Tempat Wisata di Bandung Kekinian, Instagramable dan Lengkap

Tempat Wisata di Bandung Kekinian, Instagramable dan Lengkap

Baca juga:

Tempat Wisata Bandung - Salah satu kota metropolitan yang terkenal di indonesia dan sekaligus merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat. 

Terkenal dengan sebutan Paris van Java, karena banyak sekali produk fashion jaman now yang diproduksi di kota ini. Hal ini terlihat dengan banyaknya factory outlet yang tersebar diberbagai sudut kota.


Tempat Wisata di Bandung


Bandung yang memiliki pemandangan nan indah dan udara yang sejuk, tidak pernah berhenti untuk berkarya menciptakan hiburan dan destinasi wisata baru untuk liburan keluarga anda, dan tidak hanya itu, Kota Bandung juga dipenuhi oleh ide-ide kreatif yang memunculkan tempat wisata baru yang kekinian dan instagramable serta menjadi hunting foto di Bandung setiap tahunnya. 

Bandung juga dikenal dengan kota pelajar, selain jogja. Admin sendiri dulu melanjutkan pendidikan dan kuliah di kota kembang ini. Bandung juga terkenal dengan taman kota yang ikonik dan trotoar-trotoar yang indah dan terindah yang ada di Indonesia. Ditambah lagi dengan tempat wisata Bandung yang sangat beragam dan menarik sekali untuk dikunjungi.
Tempat Wisata di Bandung

Mulai dari tempat wisata kekinian, tempat wisata yang instagramable, wisata belanja bandung yang akan memanjakan para wisatawan hingga tempat wisata alam bandung nya. Bandung sekarang telah menjadi salah satu tempat tujuan wisata terfavorit dan kekinian, sehingga tidak salah jika kota ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik untuk liburan bersama kolega maupun liburan bersama keluarga.

Apalagi kota Bandung ini, jaraknya dari ibu kota Jakarta cuma memakan waktu kurang dari 2-3 jam melalui jalur darat (tol cipularang) jika tidak sedang dalam liburan hari-hari besar keagamaan, seperti mudik lebaran, membuatnya menjadi tempat tujuan favorit warga ibukota. 

Selain melalui jalur tol, para traveler juga bisa menggunakan jasa angkutan umum seperti Kereta Api, atau bisa menggunakan jasa travel serta pesawat terbang.

Jika anda penasaran dan ragu apa saja tempat-tempat wisata di Bandung yang paling terpopuler, kekinian dan instagramable, berikut kami berikan anda beberapa daftar tempat wisata di Bandung.

Tempat-tempat wisata di Bandung ini tersebar di berbagai area di Bandung seperti di Bandung Utara, Bandung Selatan, dan juga Bandung Timur. 

Tempat Wisata di Kota Bandung


Trans Studio Bandung


Berlibur bersama pasangan atau keluarga anda dengan mencoba wahana-wahana yang seru dan mendebarkan? Kunjungi Trans Studio Bandung yang berada di pusat kota Bandung, tepatnya di Trans Studio Mall jalan gatot subroto Bandung.

Tempat Wisata di Bandung

Wisata indoor ini menghadirkan banyak sekali wahana permainan yang akan membuat pengunjungnya ketagihan, seperti: Black Hearts Pirate Ship, Special Effects Action, Trans Studio Science Center, Pemburu Badai, Dunia Anak, Pertunjukan Sulap, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cihampelas Walk - Ciwalk


Ciwalk atau Cihampelas Walk merupakan tempat wisata belanja di pusat kota Bandung dan merupakan surga bagi mereka yang gemar berbelanja. Ciwalk dikenal dengan pusat perbelanjaan bergaya modern di tengah-tengah Kota Bandung.

Tempat Wisata di Bandung

Berbagai macam produk tersedia di sini, mulai dari fashion, kuliner, hingga barang-barang elektronik. Suasana yang terkesan mewah ditambah dengan kelengkapan barang membuat Ciwalk jadi tempat tujuan wisata belanja di Bandung yang menyenangkan.

Jalan Asia Afrika


Jalan Asia-Afrika Bandung, merupakan jalan tua dan sangat bersejarah dalam pembentukan Kota Bandung. Terletak di tengah-tengah kota Bandung, mulai dari perlimaan antara Jalan Ahmad Yani, Jalan Sunda, dan Jalan Gatot Subroto Bandung.

Tempat Wisata di Bandung Kekinian

Tepat di tengah-tengah perlimaan, ada Tugu Dasa Sila Bandung yang pada dindingnya tergrafir nama-nama negara yang mengikuti Konfrensi Asia-Afrika. Jalan Asia-Afrika membentang kurang lebih 1 km dari perlimaan hingga Jalan Pos.

Sekarang jalan Asia Afrika semakin cantik karena pada sepanjang trotoarnya terdapat kursi-kursi taman untuk para pejalan kaki beristirahat, pot-pot bunga dengan bermacam bunga yang indah, bola-bola dunia, dan lampu-lampu yang didesain mirip dengan jalan-jalan di Eropa.

Jalan Braga


Braga berasal dari Bahasa Sunda Baraga, yang artinya kurang lebih berjalan menyusuri sungai. Sesuai dengan namanya, Jalan Braga memang berada di tepian Sungai Cikapundung, dan jalan ini juga yang kemudian membuat Bandung dikenal sebagai Kota Kembang karena banyak kembang (gadis Sunda) bermekaran di Jalan Braga.


Tempat Wisata di Bandung Kekinian

Jalan Braga Bandung ini letaknya tidak jauh dari Gedung Merdeka, tepatnya Jalan Braga Pendek. Pada tahun 1900-an, Jalan Braga hanyalah jalan kecil di depan pemukiman yang sunyi, bahkan dikenal sebagai Jalan Culik karena rawan penculikan.

Jalan Braga mulai ramai sekitar tahun 1920-1930-an, setelah banyak pengusaha berkebangsaan Belanda mendirikan toko, bar, tempat hiburan, dan toko-toko baju serta butik yang menjual baju dengan rancangan baju dari Paris Perancis. Jalan Braga semakin ramai dan terkenal.

Masjid Agung dan Alun-Alun Bandung


Untuk menuju Masjid Agung dan Alun-Alun kita tinggal nyebrang Jalan Asia-Afrika, lalu menyusuri pertokoan lama, kurang dari 10 menit juga sampai. Masjid Agung ini merupakan salah satu masjid tertua di Bandung, didirikan pada abad ke-19, tepatnya tahun 1812.


Tempat Wisata di Bandung Kekinian

Masjid memiliki dua menara kembar setinggi 81 meter, dan Kita bisa mencoba untuk naik ke atas menara untuk melihat pemandangan kota Bandung dengan cukup memberikan infak sebesar Rp.2000,- saja. 

Alun-alun masjid sekarang sudah dipercantik dengan rumput sintetis dan tamannya ditata sedemikian rupa sehingga menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk bersantai sambil beristirahat dan bercengkrama dengan teman, keluarga dan kolega anda. 

Kata orang Bandung, anda belum pernah ke Bandung jika tidak mengunjungi tempat ini.

Dago


Kawasan Dago adalah salah satu daerah paling populer di Bandung karena terkenal sebagai tempat wisata anak muda di Bandung. Di kawasan Dago ini, kita bisa menemukan banyak sekali factory-faktory outlet untuk berbelanja fashion, tas, dan assesoris lainnya. 

Jika malam tiba, kawasan Dago ini berubah menjadi tempat wisata kuliner, karena akan ada banyak pedagang kuliner di sepanjang jalan yang benar-benar akan memanjakan lidah kita.

Gedung Sate dan Sekitarnya


Gedung Sate ini adalah sebutan untuk kantor pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat tempat gubernur dan para stafnya bekerja. Namun karena arsitekturnya yang unik, banyak wisatawan yang berdatangan untuk melihat langsung bangunan yang menjadi kebanggaan warga Jawa Barat tersebut. 

Yang menarik lainnya adalah gedung yang merupakan ikon dari Kota Bandung ini terletak berseberangan dengan lapangan yang paling terkenal di Bandung.

Tempat Wisata di Bandung Kekinian

Dan pasar minggu Gasibu, pasar kaget yang ada di dekat Gedung Sate, yang berjejer mulai dari Gedung Sate sampai ke Monumen Pancasila yang juga bisa menjadi pusat wisata kuliner yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dan mahasiswa di Bandung dari pagi hingga menjelang siang.

Gedung yang merupakan ikon dari Kota Bandung ini terletak berseberangan dengan lapangan yang paling terkenal di Bandung, Gasibu. Gedung yang digunakan sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat ini memiliki atap yang berbentuk tusuk sate sehingga disebut sebagai Gedung Sate.

Teras Cikapundung


Teras Cikapundung atau dikenal dengan TeCi atau Amphitheater Cikapundung, merupakan tempat wisata di Bandung yang paling instagramble. 

Spot hunting foto dan selfie yang paling instagramable di Teras Cikapundung adalah di sekitar Jembatan Merah, Amphitheater, Air Mancur, Kolam Ikan dan di sungai menggunakan perahu karet saat siang hari.

Balai Kota Bandung


Balai Kota Bandung diapit dua jalan, yakni Jalan Merdeka dan Jalan Wastukencana. Balai Kota Bandung juga menawarkan banyak sekali spot hunting foto untuk selfie, diantaranya di air mancur dengan patung ikan, air mancur kolam dengan patung badak, air sungai cikapayang, pedestrian Jalan Merdeka, Taman Labirin, dan Gembok Cinta.

Cikapundung Riverspot


Cikapundung River Spot ditata dengan gaya Eropa. Dilengkapi dengan bangku cantik dan pot kembang besar terinspirasi gaya penataan ruang publik di Cannes, Perancis. 

Di tengah plaza Cikapundung River Spot ada air mancur, dan saat malam hari, air mancur itu akan menyala dan dihiasi lampu warna-warni sesuai irama lagu. 

Diameter air mancur sekitar dua meter. Air mancur hanya jam 7-10 pagi dan jam 7-10 malam. Pada hari kerja air mancur muncul satu jam sekali. Spesial weekend, air mancur akan menari-hari setiap 30 menit sekali.

Museum Geologi Bandung.


Museum Geologi Bandung didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, dan telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). 

Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi Bandung dibuka kembali pada tanggal 23 Agustus 2000 dan merupakan salah satu monumen bersejarah, museum ini berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan sejarah nasional. 

Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

Bandung Tour on Bus - Bandros


Bandung Tour on Bus (Bandros) merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung untuk para pengunjungnya. Bandros adalah bus terbuka yang akan mengantarkan kita berkeliling Kota Bandung, dengan perhentian utamanya di Jalan Aceh Bandung.

Tempat Wisata di Bandung

Mulai berangkat dari Taman Sejarah di Jalan Aceh, Bandros memiliki pemberangkatan sesuai dengan jumlah armada yang tersedia. Di dalam bus, kita akan dipandu mengenai apa saja yang ada di Kota Bandung dan lokasi-lokasi tempat menarik di Bandung selama kurang lebih satu jam.

Biayanya sendiri, untuk satu kali perjalanan hanya dibebankan tiket sebesr 25ribu rupiah perorang. Anda disarankan untuk datang lebih awal dan mengantre serta memesan tiket terlebih dahulu melalui hotline: +62 227 213805, mengingat tingginya jumlah peminat Bandros ini, apalagi diakhir pekan. 

Bandros beroperasi setiap hari kerja pada pukul 08:00 – 11:00 WIB dan pada pukul 08:00 – 14:00 WIB pada akhir minggu dan hari libur.

Teras Cihampelas


Terletak di ujung Jalan Cihampelas yang baru dibangun sebuah flyover dan diberi nama Teras Cihampelas, persis berada di atas jalan. Di Teras Cihampelas ini terdapat pedagang kaki lima yang tertata rapi dan biasa menjual kuliner dan suvenir khas Bandung. 

Teras Cihampelas merupakan lokasi yang cocok untuk duduk santai sambil menikmati makanan ringan di kursi-kursi yang telah disediakan, namun tentu saja jika keadaan cuaca sedang cerah. 

Jalan Riau


Seperti dikawasan Dago, Jalan Riau juga identik dengan factory outlet yang menawarkan pakaian berkualitas dengan harga murah, karena itu banyak orang datang hanya untuk berbelanja disini.

Jalan Riau terbentang dari mulai Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Merdeka, dan berakhir di pertigaan Jalan Dago. Untuk menuju ke daerah ini sangat mudah, terdapat sekitar 10 jenis angkutan umum yang melalui kawasan Jalan Riau. Beberapa di antaranya adalah angkutan umum dengan jurusan St. Hall – Dago, Dago – Riung Bandung, dan Sadang Serang – Caringin.

Beberapa factory outlet yang terkenal di Jalan Riau adalah The Secret dan The Heritage. Di antara pusat perbelanjaan pakaian, terdapat pula gerai makanan khas Bandung yang bisa mengobati haus dan lelah akibat berjalan seharian berkeliling dan berbelanja.

Kebun Binatang Bandung


Kebun binatang Bandung terletak di Jalan Kebun Binatang nomor 6, Kecamatan Coblong, Bandung tidak jauh dari kampus ITB Bandung. Tempat wisata dengan luas sebesar 14 hektare ini memiliki ratusan koleksi hewan dari berbagai belahan dunia. 

Kita bisa berlibur bersama keluarga sekaligus berjalan-jalan sambil memberikan pelajaran mengenai jenis-jenis hewan yang ada di dunia, kepada putra-putri kita. Tiket masuk ke kebun binatang ini juga tergolong murah, hanya sebesar Rp20.000 per orang, sedangkan untuk anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tiket.

Tempat Wisata di Bandung Utara


Curug Cimahi


Wisata Air Terjun atau curug ini adalah salah satu tempat wisata di Bandung Utara yang sayang untuk dilewatkan, terutama untuk anda yang memang mencintai dan menyukai petualangan alam serta wisata alam. 

Curug atau air terjun di Cimahi ini sejak tahun 2014 memang sudah dipersiapkan untuk menjadi salah satu tempat wisata alam di Bandung. Lokasinya yang berada di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat Wisata di Bandung

Curug Cimahi ini tergolong air terjun yang cukup tinggi yakni mencapai 87 m dan memiliki suhu harian antara 18 – 22 derajat celcius. Curug Cimahi ini juga dikenal dengan sebuatan Air Terjun Pelangi, dikarenakan pengelola air terjun ini menempatkan lampu warna-warni di balik air terjun tersebut sehingga ketika hari mulai gelap, curug tersebut pun terlihat seperti memancarkan warna-warni pelangi yang indah. 

Untuk masuk ke area Curug Cimahi, cukup dengan membayar tiket sebesar Rp15.000 saja per orang. Dan untuk sampai ketempat ini dengan angkutan umum, kita bisa menggunakan angkot dengan jurusan Cisarua – Lembang yang bisa dinaiki dari Stasiun Lembang. 
Tempat wisata ini buka setap hari dari jam 08:00 hingga 21:00 WIB. Sebaiknya, datang pada malam hari untuk menkmai indahnya warna air terjun.

Situ Lembang


Danau yang ada di kawasan Lembang ini beralamat di Desa Kertawang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. danau buatan ini sebenarnya bukan merupakan tempat wisata komersil melainkan tempat wisata alam.

Pada masa-masa tertentu, kawasan di sekitar Situ Lembang digunakan sebagai tempat latihan oleh angkatan bersenjata seperti Kopassus dan TNI Angkatan Darat. Maka dari itu, pada waktu-waktu tertentu, Situ Lembang ini mungkin saja ditutup karena sedang dipakai untuk keperluan berlatih.

Berada dekat dengan Curug Cimahi, Situ Lembang bisa dikunjungi kapan saja dan tanpa biaya. Namun ingat, sebaiknya bawa jaket tebal dan baju yang berlapis karena suhu di sekitar danau sangatlah dingin dan berkabut.

Taman Hutan Raya Juanda


Taman Hutan raya Juanda ini terletak di kawasan Dago Pakar, di Jalan Ir. H. Djuanda nomor 99. Hutan kota yang memiliki area seluas 590 hektare ini menyimpan banyak tempat bersejarah di dalamnya. Salah satunya adalah Gua Belanda dan Gua Jepang yang terkenal itu. 
Kita bisa masuk ke dalam gua tersebut dan membayangkan keadaan tempat persembunyian yang digunakan para penjajah di masa perang kemerdekaan dulu.

Kita bisa berjalan menyusuri jalan setapak di tengah-tengah hutan pinus yang menjulang tinggi, atau bisa juga berkeliling dengan menyewa kuda yang disediakan di dalam hutan. Berjalan-jalan atau berfoto di spot hunting foto terbaik dan alaminya hutan yang indah akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Anda dan keluarga.

Pengunjung diharuskan untuk membayar retribusi sebesar 12ribu rupiah per prang, karena memang tempat wisata ini sudah lama dipelihara sebagai hutan dan paru-paru kota Bandung. Kita bisa mengunjungi Taman Hutan Raya ini setia hari dari mulai pukul 06:00 – 18:00 WIB.

Gunung Tangkuban Perahu


Disebut Tangkuban Perahu karena jika dilihat dari jauh, gunung ini memang berbentuk seperti perahu yang terbalik, serta memiliki legenda dan cerita rakyat yang sudah terkenal diseluruh Indonesia, yakni Sangkuriang. Memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut, gunung ini kini memiliki banyak tempat wisata karena pesona alamnya yang indah dan udaranya yang dingin.

Ada tiga kawah di gunung tangkuban perahu ini, yakni: Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. 


Tempat Wisata di Bandung

Walaupun tidak boleh didekati secara langsung, pemandangan kawah sudah cukup menakjubkan. Jalur menuju kawah Gunung Tangkuban Perahu sudah terbilang baik dan mulus. Sepanjang perjalanan, kita akan dimanjakan dengan pemandangan hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan melewati banyak sekali tempat wisata yang ada di kedua sisi Jalan Raya Lembang – Tangkuban Perahu.

Kawasan kawah boleh dikunjungi selama status gunung tidak berbahaya, mengingat Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi aktif. HTM Gunung Tangkuban Perahu sendiri, bervariasi, namun kita diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp13.000 per orang.

Tempat wisata di Bandung Utara lainnya yang dapat anda kunjungi yakni:
  • Curug Dago.
  • Air Terjun Maribaya.
  • Pemandian Air Panas Ciater.
  • Air Panas Cibolang.
  • Air Panas Cimanggu.
  • Air Panas Walini.
  • Bumi Perkemahan Cikole.
  • Bumi Perkemahan Ranca Upas.
  • Candi Bojongmenje.
  • Candi Maha Panca Bala.
  • Congo.
  • Curug Cinulang.
  • Curug Lalay.
  • Dago Pakar.
  • Dago Tea House.
  • Desa Wisata Ciburial.
  • Gedung Indonesia Menggugat.
  • Gedung Sate.
  • Gua Belanda.
  • Gua Jepang.
  • Kampung Gajah.
  • Kawah Putih.
  • Kebun Binatang Bandung.
  • Kebun Seni Tamansari.
  • Kebun Strawberry.
  • Ketan Bakar Lembang.
  • Kelenteng Xie Tian Gong.
  • Bosscha.
  • Masjid Raya Bandung.
  • Monument Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
  • Monument Husein Sastranegara.
  • Museum Barli.
  • Museum Geologi Bandung.
  • Museum Konferensi Asia Afrika.
  • Museum Pos Indonesia.
  • Museum Nike Ardila.
  • Museum Sri Baduga.
  • Perkebunan Teh Malabar.
  • Perkebunan Teh Ranca Bali.
  • Peta Wisata Bandung.
  • Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut.
  • Reading Lights.
  • Rumah Inggit Ganarsih.
  • Situ Patengan.
  • Satu Cileunca.
  • Situ Cipananjung.
  • Taman Ganesha.
  • Taman Kupu-kupu.
  • Taman Lalu-lintas.
  • Taman Lansia.
  • Taman Makam Pahlawan Cikutra.
  • Kawah Putih Ciwidey.
  • Farmhouse Susu Lembang.
  • Gunung Tangkuban Perahu.
  • Situ Patenggang.
  • Bukit Moko.

Tempat Wisata di Bandung Selatan


Kawah Putih Ciwidey


Kawah Putih Ciwidey terletak di Jalan Raya Soreang, Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang memiliki daya tarik utamanya adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha berupa tanahnya yang bercampur belerang dan berwarna putih, serta warna airnya yang putih kehijauan.

Tempat Wisata di Bandung

Yang unik dan spesial dari Kawah Putih di Ciwidey ini adalah warna airnya yang selalu berubah menyesuaikan dengan kadar belerang yang ada di dalam air danau tersebut.

Situ Patenggang


Situ Patenggang berlokasi di jalan Raya Ciwidey – Rancabali, kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan daya tarik utamanya adalah keindahan alamnya berupa hamparan perairan danau alam yang luas dan berhawa sangat sejuk.

Tempat wisata di Bandung selatan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kawula muda nya, yakni dengan adanya sebuah “Batu Cinta” yang diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat bertemunya dua manusia yang melatar belakangi sejarah Situ Patenggang, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Ranca Upas


Ranca Upas atau populer juga dengan nama Kampung Cai Ranca Upas adalah sebuah lokasi bumi perkemahan di Bandung selatan yang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM 11, Alam Endah, Ciwidey, Kab. Bandung Jawa Barat.

Daya tarik kawasan wisata di bagian Bandung selatan ini adalah areanya yang luas sekitar 215 hektar dan berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl, dengan suhu antara 17-20 derajat celcius. 

Selain itu, daya tarik Ranca Upas Ciwidey lainnya yakni merupakan salah satu Tempat Camping di Bandung dan sering dijadikan tempat gathering, jambore, mulai dari sekolahan, mahasiswa hingga komunitas, dan mampu menampung hingga 10.000 pengunjung.

Air Panas Ciwalini


Pemandian Air Panas Ciwalini berlokasi di jalan Raya Ciwidey -Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan daya tarik nya yang berada di kaki perkebunan teh walini Ciwidey ini adalah sebagai salah satu Kolam Renang di Bandung yang memiliki kolam renang air panas, serta lokasinya yang dikelilingi hamparan pegunungan nan indah.

Ciwalini mempunyai dua kolam renang yang bisa dinikmati hangatnya kolam renang air panas di tengah dinginnya udara pegunungan ciwidey. 

Kolam Renang Air Panas Cimanggu


Air Panas Cimanggu Natural Hot Spring and Cottage berlokadi di jalan Raya Ciwidey – Patenggang, KM 13, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Memiliki daya tarik yang masuk ke dalam kawasan taman alam hutan lindung dengan luas areal 145 hektar dan berada di atas ketinggian 1225 – 1350 mdpl yang memiliki kekayaan alam, berupa flora dan fauna serta fasilitas wisata lainnya.

Di kawasan hutan lindung Cimanggu ini banyak sekali ditumbuhi tanaman pohon besar yang langka serta berusia tua seperti Baros, Rasamala dan Pinus, serta di dalamnya hidup aneka satwa liar seperti kancil, macan kumbang, rusa dan berbagai jenis burung.

Perkebunan Teh Rancabali


Kebun Teh di Bandung selatan ini menawarkan eksotisme pemandangan alam nan hijau luas menghampar perkebunan teh, yang sering diselimuti kabut putih menghiasi kawasan ini serta memiliki udara yang sangat dingin, karena berada di atas ketinggian 1.628 meter di atas permukaan air, dengan kontur alamnya yang khas berbukit-bukit dan berkelok-kelok.

Kebun Strawberry Ciwidey


Kebun Strawberry yang beralamat di sepanjang jalan Raya Ciwidey, sangat mudah untuk ditemukan, yakni di desa Alam Endah. Daya tarik wisata kebun petik buah Strawberry di sini adalah kita bisa bebas masuk memetik langsung buah strawberry, yang bisa langsung kita makan di tempat atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas ciwidey Bandung.

Tempat Wisata di Bandung Selatan Kebun Petik Sendiri Strawberry ini dijamin tidak akan kalah dengan yang di Natural Resto And Strawberry Land di lembang serta Happy Farm Lembang.

Harga Tiket Masuk Kebun Strawberry di Ciwidey ini adalah gratis, cukup membayar buah strawberry yang kita petik yaitu dengan harga Rp.35.000 – Rp.50.000/ kg nya.

Tempat Wisata di Bandung Selatan lainnya, yakni:
  • Situ Cileunca
  • Perkebunan Teh Gambung
  • Pemandian Air Panas Cibolang
  • Kawah Rengganis
  • Barusen Hills
  • Bukit Jamur
  • Taman Kelinci
  • Kebun Tanaman Obat Sari Alam
  • Sindang Reret Hotel & Restaurant Ciwidey
  • Pinisi Resto
  • Ciwidey Valley Resort
  • EmTe Highland Resort
  • Green Hill Park
  • Legok Kondang Lodge
  • Glamping Lakeside
  • Kampung Pago
  • Saung Gawir Bungalow & Resto
  • D’Riam Riverside Resort

Tempat Wisata di Bandung Barat


Sendang Geulis Kahuripan


Berada di Desa Ganjarsari, Cikalong Wetan, tempat wisata alam di Bandung Barat ini memang masih jarang dikunjungi, karena itu lokasinya masih bersih dan asri. Di tempat ini kita bisa berendam dan mandi karena airnya besih, jernih bisa membuat segala penat di badan hilang. 

Curug Anom


Di Curug Anom kita bisa menikmati pemandangan alam Bandung yang sungguh menawan. Sambil bersantai mendengarkan kicauan burung yang bersahutan silih berganti. Untuk sampai ketempat ini, kita harus melalui medan yang cukup sulit dan menantang, namun semua terbayarkan dengan pesona alam yang ditawarkan Curug Anom ini.

Curug Penganten


Curug yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Menikmati butiran air yang nampak seperti kristal berkilauan karena ditimpa sinar matahari, serta dikelilingi pemandangan pesona alam yang indah, sungguh "nikmat tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Berlokasi persis berada dalam satu wilayah dengan Wisata Alam Katumiri, Jadi untuk menuju tempat ini, tentu saja kita haru masuk ke kawasan wisatra katumiri dengan biaya masuk sebesar Rp 6.000 per orang.

Tempat wisata di Bandung Barat lainnya, yakni:
  • Taman Lembah Dewata
  • Benteng Pasir Ipis
  • Bukit Gantole
  • Hutan Pinus
  • Gunung Batu Lembang
  • Orchid Forest

Tempat Wisata di Bandung Timur


Curug Batu Templek


Objek wisata air terjun tepatnya berada di Kampung Cisanggarung Lebak, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Curug Batu Templek memiliki keindahan dengan ciri khas tersendiri. Pemandangan air terjun ini didominasi tebing batu cadas. Uniknya lagi, airnya mengalir dari sela-sela bebatuan tersebut. Para ahli berpendapat bahwa ini merupakan fenomena yang khas dari cekungan Bandung.

Saung Angklung Udjo


Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata di Bandung Timur yang mudah letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota. Berjarak sekitar 5 km dari pusat Bandung, atau sekitar 7 Kilometer dari Curug Batu Templek, yakni di Kampung Cisanggarung Lebak. 

Tempat wisata seni budaya di Bandung Timur ini tepatnya berlokasi di Jl. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung. 

Saung Angklung Udjo ini merupakan pusat produksi, penelitian, hingga pertunjukan angklung di Bandung. Saung Angklung Udjo ini pun sukses menarik banyak perhatian wisatawan hingga wisatawan mancanegara. 

Setiap kegiatan pertunjukan di Saung Angklung Udjo kerap dipenuhi pengunjung lokal maupun mancanegara. Selain menyaksikan berbagai pertunjukan angklung dan budaya Sunda lainnya, di Saung Angklung Udjo juga terdapat toko yang menjual angklung untuk dibawa pulang dan berbagai jenis cendermata berbahan dasar bambu lainnya.

Bukit Teletubies Cicalengka Bandung


Bukit Teletubies adalah merupakan salah satu Tempat Wisata di Bandung Timur, berada di kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, yang saat ini begitu populer, dan bisa dikatakan menjadi salah satu Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable seperti Bukit Jamur di Ciwidey. 

Tempat ini sekarang sangat banyak diminati dan dikunjungi oleh warga kota atau para wisatawan yang lagi hunting foto yang instagramable serta ingin refreshing dan juga tidak sedikit wisatawan asal luar kota yang penasaran dengan sensasi penampakan foto-foto Bukit Teletubis Cicalengka Bandung ini di banyak media sosial.

Kampung Bamboo Bandung


Kampung Bamboo adalah wana wisata alam Bandung yang berlokasi di jalan Padasuka Km 4, Cimenyan Kabupaten Bandung.

Lokasi wisata ini masih satu kawasan dengan Objek Wisata di Bandung Timur yang terkenal seperti Caringin Tilu, Kampung Bareto Cafe & Resto, Bukit Moko dan tempat wisata budaya kesenian khas sunda yaitu Saung Angklung Udjo.

Nama Kampung Bamboo Bandung ini sendiri bagi masyarakat sekitar lebih dikenal dengan nama “Kampung Bambu Ua' Haji“, karena memang tempat ini milik H.Dedi Jumardi yang biasa dipanggil Ua' Haji.

Tempat wisata di Bandung Timur lainnya, yakni:
  • Curug Cinulang
  • Oray Tapa
  • Caringin Tilu
  • Kampung Pasir Kunci
  • Cantigi Camp
  • Situs Batu Kuda
  • Pondok Wisata Aki Enin
  • Taman Buru Masigit Kareumbi
Selain tempat wisata di Bandung diatas, masih banyak tempat-tempat wisata yang tersebar di Bandung dan merupakan tempat hunting foto yang instagramable, dan kekinian yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Tempat Wisata di Bandung Kekinian dan Instagramable


Geo Culture Trek


Berlokasi di Lembang, Geo Culture Trek ini merupakan tempat wisata yang tepat bagi Anda yang memang mencintai wisata ekstrim, dan lebih menantang. Geo Culture Trek menawarkan jalur olah raga yang akan menguras tenaga dan memicu adrenalin, dengan trek sepanjang 2,7 kilometer, terbentang dari Gunung Batu, Desa Seni Cilangu, Jalan Dago Giri, Desa Mekarwangi hingga ke Lawangwangi yang merupakan garish finishnya. 

Memiliki rute yang naik dan turun, Geo Culture Trek akan membawa Anda menikmati keindahan alam serta masuk ke desa yang masih kental dengan budaya Sunda khas Bandung.

De Ranch (Wisata Berkuda Lembang)


Rasakan sensasi ala koboi atau suku Indian dan beraksi di atas kuda di De Ranch. De Ranch merupakan tempat wisata di Bandung dengan konsep Ranch atau peternakan kuda, dengan pemandangan hamparan padang rumput hijau yang luas dan menyegarkan mata.

Tempat Wisata di Bandung

Selain itu, dikawasan De Ranch, terdapat juga banyak wahana permainan anak serta jual makanan yang beragam. Kita juga bisa menyewa kostum koboi dan suku Indian sehingga bisa menambah serunya wisata petualangan di De Ranch. 

Cukup mengikuti jalur Bandung - Lembang, berada tidak jauh dari Pasar Lembang dan Lembang Floating Market, untuk sampai di de Ranch.

Tiket masuknya hanya sekitar Rp10.000 dan bisa ditukar dengan susu sapi segar. Sementara itu, setiap permainan dan wahana memiliki harga antara Rp15.000 hingga Rp25.000. 

Anda dapat mengunjungi De Ranch pukul 09:00 – 17:00 WIB setiap hari Selasa sampai Jumat, dan pukul 08:00 – 18:00 WIB setiap hari Sabtu hingga Senin.

Lembang Floating Market


Tempat wisata di Bandung ini, bisa dikatakan salah satu tempat wisata yang modern atau kekinian. Terletak di Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang - Lembang Floating Market ini mengangkat konsep pasar jajanan yang ditata apik di sekeliling danau buatan. Dengan perahu-perahu buatan yang ada di pingggir danau, sambil menikmati puluhan jenis jajanan dari berbagai daerah di Indonesia dan juga mancanegara.

Tempat Wisata di Bandung

Uniknya lagi, kita bisa menyewa kostum-kostum ala pakaian tradisional Jepang dan Korea, lengkap dengan segala pernak-pernik dan asesorisnya. Berkeliling, dan berfoto di taman ikonik dan tematik serta jalan setapak di sekitar kawasan tempat wisata yang memiliki spot hunting foto terbaik dan instagramable, atau sembari ngasih makan kelinci dan hewan peliharaan kecil lainnya di dalam kawasan Lembang Floating Market.

Fasilitas yang disediakanpun terbilang lengkap, membuat Lembang Floating Market ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. 

Untuk masuk ke dalam kawasan ini, kita hanya perlu membayar tiket sebesar Rp20.000 saja dan asyiknya lagi tiket bisa ditukar dengan satu gelas minuman segar. Sementara itu, parkir kendaraan untuk sekali masuk adalah sebesar Rp30.000 per mobil dan Rp5.000 per motor.

Taman Miniatur Kereta Api


Jika di Ambarawa terdapat Kereta Api Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa Jawa tengah, di Bandung ada Taman Miniatur Kereta Api.

Masih berada di dalam kawasan wisata Lembang Floating Market, Taman Miniatur Kereta Api adalah salah satu diorama kereta api terbesar di Indonesia dan berfungsi layaknya kereta api sungguhan.
Tempat Wisata di Bandung

Dengan berfoto di tengah-tengah miniatur, Anda akan terlihat seperti raksasa di tengah kota kecil.

Diorama Kereta Api memiliki skala 1:24, yang dilengkapi dengan pemandangan, perumahan, serta fungsi pelengkap kereta seperti jembatan, pembatas jalan, dan bahkan petugas pintu kereta. 

Taman Miniatur Kereta Api ini berada dalam kawasan Lembang Floating Market, untuk masuk kita harus membayar tiket masuk lagi sebesar Rp15.000 per orang.

Hijab Swimming Pool


Masih tetap berada didalam kawasan Lembang Floating Market, ketika masuk kita akan menemukan kolam renang dalam ruangan di sebelah kiri gerbang. Kolam renang ini baru dibuka sekitar dua tahun yang lalu dan sudah menarik banyak perhatian kaum wanita.

Hijab Swimming Pool ini, membuat wanita berhijab tidak perlu khawatir akan privasi dan penampilannya karena yang diperbolehkan masuk hanyalah wanita. Jadi, Anda bisa berenang dengan santai dan tanpa rasa khawatir di dalam.

Untuk bisa menikmati kolam renang, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Lembang Floating Market sebesar Rp20.000 dan tiket masuk kolam renang sebesar Rp50.000 per orang. Jam operasional dari kolam renang ini adalah mulai pukul 08:00 hingga 19:00 WIB setiap hari.

Farmhouse Bandung


Farmhouse merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang terbilang baru dan kekinian, terletak di Jalan raya Lembang nomor 108, dan berdiri sejak tahun 2015.

Farmhouse menawarkan pemandangan unik dengan arsitektur bangunan dan taman khas Eropa, yang mana didalamnya terdapat restoran, taman dan kandang hewan peliharaan yang dibangun dengan arsitektur nan indah.

Tempat Wisata di Bandung

Tempat yang paling terkenal dari Farmhouse adalah rumah Hobbit, seperti yang ada di film Hollywood, The Hobbits. Tempat ini bisa menjadi tujuan favorit jika Anda berkunjung ke Bandung bersama keluarga. Anak-anak bisa memberi makan hewan kecil seperti domba, kelinci, dan angsa. Selain itu, Anda sekeluarga juga meyewa pakaian khas Belanda dan berfoto di sekeliling area Farmhouse.

Tiket masuk ke Farmhouse adalah sebesar Rp20.000 per orang. Tiket tersebut bisa Anda tukar dengan satu gelas susu segar atau satu porsi sosis bakar. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 09:00 – 16:00 WIB.

Dago Dream Park


Dago Dream Park beralamat di Jalan Dago Giri km 2,2, Desa Mekarwangi, Lembang, Bandung, berlokasi tidak jauh dari De Ranch. Tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 ini merupakan lokasi berlibur yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Memiliki berbagai macam permainan dan wahana, Dago Dream Park menawarkan hiburan keluarga yang lengkap.

Memiliki luas sekitar 1 hektare, Dago Dream Park mengangkat konsep “Fun in The Nature”, dimana kita bisa berperahu dan bersepeda, dan anak-anak pun bisa bermain di arena bermain di dalam dan luar ruangan. Lelah berkeliling dan bermain, kita sekeluarga bisa menikmati makanan yang ada di Food Truck.

Untuk masuk ke tempat ini, tiket dijual seharga Rp15.000 per orang. Ada beberapa permainan yang memerlukan tiket tambahan dengan kisaran harga Rp15.000 – Rp35.000 per wahana. Jam buka Dago Dream Park adalah setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam.

The Lodge Earthbound Adventure Park & Resort

Terkenal dengan sebutan The Lodge Maribaya, terletak satu jalur dengan tempat wisata seperti De Ranch dan Taman Bunga Begonia. Memiliki pemandangan alam hutan pinus yang terbentang luas, The Lodge Maribaya merupakan tempat yang cocok untuk hunting foto bersama pasangan atau keluarga.

Tempat Wisata di Bandung

Kita juga bisa bersepeda di atas seutas tali atau menaiki luncur gantung yang tentunya harus memililki pengaman yang cukup. Berfoto di atas wahana tersebut dengan latar belakan hutan pinus tentunya akan menarik dan jadi kenangan tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tenda permanen yang berbentuk bawang untuk berkemah. Di dalam tenda, sudah terdapat perlengkapan tidur layaknya seperti di hotel.

Tiket masuk The Lodge Maribaya bisa dibeli dengan harga sekitar Rp25.000 dan sudah mendapatkan satu gelas minuman segar, sedangkan untuk berkemah, harga sewa tenda permanen harganya antara Rp275.000 – Rp475.000. Makanan yang tersedia di restoran dalam kawasan wisata ini juga terbilang murah yaitu mulai dari Rp20.000 per porsi.

Taman Bunga Begonia


Terletak di Jalan Maribaya nomor 120A, kebun bunga di dataran tinggi ini memiliki koleksi berbagai jenis bunga begonia dengan dominasi bunga begonia Bali. Selain itu, terdapat juga tanaman seperti terong, tomat, dan buncis.

Tempat Wisata di Bandung

Selain menikmati keindahan kebun bunga yang tertata rapi, kita juga bisa membawa pulang hasil panen yang ada pada hari itu dengan harga yang cukup murah. 

Asyiknya lagi, di dalam kawasan taman, terdapat restoran dengan pertunjukan live music, sangat cocok untuk yang ingin bersantai bersama pasangan, sambil menikmati alunan lagu dengan latar pemandangan bunga-bunga nan indah.

Tiket masuk ke tempat wisata di Bandung ini adalah sebesar Rp10.000 per orang. 

Jika Anda membawa kamera SLR, Anda perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp50.000 per kamera. Anda bisa mengunjungi Taman Bunga Begonia setiap hari dari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Sebaiknya, datang pada pagi hari karena udara akan lebih sejuk dan Anda bisa lebih lama berkeliling di taman.

Kampung Gajah Wonderland


Kampung Gajah Wonderland ini sangat mudah dicari karena sepanjang jalan menuju lokasi dikenal khas dengan patung gajah besar dengan beragam pose, terletak dijalan Sersan Bajuri km 3,8, Lembang.

Tempat Wisata di Bandung

Berbagai wahana dan permainan dapat kita temui didalam Kampung Gajah Wonderland ini. Serta restoran tematik yang akan memanjakan kita di waktu liburan. 

Berenang di kolam renang Waterboom, atau berbelanja di factory outlet dan toko suvenir bisa kita lakukan di dalam kawasan Kampung Gajah Wonderland ini.

Kampung Gajah Wonderland buka setiap hari pada pukul 8 pagi hingga 6 sore. Harga tiket terusan berkisar antara Rp100.000 hingga Rp250.000 per orang. Tanpa tiket terusan, Anda harus membayar untuk setiap wahana yang anda pilih dengan harga sekitar Rp20.000 per permainan.

Grafika Cikole


Berada di jalur utama Gunung Tangkuban Perahu, Grafika Cikole Lembang memang tempat wisata di Bandung yang cocok untuk yang ingin menikmati udara pegunungan. Memiliki fasilitas untuk menginap yang cukup memadai, Grafika Cikole memiliki 3 jenis penginapan yang berbeda yaitu cottage yang berbentuk rumah Hobbit, kamar hotel, dan tenda.

Tempat Wisata di Bandung

Uniknya lagi, semua unit penginapan berada di tengah hutan pinus dengan pepohonannya yang menjulang tinggi keangkasa.

Selain menginap, kita juga bisa melakukan kegiatan lainnnya seperti barbecue, berkuda, dan mancakrida seperti jembatan gantung dan flying fox. 

Cukup dengan mengikuti jalur jalan utama Tangkuban Perahu, Grafika Cikole ini cukup mudah untuk dijangkau, berada tepat di sisi kiri jalan dan sangat mudah untuk ditemukan.

Jika ingin sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan, Anda tidak akan dikenakan biaya, alias gratis dan buka selama 24 jam. Untuk penginapan, kisarannya adalah antara Rp450.000 – Rp950.000 tergantung jenis penginapan yang Anda pilih. Sementara itu, Anda bisa menikmati permainan dengan harga mulai Rp20.000 per satu jenis permainan.

Bandung Treetop Adventure Park


Bandung Treetop Adventure Park sangat cocok untuk yang memang menyukai petualangan dan wisata ekstrim nan menantang. Mengangkat slogan “Fun, Adventure, Adrenaline” Bandung Treetop merupakan cabang dari merek Treetop Adventure Park yang sudah terkenal di dunia.

Tempat Wisata di Bandung

Pengelola wisata alam ini menyulap alam di kawasan hutan pinus Cikole menjadi tempat yang bersahabat dan menyenangkan, kita hanya perlu menyusuri jalur Gunung Tangkuban Perahu untuk sampai ditempat ini. Bandung Treetop Adventure Park sendiri menawarkan berbagai kegiatan seperti ATV, flying fox, dan mancakrida untuk berbagai usia. Seluruh permainan dan pemandu diawasi dengan ketat dan memiliki standard keamanan internasional.

Tiket masuk untuk semua kegiatan yang ada di Bandung Treetop Adventure Park adalah sekitar Rp180.000 untuk peserta dewasa dan Rp125.000 untuk peserta anak-anak. Tempat wisata di Bandung ini bisa dikunjungi setiap hari pada pukul 08:00 – 17:00 WIB

Bandung memiliki banyak sekali tempat wisata terbaru, paling bagus, hits dan paling kekinian. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, wahana permainan anak dan keluarga, tempat belanja dan nongkrong yang asyik hingga hunting foto yang instagramable, semuanya ada di Bandung. 

Selain memiliki udaranya yang sejuk, fasilitas dan akomodasi wisata di kota kembang ini bisa dibilang sangat komplit. Hotel, tansportasi, tempat makan, tempat wisata menarik dan romantis tersedia dengan beragam pilihan. Selanjutnya Anda tinggal pilih dari harga yang super mahal sampai yang murah meriah ada semuanya, dan telah kami bahas disini untuk sebagian besarnya.

Namun, saking banyaknya tempat wisata di Bandung yang asik dan seru, admin tidak dapat mengungkapkan semuanya satu persatu, bahkan jika semuanya dibahas disini, justru nanti akan membuat traveler bingung mau berkunjung kemana. Happy Traveling!
Advertisement

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments