Traveling Seru, Santai dan Nyaman Sambil Menjalankan Ibadah Puasa

Loading...
Liburan panjang dan cuti bersama pada setiap perayaan lebaran Idul Fitri, rasanya bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan wisata/ traveling.

Momen liburan panjang sering kali membuat kita sulit untuk pergi berlibur/ traveling dengan nyaman dan santai.

Jangankan berharap mendapatkan kenangan yang seru dan menyenangkan saat traveling, yang ada malah traveling kita berkutat pada rebutan transportasi dan akomodasi dengan traveler lainnya.

Sebab momen liburan panjang dan cuti bersama setiap merayakan lebaran Idul Fitri ini menjadi pilihan waktu yang pas bagi sebagian besar orang untuk pergi berlibur.

Traveling di Bulan Puasa


traveling sambil berpuasa

Akibatnya harga tiket transportasi umum, baik itu pesawat, kereta api maupun bus meningkat tajam.

Begitu pula dengan akomodasi yang ada akan semakin sulit untuk ditemukan, dengan harga yang relatif normal apalagi rendah.

Baca: Aneka Olahan Serba Nasi untuk Menu Sahur dan Berbuka

Meningkatnya harga tiket alat transportasi dan akomodasi ini akan terjadi dalam beberapa minggu kedepan, tepatnya seminggu sebelum dan sesudah lebaran Idul Fitri.

Coba Anda bayangkan! Bagaimana rasanya berlibur/ traveling di berbagai destinasi wisata yang begitu ramai saat Anda kunjungi?

Bukannya menikmati liburan secara maksimal, yang ada malah Anda kesulitan atau bahkan merasa tidak nyaman dengan perjalanan liburan yang Anda lakukan.

Karena itu, jika Anda ingin berlibur/ traveling dalam waktu dekat, maka travelling di bulan puasa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin menghindari liburan di momen lebaran nanti.

Tidak ada salahnya Anda merencanakan perjalanan wisata/ liburan Anda lebih awal, sebelum libur lebaran tiba.
Travelling di bulan puasa/ ramadan juga tidak ada salahnya, selama kegiatan yang satu ini tidak mengganggu ibadah puasa Anda, bagi yang menjalankannya.

Selain itu, bagi yang menjalankan ibadah puasa, Anda bisa menikmati ibadah puasa dibulan ramadan dengan cara yang sedikit berbeda.

Anda juga memiliki banyak kesempatan dan juga lebih leluasa dalam memilih destinasi/ tujuan wisata Anda.

Karena disaat bulan puasa ini tidak banyak orang yang bepergian atau travelling ketempat-tempat wisata.

Anda bisa pergi travelling dengan cara yang berbeda dari biasanya, apalagi jika selama ini Anda memang belum pernah travelling di momen bulan puasa.

Namun, Anda harus dapat memilih waktu yang tepat dan terbaik untuk melakukan aktifitas traveling dibulan puasa ini, serta menyusun rencana yang matang sejak awal.

Hal ini selain akan sangat membantu Anda dalam menikmati puasa dibulan ramadan yang berbeda juga akan memberikan pengalaman dan kesan yang dalam pada perjalanan yang Anda lakukan.

Singkatnya, berpuasa sambil melakukan perjalanan wisata dengan pergi ke tempat-tempat wisata, sekaligus mensyukuri dan mengagumi keindahan ciptaan Allah Swt.

Travelling Sambil Berpuasa


Melakukan perjalanan wisata sambil berpuasa, tidak hanya memberikan sensasi liburan yang berbeda, namun juga bisa membuat perjalanan wisata Anda menjadi lebih bermakna dan membuat hati menjadi lebih tentram dan damai jika tempat tujuan wisata Anda dapat direncanakan dengan tepat.

Artinya destinasi wisata Anda harus direncanakan dan dipersiapkan dengan matang, agar Anda bisa menjadikan momen traveling di bulan puasa Anda menjadi lebih bermakna serta pastinya tidak sampai mengganggu ibadah puasa Anda.

Jadi, pastikan Anda dapat merencanakan dengan tepat, pilihan destinasi wisata Anda, serta memiliki rencana yang tepat untuk kegiatan wisata tersebut.

Hal ini bukan hanya akan membuat lebih nyaman selama bepergian, namun juga bisa membuat liburan Anda menjadi lebih berkualitas.

Untuk itu, berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika traveling sambil berpuasa.

Baca: Tempat Wisata di Bandung Kekinian dan Instagramable

1. Rencanakan dengan Tepat dan Matang


Membuat rencana yang tepat dan matang diawal, diwaktu sebelum melakukan suatu kegiatan, tampaknya adalah hampir menjadi suatu keharusan, apabila kita ingin mendapatkan hasil yang terbaik.

Rencana yang tepat dan matang, tidak hanya berlaku untuk suatu perjalanan wisata saja, namun juga untuk hal-hal lainnya, jika kita memang ingin mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita.

Nah, dalam hal ini jika Anda ingin menikmati traveling dibulan puasa Anda ini dengan nyaman, santai, seru dan maksimal, maka pastikan Anda merencanakannya dengan baik sejak dini.

Mengapa? Sebab hal ini sangat penting, apalagi jika ternyata Anda berencana untuk travelling ke lokasi yang jauh atau bahkan ke luar negeri.

Walaupun tidak dimasa atau momen liburan, harga tiket transportasi dan akomodasi tentu merupakan hal yang wajib untuk Anda persiapkan.

Sehingga perjalanan wisata Anda sambil menjalankan ibadah puasa tidak berantakan, hanya karena Anda tidak merencanakan hal ini lebih awal.

Luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana yang tepat untuk perjalanan wisata dibulan puasa ini, termasuk rencana dalam memilih rute perjalanan wisata Anda serta berbagai hal lainnya yang Anda anggap sesuai dengan traveling sambil berpuasa ini.

Untuk tiket transportasi pesawat, serta di airport dan rute-rute lainnya yang akan Anda jalani, Anda dapat mengatur rencana perjalanan serta perkiraan biayanya dengan melihatnya di traveloka, simak selengkapnya disini.

traveling sambil berpuasa

2. Pilih Destinasi Wisata yang Sesuai dengan Momen Ramadhan


Nah, ini adalah salah satu yang sangat penting untuk Anda rencanakan.

Anda disini akan menjalani perjalanan wisata sambil berpuasa, jadi tempat tujuan wisata Anda juga harus tepat, harus sesuai dengan momen bulan ramadan.

Sehingga, kekhusyukan Anda dalam berpuasa sambil traveling tidak terganggu, dan Anda pun bisa menikmati perjalanan wisata Anda dengan nyaman, seru dan santai.

Mencari dan menentukan tempat tujuan wisata yang pas dengan momen ramadan tidaklah sulit, bahkan Anda bisa saja memilih destinasi yang memang mendukung ibadah puasa yang Anda lakukan.

Seperti misalnya dengan melakukan travelling sambil berangkat umroh. Pergi ke destinasi wisata religi seperti ke masjid-masjid bersejarah.

Namun begitu, ketika Anda memilih destinasi wisata ini, yang selain mendukung kekhusyukan Anda dalam menjalani ibadah puasa, juga pastikan perjalanan ini tidak terlalu berat untuk Anda jalani, yang pastinya tidak akan menganggu ibadah puasa Anda juga.

3. Hindari Barang Bawaan yang Berlebih


Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan ketika Anda melakukan perjalanan wisata sambil berpuasa.

Untuk ini, Anda harus memiliki kemampuan yang cukup baik dalam packing, sehingga barang bawaan Anda bisa lebih ringkas.

Selain itu, Anda juga harus dapat memilah dan memilih barang bawaan yang tepat, dan yang benar-benar penting saja yang akan Anda bawa.

Karena jika Anda membawa terlalu banyak barang yang tidak begitu penting, maka pastinya akan menguras banyak tenaga Anda untuk membawa travel bags Anda. (lihat: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Traveling)

Selain itu, barang bawaan yang berlebihan juga bisa menambah biaya/ ongkos perjalanan Anda karena kelebihan bagasi di pesawat.

4. Jangan Lupa Sahur


Travelling pastinya membutuhkan tenaga yang cukup banyak, apalagi Anda akan travelling sambil berpuasa, karena itu jangan lupakan sahur.

Pastikan Anda menyantap makanan ketika sahur dengan menu yang cukup dan bergizi, sehingga tubuh Anda akan tetap fit seharian.

Dan tentunya Anda akan benar-benar siap untuk menikmati travelling sambil berpuasa dengan nyaman dan tenang.

Karena itu, sahurlah dengan menu makanan yang sehat dan dengan asupan kalori yang sesuai untuk tubuh, agar puasa dan semua aktifitas travelling Anda bisa berjalan dengan lancar.

5. Beristirahat sambil Beribadah


Manfaatkan waktu istirahat Anda ketika traveling dengan beribadah.

Anda melakukan suatu perjalanan wisata sambil berpuasa, maka tentunya ibadah menjadi hal yang tidak bisa Anda lupakan selama perjalanan.

Nah, karena itu agar kedua aktifitas ini yakni traveling dan ibadah tidak terganggu, maka Anda harus dapat menyesuaikan jadwal traveling dengan ibadah Anda.

Misalnya salah satu caranya adalah dengan mengatur waktu istirahat sesuai dengan waktu ibadah sholat.

Jadi, Anda bisa beribadah sambil beristirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga.

Maka sudah barang tentu aktifitas-aktifitas seperti ini akan membuat perjalanan wisata dan juga ibadah puasa Anda akan berjalan lancar serta tetap menyenangkan.

traveling sambil berpuasa

6. Hindari Arus Mudik


Salah satu keuntungan ketika traveling dibulan puasa adalah Anda dapat melakukan perjalanan yang berkebalikan dari arus mudik.

Sehingga dengan demikian, pastinya Anda akan mendapatkan harga tiket dan akomodasi yang relatif lebih murah.

Misalnya, ketika arus mudik lebaran mulai berjalan, Anda dapat melakukan hal yang sebaliknya, misalnya jika arus mudik dari kota besar ke pelosok-pelosok daerah, maka Anda dapat berwisata ke kota-kota besar.

Anda bisa berwisata di kota besar seperti Jakarta misalnya, ketika arus mudik lebaran tiba.

Maka dapat dipastikan harga tiket pesawat dan akomodasi (hotel dan penginapan) akan lebih murah.

Persiapkan Diri dengan Baik Saat Traveling Sambil Berpuasa


Travelling saat bulan puasa dan traveling dibulan-bulan lainnya tentu akan sangat berbeda.

Anda akan memiliki tantangan tersendiri dalam kegiatan ini, apalagi jika Anda memilih rute yang panjang dan sulit.

Memang tidak ada yang salah dengan travelling ke lokasi yang jauh sambil berpuasa, selama Anda benar-benar telah memersiapkan perjalanan tersebut.

Baca: Aneka Resep Opor Ayam Menu Khas Lebaran

Mempersiapkan diri terutama kebugaran fisik, dapat membuat kondisi tubuh Anda tetap prima selama Anda travelling serta puasa Anda pun dapat berjalan dengan lancar.

Karena itu, tetaplah menjaga kesehatan tubuh Anda, mengingat Anda juga sedang menjalankan ibadah puasa.

Perjalanan wisata sambil berpuasa ini hanya akan memberikan manfaat maksimal, jika dilakukan dalam kondisi tubuh yang sehat saja.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda selalu menjaga kesehatan dengan baik, termasuk menjaga pola makan dan juga mengatur waktu istirahat selama travelling sambil berpuasa nanti.

Traveling dibulan ramadan sambil berpuasa bisa menjadi salah satu momen yang pas untuk Anda yang ingin mendapatkan momen liburan yang menyenangkan sekaligus religius dan merasakan kekhusyukan dalam menjalankan ibada puasa.
Loading...

Berlangganan update postingan terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Traveling Seru, Santai dan Nyaman Sambil Menjalankan Ibadah Puasa"

Posting Komentar

tempat wisata di

resep masakan

resep ayam

resep ayam kecap