Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

PENTING! 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Traveling

Traveling zaman now sudah sangat jauh berbeda dari beberapa tahun silam. Arus informasi, modernisasi dan globalisasi berkembang dengan sangat pesat dan cepat. Sehingga tidak ada lagi batas antara daerah yang satu dengan yang lainnya, negara yang satu dengan negara yang lainnya.

Semua informasi berada ditangan kita, dalam gengaman kita. Teknologi Informasi telah membuat semua yang tidak mungkin menjadi mungkin terjadi. Sehingga tidak ada tempat yang tidak kita ketahui, walaupun kita belum pernah menyambanginya.

Zaman now segala sesuatu berjalan dengan sangat cepat, kesibukan dan hiruk pikuk pekerjaan yang kita hadapi membuat hidup serasa dalam tekanan. Karena itu, liburan dan wisata sangat diperlukan. Dizaman sekarang ini, gaya hidup sebagian besar orangpun berubah. Zaman old, orang lebih banyak menghabiskan uangnya dalam bentuk barang, atau membeli sesuatu barang, namun dizaman now, orang lebih banyak menghabiskan uangnya untuk berlibur atau berwisata.

Baca: Tambling Wild Nature Conservation (TWNC) - Hutan Ujung Selatan Sumatera

Semua karena faktor modernisasi dan globalisasi yang berjalan dengan sangat cepat, sehingga pekerjaanpun harus menyesuaikan keadaan zaman, karena itu kelelahan pikiran dan badanpun lebih besar dialami oleh sebagian besar orang zaman now. Hanya dengan berlibur dan berwisatalah kelelahan badan dan pikiran bisa kembali fresh.

Untuk itu, ketika kita memutuskan untuk berlibur dan traveling dalam rangka memanjakan diri dan menghibur diri sendiri, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, baik itu sebelum, saat ataupun setelah bepergian atau traveling.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Liburan!

1. Packing Seperlunya

Pertama-tama yang kita lakukan sebelum kita bepergian untuk liburan adalah packing atau membawa perlengkapan liburan. Jangan membawa terlalu banyak barang, ingat disini kita akan pergi liburan, bukan pindahan. Karena jika kita membawa banyak barang, yang tadinya kita berniat untuk bergi bertamasya atau berlibur memanjakan diri, malah nantinya bakal menyusahkan kita. So packing seperlunya, sesuaikan dengan tempat tujuan liburan anda. Jika sekiranya kita akan berlibur ke daerah tropis berpantai, packing baju yang memang dikhususkan untuk wisata pantai. Sebaliknya jika kita berlibur kedaerah pegunungan, maka packing baju yang memang untuk daerah pegunungan, jangan sebaliknya.

2. Kenali dan Pelajari Tempat Tujuan Liburan Anda

Hal ini jelas sangat wajib untuk dilakukan, jangan sampai kita salah pilih dan jadinya nanti salah kostum. Kita packing peralatan dan perlengkapan untuk liburan dipantai, eh taunya kita liburan ke daerah pegunungan. Jadi hal kedua ini yakni mengenali dan mempelajari tempat tujuan wisata kita adalah jelas wajib dilakukan sebelum kita berangkat liburan.

Selain itu, kita juga bisa mengetahui kegiatan-kegiatan liburan apa saja yang dapat kita lakukan ditempat tujuan wisata kita, misalnya pertunjukan kesenian dan kebudayaan, festival-festival, dan lain sebagainya.

Untuk hal kedua ini, kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi di smartphone baik itu di Appstore Apple atau di Playstore Android, seperti Google Trip, dan lain sebagainya.

3. Jangan Mengandalkan ATM

Ingat, tidak semua tujuan wisata terdapat mesin ATM. Jadi jangan terlalu mengandalkan ATM, namun demikian jangan juga terlalu banyak membawa uang tunai. Lah, kalo tidak dengan ATM dan uang cash, apa dong?

Sekarang ini, di zaman now ini, hampir semua daerah tujuan wisata telah mempunyai jaringan internet, jadi akan lebih baik menggunakan internet banking, sms banking atau Mobile Banking. Kita dapat bertransaksi dengan menggunakan mobil banking, bahkan kita dapat melakukan tarik tunai dengan menggunakan mobile banking, seperti halnya milik M-Banking BCA.

Namun demikian, bukan berarti kita tidak membawa uang tunia, karena suatu hal yang mustahil bepergian atau traveling kesuatu tempat wisata tanpa uang cash dikantong atau dompet. Akan tetapi kita bisa membawa uang cash secukup dan seperlunya saja, selain menghindari kita dari kerugian akibat suatu tindakan kejahatan, juga akan membuat rasa aman selama kita berlibur.

4. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Sadarilah, kita hidup dizaman modern, hidup dizaman yang mempunyai peradaban tinggi. Kelas nya sudah berbeda, kita tidak lagi tinggal dizaman batu, bisa membuat bekas dan sisa makanan kita seenak udel kita. Di zaman sekarang, orang-orangnya lebih kritis, lebih peduli dengan lingkungan. Tentu anda tidak mau berurusan dengan pihak berwajib hanya karena membuang sampah semebarang bukan?

Semua tujuan wisata, apalagi tujuan wisata yang telah banyak dikenal, populer dan terfavorit dikalangan traveler dan backpacker, telah banyak tersedia tempat sampah, yang bahkan terdiri dari berbagai jenis macam sampah yang telah dikhususkan. Jadi, buatlah diri anda menjadi orang yang beradab, menjadi bagian dari masyarakat yang beradab, mari sama-sama kita jaga kebersihan bumi ini, oke!

5. Stop Vandalisme

Vandalisme ini biasanya banyak dilakukan oleh para ABG atau Kids Zaman Now. Mereka ini biasanya traveler dadakan, atau yang sok-sok an menjadi backpacker. Mereka ini seperti orang sakit jiwa, narsisme tingkat dewa, ingin ngetop dan terkenal, jadi meninggalkan jejak disana-sini.

Maksudnya tidak lain dan tidak bukan adalah agar dirinya dikenal orang, atau setidaknya ingin mengatakan bahwa mereka pernah berada disini, ditempat wisata ini, jadi mereka meninggalkan jejak dengan membuat coretan-coretan dan tulisan-tulisan yang biasanya berisi dengan nama-nama alay mereka, atau geng-geng ingusan mereka.

Vandalisme ini harus dihentikan, seorang traveler sejati akan selalu menjaga lingkungan dan kemurnian suatu objek wisata. So, stop vandalisme, hentikan kegiatan tidak terpuji ini, kegiatan kekanak-kanakkan seperti orang yang tidak beradab dan berpendidikan ini.

6. Hormati Adat dan Norma Setempat

Satu hal yang harus dicamkan, bahwa kita berada di daerah orang, berada ditempat masyarakat yang berbeda dengan tempat asal kita. Yang tentu saja memiliki norma-norma dan kebudayaan yang berbeda. Karena suatu sikap atau perbuatan disuatu daerah mungkin tidak sama penilaiannya didaerah lain. Bisa jadi hal yang biasa saja ditempat asal kita menjadi suatu hal yang sangat terlarang ditempat lain.

So, seperti poin 2 tadi Kenali dan Pelajari Tempat Tujuan Liburan Anda, dengan begitu kita bisa menjaga sikap, ucapan dan tingkah laku selama berada didaerah lain.

Seorang traveler sejati akan bersikap sopan dan selalu menjaga norma-norma daerah setempat, daerah tujuan wisata yang dikunjunginya. Dengan kata lain, "jika berada dikandang kambing dia mengembek, dan jika berada dikandang kerbau dia mengembu".

7. Lupakan Sejenak Gadget Anda

Orang-orang zaman now, tidak terlepas dari gadget nya, hampir disetiap kesempatan luang, selalu dihabiskan didepan layar smartphonenya. Dan inilah yang sering banget dilakukan oleh para traveler zaman now. Tidak salah jika anda menggunakan smartphone anda untuk melihat lokasi wisata yang akan dituju atau menentukan rute dan jalan menuju ketempat wisata. Atau sekedar untuk mengabadikan momen-momen traveler anda selama liburan.

Akan tetapi, ingat anda disini pergi berlibur, jadi janganlah terlalu sering untuk memegang gadgetmu karena selain akan mengurangi nilai dari petualanganmu, juga akan mengalihkan anda dari suasana liburan yang sedang anda jalani.

Baca: Gunung Rinjani - Pendakian Menuju Tahta Para Dewa

Karena bukan tidak mungkin saat asik bermain smartphone, tiba-tiba ada email atau sms yang masuk menyangkut tentang pekerjaan anda. Tentu hal itu akan mengalihkan perhatian anda, mengalihkan suasana hati dan pikiran anda yang tadinya sedang dalam mood dan suasana liburan, kembali menerawang ke dalam suasana kesibukan pekerjaan anda.

Jadi, simpan baik-baik gadgetmu, keluarkan seperlunya saja, misalnya saat akan mengabadikan momen-momen indah perjalanan wisatamu dan nikmati dunia yang indah ini!

Itulah tadi tujuh hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk berlibur. Jika ketujuh tips tersebut kamu lakukan, maka dapat dipastikan kamu akan mendapatkan momen liburan yang spesial dan berkesan.

Jika ada hal lain yang ingin anda tambahkan hal-hal yang harus diperhatikan ketika berlibur, silahkan tambahkan dikolom komentar kami!