah tujuh kecelakaan pesawat yang secara misterius terjadi ditempat ini.

Gunung Salak tidaklah setinggi gunung-gunung lainnya di pulau Jawa, namun demikian untuk menaklukkan gunung ini bukanlah perkara gampang, bahkan untuk seorang pendaki proffessional sekalipun.

Gunung Salak memiliki jalur yang berbahaya, yang mana terdapat danau dan gas beracun yang kerap memakan banyak korban jiwa setiap tahunnya.

Pendaki yang berhasil dan selamat menceritakan kisah mistis dan pengalaman ngeri yang mereka alami yakni berjalan melingkar secara terus menerus tiada henti selama berjam-jam tanpa tentu arah di tengah hutan lebat.

Pesawat Superjet Rusia yang sedang melaksanakan uji coba mendadak hilang kontak karena menabrak tebing hingga hancur berkeping-keping, yang mengakibatkan semua penumpang tewas mengenaskan, tanpa ada satupun yang selamat merupakan peristiwa kecelakaan terakhir yang terjadi di Gunung Salak ini, yakni pada tanggal 9 Mei 2012.

Dan yang lebih anehnya lagi, dikisahkan bahwa semua anggota tim penyelamat yang mencari bangkai pesawat mengaku bermimpi yang sama, yakni mimpi didatangi seorang wanita misterius yang menuntun mereka ke sebuah rumah yang dihuni wanita-wanita cantik.

Dan pada saat ekspedisi pencarian bangkai pesawat ini, konon katanya, para tim penyelamat mendengar suara tangisan seorang wanita yang meminta tolong.

Akan tetapi setelah mencari kesumber suara, mereka tidak menemukan siapapun juga, dan yang lebih menyeramkannya lagi, suara tersebut langsung datang dari lokasi ditemukan pesawat yang kecelakaan tersebut.

2. Kebun Raya Bogor


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Bogor selain terkenal dengan sebutan kota hujan juga terkenal dengan Kebun Raya Bogor nya yang teduh, rimbun dan asri.

Namun, karena rimbun, teduh karena pepohonan nya ini juga banyak menyimpan unsur mistis.

Salah satu tempat yang cukup angker dan menyeramkan adalah komplek Makam Ratu Galuh. Yang konon kisah mistis nya bawa di tempat tersebut sering ada penampakan Ratu Galuh yang memakai kebaya.

Selain itu, dikabarkan juga sering muncul pula dua ekor harimau putih milik Prabu Siliwangi.

Kisah Mistis dari Dunia Mistis di Bandung:


1. Kampus ITB


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Bandung yang terkenal dengan wisata belanja nya dan juga terkenal dengan sebutan Paris Van Java ini adalah gudangnya destinasi wisata mistis.

Banyak kisah mistis dan tempat angker serta menyeramkan tersebar di seantero kota yang juga merupakan kota barometer busana di Indonesia.

Salah satunya adalah komplek Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perguruan Tinggi Negeri yang cukup terkenal dan bergengsi di Indonesia bahkan Asia dan Dunia ini sudah berdiri sejak jaman penjajahan kolonial belanda ini memang terkenal banyak memiliki kisah mistis.

Penampakan-penampakan di lokasi-lokasi tertentu seperti di Lab Mesin, Aula Barat, PAU, Lapangan, Sipil, dan lainnya sering terjadi dan disaksikan oleh banyak saksi mata dari kalangan mahasiswa ITB sendiri.

Jenis penampakan mistis nya pun beraneka ragam, ada penampakan sosok hantu yang menyerupai teman saksi mata dari mahasiswa tersebut, ada juga penampakan sosok hantu muka rata, serta masih banyak lagi kisah mistis penampakan lainnya.

Selain di komplek kampusnya, wilayah sekitar ITB juga terkenal dengan kisah mistis menyeramkan lainnya. Seperti di jalan Tamansari, di jalan Dayang Sumbi yang rimbun dengan pepohonan dan dianggap menjadi tempat tinggalnya para makhluk gaib.

Pernah juga terjadi pada teman saya (penulis), dimana kala itu saya masih kuliah dan sedang main ke kostan teman, karena sudah malam saya bersama teman yang lain pulan melewati jalan tamansari di kampus ITB tersebut menuju kostan saya yang berada di daerah simpang dago.

Karena saat itu akhir bulan dan belum mendapatkan kiriman uang saku dari orang tua di daerah, kami yang saat itu berlima pulang jalan kaki.

Yang secara tiba-tiba salah satu teman saya lari ketakutan, kita yang lain yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi ikut berlari, sampai tiba di kostan. 

Hingga akhirnnya dikostan teman yang melihat penampakan tadi bercerita bahwa dia telah melihat sebuah kereta kencana yang berjalan dan kemudian tiba-tiba terbang dan menghilang.

Selang beberapa jam kemudian teman saya tadi kerasukan dan akhirnya kami harus memanggil guru agama yang rumahnya tidak jauh dari kostan kami untuk mengobati teman kami yang kerasukan tadi.

2. Rumah Ambulans


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis 

Di Jalan Bahureksa terdapat sebuah rumah yang didalamnya ada sebuah ambulan tua yang ditutupi terpal.

Konon kisah mistis dari ambulans tersebut adalah ambulan itu tidak dapat dipindahkan dan sering menyala sendiri di malam hari.

Yang kononnya lagi, Ambulans itu katanya pernah membawa jenazah sang pemilik rumah yang meninggal akibat kecelakaan.

Namun bukannya kembali ke rumah sakit, ambulans tersebut justru malah kembali lagi ke rumah tersebut.

3. SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung cukup terkenal dan bergengsi di Bandung, yang juga merupakan salah satu SMA favorit di Kota Bandung.

Namun demikian selain terkenal dengan bergengsi dan menjadi SMA favorit, komplek sekolah SMAN 3 dan 5 juga terkenal dengan kisah mistis dan keangkerannya. 

Bangunan sekolah yang berdesain khas Belanda tersebut konon katanya sering muncul penampakan sosok perempuan Belanda yang bernama Nancy.

Sosok noni Belanda tersebut santer terdengar dan terlihat dilantai atas komplek sekolah tersebut.

4. Goa Belanda dan Goa Jepang


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Image: hayyuretno.wordpress.com Kawasan Taman Hutan Raya Dago Pakar Jalan Ir. H. Juanda, terdapat dua buah goa peninggalan Belanda dan Jepang. Goa yang terdapat di dalam hutan tersebut merupakan bekas tahanan dan tempat penyiksaan para romusha yang tidak patuh pada penjajah.

Konon katanya hingga kini masih sering terdengar suara jeritan kesakitan dan tangisan di dalam goa.
Dan terdapat satu pantangan di saat berada didalam goa, yakni para pengunjung dilarang untuk mengucapkan kata “lada” karena konon katanya akan menyinggung para penghuni goa tersebut.

Jika mengucapkan kata tersebut, maka konon katanya orang tersebut akan langsung kesurupan. Ingin mencoba?

5. Jalan Siliwangi


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Jalan Siliwangi yang tidak jauh dari komplek kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), terdapat sebuah kisah mistis yang sangat melegenda.

Diceritakan bahwa pada tahun 1980-an di jalan tersebut telah terjadi sebuah kecelakaan yakni sebuah mobil menabrak seorang anak kecil hingga meninggal dunia.

Dan dikabarkan bahwa Anak kecil tersebut sering menampakan diri nya sambil mencari bonekanya yang hilang ketika terjadi tabrakan tersebut.

6. Rumah Gurita, Bandung


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Pada tahun 2013, sebuah stasiun televisi swasta nasional membongkar rumor yang beredar tentang ‘Gereja Setan’ di Bandung.

Sebelumnya, sebuah patung gurita raksasa yang ada di puncak rumah mewah tersebut telah menimbulkan banyak spekulasi dikalangan masyarakat sekitar.

Dari hasil penyelidikan sekelompok jurnalis tersebut diketahui bahwa ‘rumah gurita’ tersebut dikelilingi oleh beberapa bangunaan rumah lain, dan satu-satunya akses menuju ke sana adalah melewati Rumah Nomor 6. Penyelidikan pun diakhiri dengan perseteruan hebat antara para jurnalis dengan sang pengurus rumah.

Kisah mistis nya dimulai dimana seseorang yang mengaku mantan anggota jemaat ‘gereja setan’ melapor kepada pihak berwajib yang mengatakan bahwa rumah tersebut menjadi sebuah lokasi pemujaan dan tempat ritual seks.

Namun sampai sekarang belum ada bukti-bukti nyata yang mendukung pernyataan tersebut.

Frans Halimawan sebagai pemilik rumah akhirnya muncul televisi, dan saat diwawancarai terlihat jelas kekesalannya atas tuduhan tersebut.

Ia menjelaskan, bangunan rumah di komplek perumahannya tersebut sengaja dibangun untuk demikian rupa sebagai perlambang perjalanan hidupnya, pergulatan hidup dan keyakinannya.

Tak heran jika ia emosi dengan segala tuduhan tersebut.

Kisah Mistis dari Dunia Mistis Kota Lain di Indonesia:


1. Taman Nasional Baluran (Afrika Van Java).


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Sebuha kisah yang akan membuatmu bergidik setelah mengetahui kisah mistis dibalik pesona alamnya yang mempesona.

Taman Nasional Baluran adalah area yang mungkin akan anda lewati jika anda pergi berlibur Jawa-Bali melalui jalur darat.

Pintu masuknya ada di wilayah Banyuwangi, dimana kamu akan menikmati keindahan hamparan savana yang akan segera menghipnotismu.

Walaupun begitu, kamu tidak dapat sembarang berprilaku dan berucap di wilayah ini, hal ini bahkan disampaikan dalam katalog wisata yang dibagikan kepada para pengunjung tempat ini.

Dikisahkan bahwa konon katanya ada traveler yang melintasi daerah ini pada waktu malam hari, ditengah perjalanan yang ada pepohonannya, motor yang mereka gunakan mogok, dan disaat itulah, mereka menyaksikan “penampakan”.

Akan tetapi mereka terus mendorong motor dan mengabaikan penampakan tersebut, hingga akhirnya penampakan tersebut tidak mengganggu mereka.

Area Baluran ini juga sering terjadi kecelakaan sehingga menuntut kewaspadaan ekstra dari para pengendara yang akan melintas daerah ini.

2. Taman Nasional Alas Purwo.


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Taman Nasional Alas Purwo terkenal dengan pantainya yang cantik nan mempesona. Namun dibalik kecantikan dan ketenaran pantainya ditempat ini juga konon katanya terdapat sebuah kisah mistis tentang Istana Jin.

Pantai Plengkung dan Pantai Grajagan yang terkenal dengan tempat berselancarnya, namun dulu Alas Purwo adalah hutan lebat.

Tempat ini diyakini sebagai pintu masuk menuju tempat Ghatering para Jin di Istana JIN.

Banyak sekali kisah seram tentang penampakan di sini. Bahkan, ada yang dikabarkan hilang setelah memasuki area ini.

3. Gunung Merapi


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Siapa yang tidak kenal dengan gunung Merapi, gunung yang mengangkat nama Mbah Marijan ini memang cukup dikenal dikalangan masyarakat Indonesia.

Gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini dianggap sebagai Ibu Kota nya kerajaan jin di pulau Jawa.

Salah satu yang paling terkenal adalah adanya pasar Bubrah alias Pasar Setan. Konon di lokasi tersebut sering terdengar suara riuh layaknya pasar meskipun tidak ada seorang manusia pun di sana.

Gunung ini dikenal dunia karena aktifitas vulkanisnya, karena aktifitas vulkanias nya ini, gunung ini juga dikenal dengan kisah mistis nya.

Salah satu yang paling terkenal adalah adanya pasar Bubrah alias Pasar Setan. Kisah Mistis nya di lokasi tersebut sering terdengar suara riuh layaknya pasar meskipun tidak ada seorang manusia pun di sana.

Di kalangan para pendaki, Pasar Bubrah adalah lokasi tepat untuk berkemah dan menemukan keramaian pasar. Namun jika dipikirkan lagi, sangat aneh rasanya diarea yang berada pada ketinggian dan jauh dari pemukiman, terdapat sebuah pasar yang lumayan cukup ramai.

Yang kisah mistis nya menceritakan bahwa pernah ada seorang pendaki membeli pisang, namun keesokan harinya, pasar tersebut lenyap, dan kisah mistis lainnya adalah terdengar suara gamelan di area yang sama.

4. Desa Wisata Pentingsari


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Berlokasi tidak jauh dari Gunung Merapi, memiliki keindahan alam yang elok, tiap situsnya mempunyai sejarah dan kisah mistis yang sayang untuk dilewatkan.

Situs-situs tersebut adalah:
  • Pancuran Suci Sendangsari,
  • Luweng,
  • Rumah Joglo,
  • Wisata Alam,
  • Batu Dakon,
  • Batu Persembahan,
  • Watu Gandul
  • Ponteng,
  • jalur tracking.
Di antara banyaknya situs yang ada di Desa Wisata Pentingsari, situs Watu Gandul yakni batu cadas menggantung di tebing merupakan salah satu situs yang memiliki kisah mistis.

Tetua dusun sering kali melihat “penampakan” laki-laki bercelana pendek dan bersapu tangan hijau. Sedangkan Pancuran Sendangsari jika dilihat mata batin, merupakan kraton dengan pintu masuk yang dijaga prajurit. Konon katanya.

5. Gunung Ciremai, Cirebon


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Gunung yang cukup terkenal di Jawa Barat ini cukup menantang dan sering menjadi tempat pendakian para pendaki gunung dan pecinta alam.

Mempunyai ketinggian 3.078 MDPAL, gunung ini sangat menantang bagi pecinta alam dan wisatawan. Terdapat beberapa pos pemberhentian, yang setiap pos nya mempunyai kisah mistis nya masing-masing.

Pos pertama dikisahkan merupakan kuburan kuda tentara Jepang saat penjajahan. Banyak pendaki mendengar ringkikan kuda di malam hari tanpa melihat wujudnya.

6. Lawang Sewu, Semarang


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Anda belum ke Semarang jika anda belum mengunjungi Lawang Sewu.

Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno yang berdiri sejak tahun 1904, yang mana kemudian pernah menjadi markas bagi para tentara Jepang. 

Pada masa penjajahan tersebut, bagian bunkernya dijadikan sebagai tempat tahanan yang mana sering disiksa dan pembunuhan orang Belanda.

Karena itu, di tempat ini dikabarkan sering terjadi penampakan hantu tentara dan noni Belanda.

Jika ingin menguji nyali anda, baiknya anda merasakan sensasi “menonton” noni Belanda!

Lokasi ini pernah dijadikan salah satu lokasi uji nyali oleh salah satu stasion televisi swasta nasional.

Bangunan dari jaman Belanda ini diyakini sebagai tempat yang angker dan menyeramkan.

Mulai dari kisah mistis noni Belanda hingga kisah mistis kuntilanak, bersemayam di sini.

Berani uji nyali disini? Silahkan berkeliling dibagian bawah tanah yang konon katanya terdapat suatu bagian di mana pemandu meminta mengheningkan cipta tanpa penerangan. 

Di saat inilah, hantu noni Belanda sering menampakkan diri.

7. Komplek SMA Tugu Malang


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Komplek SMA Tugu terletak tepat di depan Tugu Malang. Komplek sekolah ini konon katanya sering terdengar suara derap kaki para tentara yang sedang berbaris. 

Dan lagi dikisahkan bahwa dilantai sekolah terdapat bercak merah kecoklatan seperti darah yang tidak bisa dihilangkan.

Hal tersebut terjadi karena tempat angker di Malang ini pernah dijadikan tempat penyiksaan pada jaman penjajahan Jepang.

8. Kilang Minyak Pertamina Balikpapan


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Kisah mistis dan angker serta menyeramkan memang selalu identik dengan bangunan tua, namun di Balikpapan ini sedikit mengabaikan tentang hal itu, karena bangunan Modern Kilang Minyak Pertamina Balikpapan ini juga memiliki kisah mistis yang tidak kalah menyeramkannya.

Kisah mistisnya diceritakan bahwa di tempat ini sering terjadi penampakan sosok wanita berambut panjang dan juga hantu pekerja tanpa kepala.

Banyak yang mengatakan jika hantu tersebut adalah arwah gentayangan dari pekerja yang tewas ketika sedang bertugas.

9. Pantai Kenjeran Surabaya


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Arek-arek Suroboyo mengenal Pantai Kenjeran ini adalah merupakan salah satu tempat paling angker di Surabaya. Yang Konon katanya pada tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan sering terjadi kecelakaan yang banyak menelan korban jiwa.

Selain itu kawasan pantai tersebut juga dianggap sebagai pusatnya kerajaan ular.

10. Balai Yasa Pengok, Yogyakarta


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Sebuah bengkel kereta api disalah satu sudut kota Yogyakarta yang disebut dengan Balai Yasa Pengok ini banyak tersimpan gerbong-gerbong lokomotif yang sedang diperbaiki atau sudah tidak terpakai.

Bahkan, katanya lagi ada generator gerbong kereta api yang mengalami kecelakaan di Bintaro pada tahun 1988 disimpan di tempat ini.

Bagi masyarakat Kota Yogyakarta dan sekitarnya, Kisah Mistis Balai Yasa Pengok mungkin sudah tidak asing lagi, karena kisah mistis yang paling terkenal di sini adalah gerbong kereta api yang dapat berjalan sendiri.

Apalagi tempat ini merupakan bangunan tua yang telah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda yang semakin menambah kesan angker dan menyeramkannya.

Menurut beberapa pengakuan warga sekitar sering ada penampakan hantu Genderuwo dan Kuntilanak di pohon-pohon besar yang ada di sekitar tempat ini.

11. Tol Cipularang


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis 

Kisah mistis di jalan tol sudah biasa kita dengar, namun Cerita Mistis di Jalan Tol Cipularang ini adalah masterpiece nya cerita mistis nan angker di jalan tol.

Jalan tol penghubung Kota Jakarta dan Bandung ini melintasi Gunung Hejo yang menurut orang-orang pintar adalah tempat di mana berdirinya sebuah kerajaan gaib. Berbagai tragedi yang menyebabkan kecelakaan biasanya terjadi pada KM 60 – 100.

Kisah mistis di jalan tol ini adalah keberadaan sebuah mobil misterius yang mengikuti kendaraan kita di malam hari.

Mobil ini akan memberikan sorotan lampu berulang kali sehingga membuat pengendara terganggu, yang menyebabkan pengendara jadi tidak berkonsentrasi sehingga dapat menabrak kendaraan lain dan menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, ada juga kisah mistis tentang suami istri yang menghentikan kendaraan di tepi jalan tol karena anaknya hendak buang air kecil.

Setelah sang anak selesai buang air kecil, pasangan suami isteri tersebut melanjutkan perjalanan kembali kearah bandung, namun selama perjalanan sang anak terlihat murung dan diam saja.

Pada saat hendak pulang ke Jakarta, si anak kembali meminta untuk berhenti di pinggir jalan karena ingin buang air kecil, akan tetapi tiba-tiba anak tersebut menghilang yang meski ditunggu selama berjam-jam anak tersebut tidak kembali.

Pasangan suami isteri tersebut kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada petugas patroli jalan tol, dan betapa kagetnya mereka ketika mengetahui bahwa anaknya telah berada di pos jaga jalan tol selama dua hari.

Sang anak pun menceritakan bahwa orang tuanya meninggalkannya ketika dia buang air kecil ketika menuju bandung.

Sedangkan bagi pasangan suami isteri tersebut, anaknya telah bersama mereka selama dua hari itu, jadi siapakah yang bersama mereka menuju bandung dan dibandung tersebut?

12. Pelabuhan Ratu, Sukabumi


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Membutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan jika ditempuh dari Jakarta menuju tempat ini dikawasan Sukabumi bagian selatan.

Pantai Pelabuhan Ratu dengan pasir putihnya serta ombak besarnya yang menantang merupakan daya tarik tersendiri bagi para peselancar (surfer).

Terdapat sebuah kisah legenda dimana terjadi kecemburuan pada keluarga Kerajaan Mataram diabad ke-16 yang telah memakan korban seorang ratu. Ratu yang mengorbankan dirinya ke laut lepas.

Yang mana hingga kini Legenda tragis tersebut masih hidup ditengah-tengah masyarakat.

Tapi Anda jangan sampai terlena oleh keindahan lautnya, karena tak sedikit wisatawan yang kehilangan nyawanya ditelan ombak ketika liburan di sini.

Konon katanya sebagian besar korban adalah dari kalangan laki-laki, yang kabarnya mereka semua mengenakan pakaian terdapat unsur warna hijau ketika sedang berenang.

Kisah mistinya Sang Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul marah dan murka dan menarik mereka ke dasar lautan karena mengenakan warna kesukaannya.

Jika anda cukup bernyali dan ingin “berkencan” dengan Ratu Pantai Selatan kenakan pakaian berwarna hijau saat berenang dipantai ini. Berani?

13. Desa Trunyan, Bali


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Desa Trunyan bukanlah suatu tujuan wisata untuk anda yang tidak bernyali, walaupun terletak di Bali, tujuan wisata paling populer didunia, desa ini terkenal dengan sebutan Desa Kematian.

Terletak di tepi Danau Batur, di daerah Kintamani, warga di desa ini memiliki tradisi yang berbeda dengan masyarakat Bali pada umumnya. Di sini, jenazah orang yang meninggal tidak dikremasi maupun dikubur.

Melainkan dibiarkan membusuk di dalam ‘kandang’ bambu yang didirikan di sekitar pohon Trunyan. Aroma wangi yang dikeluarkan dari pohon ini secara alami menutupi aroma busuk dari jenazah-jenazah tersebut.

Begitu mayat sudah terurai, sisa-sisa tengkorak dan tulang belulangnya kemudian ditata dengan rapi di bagian bawah pura.

Sayangnya area ini sekarang tidak terbuka untuk umum.

14. Bedugul Taman Rekreasi Hotel, Bali


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Tempat ini berjuluk "Hotel Istana Berhantu" yang didirikan oleh Tommy Soeharto dan karena persaingan bisnis jadi terbengkalai, yang terletak didataran tinggi Bali arah Danau Bedugul, sebuah tempat yang memiliki suasana mistis yang sangat kental, dengan kisah mistis angker yang telah berusia lebih dari dua dekade, dan hingga saat ini masih membuat bulu kuduk berdiri.

Kalau Anda merasa cukup berani untuk mengeksplorasi tempat ini, bersiaplah untuk bertemu dengan arwah gentayangan, baik dari para pekerja yang tewas saat konstruksi maupun pesaing bisnis yang tewas mengenaskan.


15. Tana Toraja, Sulawesi Selatan


Destinasi Wisata Mistis, Kisah Mistis Menyeramkan Dunia Mistis  

Anda penggemar film bergender horor mayat hidup (Zombie)?

Kisah Mistis kali ini mengangkat kisah Tana Toraja yang mana mayat hidup benar-benar ada dan menjadi bagian dari ritual upacara adat.

Bagi masyarakat Toraja, kematian bukanlah suatu hal yang menakutkan, bahkan mereka merayakannya dengan mengadakan prosesi pemakaman secara besar-besaran dan megah, yang juga merupakan salah satu budaya ritual pemakaman tertua di dunia.

Untuk merayakan ritual pemakaman ini, masyarakat Toraja bahkan sampai rela menabung selama bertahun-tahun agar bisa merayakan kematian kerabat mereka. 

Dan yang lebih menariknya lagi selama bertahun-tahun pula mayat kerabat yang meninggal tersebut disimpan didalam rumah dan diperlakukan layaknya orang yang masih hidup, diberi makan minum, dimandikan bahkan terkadang dibawa berjalan-jalan keluar.

Perayaan kematian yang mengorbankan berpuluh ekor kerbau dan babi tersebut dilaksanakan sampai sebelas hari, yang mana lagi menurut kepercayaan masyarakat Torajam seseorang baru benar-benar dianggap meninggal jika upacara ada telah dilakukan.

Yang kemudian, jenazah tersebut diarak secara beramai-ramai untuk dibawa menuju bukit batu, yang mana peti mati mereka telah dipersiapkan.

Jika yang meninggal adalah anak kecil atau bayi yang belum tumbuh gigi, maka akan dimakamkan dilubang-lubang khusus yang dipahat dibatang pohon.

Tradisi yang lainnya dari masyarakat Toraja adalah Upacara Ma'Nene, yakni ucapara tahunan memandikan dan menggantikan pakaian sang mayat oleh anggota keluarga yang masih hidup.

Tapi tunggu dulu, tidak hanya sampai disitu, jenazah atau mayat kemudian dibawa ketempat dimana mereka meninggal lalu dibiarkan kembali ke bukit.

Masyarakat Toraja juga membuat patung-patung yang menyerupai sang mayit, lengkap dengan pakaian dan perhiasannya yang diletakkan dilubang-lubang bukit, karena menurut kepercayaan masyarakat Toraja, patung-patung tersebut akan diisi oleh roh-roh mereka yang telah meninggal agar tetap bisa menjaga keluarganya yang masih hidup.

Dapat anda bayangkan betapa kuat aroma mistis di Tana Toraja ini, jika anda bernyali dan ingin melihat bagaimana prosesi ini dilaksanakan, anda dapat langsung ke Tana Toraja.
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments