Tempat Wisata di Garut Kekinian Yang Murah dan Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata di Garut Kekinian Yang Murah dan Wajib di Kunjungi

Baca juga:

Tempat wisata di Garut tidak kalah pentingnya dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia, bahkan bisa dikatakan sebagai tempat wisata paling murah, jika dibandingkan dengan tempat wisata terkenal lainnya seperti Bali dan Lombok.

Tempat Wisata di Garut


Garut adalah sebuah Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat yang kondisi geografisnya bisa dibilang sangat strategis sekali untuk dikembangkan menjadi salah satu tempat tujuan wisata terbaik dan terfavorit.

Karena itu, tidaklah mengherankan jika pemerintah kabupaten garut khususnya dan pemerintah provinsi jawa barat terus berupaya mengembangkan sektor parawisata di kota yang terkenal dengan dodol nya ini.

Yang unik dari posisi geografis Garut ini adalah; Sebelah utara Garut yang berbatasan dengan Kabupaten Sumedang dikelilingi oleh 5 gunung, yang tentu saja banyak terdapat spot atau destinasi wisata alam nya. Sedangkan disebelah selatan terdapat Samudera Hindia, sehingga sudah barang tentu banyak pula terdapat wisata pantai nya.

Bagian sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur dan Bandung, serta sebelah timurnya berbatasan dengan Tasikmalaya.

Dengan demikian, sudah saatnya anda memasukkan Garut ke dalam "Bucket List" tujuan wisata anda berikutnya. Sebagai tujuan wisata untuk liburan akhir tahun, liburan sekolah dengan berwisata dan berlibur bersama keluarga anda di Garut, dan juga sebagai liburan untuk mengisi cuti tahunan anda.

Kabupaten Garut ini memberikan cukup banyak tempat atau spot-spot wisata pilihan yang dapat Anda kunjungi. Garut memang tidaklah se-terkenal daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia, namun demikian, Garut memiliki banyak tempat-tempat wisata alam, wisata pantai, wisata budaya yang "wow" banget, yang tak kalah seru nya dengan tempat-tempat wisata di Belitung, Bali, Lombok, Semarang, Yogyakarta dan sebagainya.

Kabupaten yang memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan, dengan objek wisata di garut mulai dari Situs Budaya, Situs bersejarah, wisata romantis seperti di Kampung Sampireun, curug atau air terjun yang akan memanjakan mata anda, bahkan untuk wisata ekstrim seperti tempat wisata di Bogor pun dapat anda temui di Garut ini.

Fasilitas dan akomodasi untuk menunjang perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Garut pun cukup lengkap, mulai dari akomodasi, transportasi, hingga tempat jajanan dan belanja oleh-oleh pun banyak ditemui.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Garut terbaru, murah, paling terkenal, indah, serta sangat direkomendasikan untuk Anda Jelajahi, berikut ini daftar tempat wisata di Garut yang dapat anda kunjungi dan nikmati dimasa liburan anda bersama keluarga ataupun kerabat anda.


1. Gunung Papandayan

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Wisata Alam di Garut pertama yang Dunia Asa ulas adalah Gunung Papandayan, yakni gunung api strato yang berada di Kecamatan Cisurupan - Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 mdpl, yang mana terdapat kawah dan sumber air panas yang konon katanya dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Karena itu, kawah dan gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut, terutama bagi para pendaki gunung dan para pecinta alam.

Didukung oleh tempatnya yang mudah dicapai karena jalan menuju lokasinya sudah sangat bagus, berwisata dan berpetualangan di kompleks kawah Papandayan, sampai ke padang edelweiss tegal alun, atau bahkan menangkap sunrise di tebing sunrise Papandayan.

Namun demikian, sebelum anda berkunjung ketempat wisata Gunung Papandayan Garut ini ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu apakah tempat ini ditutup atau tidak, karena apabila ternyata kondisi alam sedang tidak baik, atau ekstrim, kompleks wisata ini ditutup sementara oleh otoritas disana.

Jika ternyata jalur untuk menuju dan mendaki Gunung Papandayan ini dibuka untuk umum, ada baiknya anda membawa baju hangat karena udara di puncak gunung ini termasuk dingin. Untuk tiket masuk nya pun tergolong sangat murah cuma sebesar 15 ribu rupiah saja untuk turis lokal, sedangkan untuk turis mancanegara sebesar 150 ribu rupiah.

Jika anda bermaksud untuk kamping atau bermalam disini, juga tersedia penyewaan tenda, dengan harga 70 ribu rupiah permalam.


2. Taman Satwa Cikembulan

Tempat Wisata di Garut image: riparhand

Tempat wisata keluarga di garut ini buka setiap hari mulai pukul 09 pagi sampai pukul 5 sore, dengan harga tiket masuk sangat murah, berkisar antara 10ribu sampai 20ribu rupiah untuk dewasa dan 6ribu rupiah untuk anak-anak.

Taman Satwa Cikembulan Garut ini sangat cocok untuk anda yang berencana untuk berlibur dan berwisata bersama keluarga dan anak-anak anda. Taman satwa ini bisa dikatakan kebun binatang mini, selain sebagai tempat liburan, juga menjadi ajang edukasi untuk anak-anak anda.

Taman satwa ini berlokasi di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sebagai kebun binatang mini, koleksi satwa yang ada di taman satwa ini cukup menarik untuk dikunjungi, dan yang menjadi favorit para wisatawan adalah Macan Tutul Jantan dan Harimau Sumatera. Taman Satwa Cikembulan memiliki lebih dari 200 spesies, termasuk spesies langka dan dilindungi.

Selain itu, ditaman satwa ini juga terdapat areal pemancingan, jadi selain bisa melihat-lihat koleksi satwa yang ada, anda juga bisa mengajak keluarga anda untuk memancing di kolam pemancingan yang ada di kebun binatang mini cikembulan garut.

Kebun Binatang Mini Cikembulan ini juga menyediakan berbagai fasilitas wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa, seperti naik kuda, bebek air, ATV Road dan mobil kecil untuk anak-anak.

3. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Candi Cangkuang, Garut adalah merupakan tempat Wisata Sejarah di Garut, yang berlokasi di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut.

Candi Cangkuang Garut termasuk candi Hindu yang telah berdiri sejak zaman kerajaan Sunda pertama, yaitu Kerajaan Galuh, dan merupakan sebuah cagar budaya yang tetap terpelihara dengan baik hingga kini.

Nama Candi Cangkuang sendiri berasal dari nama desa nya, yakni Desa Cangkuang. Sedangkan nama Desa Cangkuang itu sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad.

Sebagaimana dengan tempat wisata di garut lainnya, Candi Cangkuang ini juga termasuk dalam daftar tempat wisata di Garut yang sangat murah karena harga tiket masuk-nya hanya sebesar Rp. 7.500,- per orang.

Tempat wisata garut yang satu ini terbilang unik, karena selain merupakan tempat cagar budaya dan wisata sejarah, candi ini terletak di tengah situ atau danau kecil, sehingga untuk menuju situ ini kita harus menggunakan rakit, jadi bisa juga dikatakan sebagai wisata petualangan. Keren dan seru banget pastinya.

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo terletak di kecamatan Leles, sebelum memasuki kota Garut tidak jauh dari jalan raya sehingga tempat wisata di Garut ini bisa menjadi tempat wisata pertama yang bisa anda kunjungi saat anda berlibur dan berwisata di Garut.

Selain itu juga terdapat kampung adat yakni kampung Pulo yang terletak persis di pinggir candi.


4. Situ Bagendit

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Wisata Alam di Garut ini merupakan wisata danau yang cantik dan indah menawan, yang memiliki berbagai fasilitas wahana permainan air seperti manaiki rakit bambu, bersepeda air, kano, memancing hingga jet ski.

Yang lebih menariknya lagi, tempat wisata alam di garut ini memiliki panorama alam yang sangat mempesona, dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar belakang alam pegunungan yang begitu meneduhkan dan memanjakan mata.

Tampat Wisata Danau Situ Bagendit Garut ini terletak di kecamatan Banyuresmi, Garut berjarak 13 kilometer dari pusat kota Garut, atau menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket masuk sekitar Rp. 5.000,- per orang, cukup murah meriah bukan?

5. Kampung Sampireun

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Kampung Sampireun Resort & Spa adalah salah satu tempat wisata paling romantis di garut. Yang merupakan destinasi wisata bulan madu di Indonesia. Resort ini berada di atas danau dengan nuansa Sundanees-nya yang kental. Suasana romantis akan menemani anda sepanjang hari selama menghabiskan waktu bulan madu anda di tempat ini.

Kampung Sampireun berada di Jl Raya Samarang Kamojang, Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Terkenal dengan pesona alamnya yang menciptakan suasana romantisme yang kental terasa, berada pada ketinggian 1.000 mdpl, dengan udara sejuknya yang akan menyelimuti, tempat ini sangat cocok untuk anda yang baru menikah dan ingin merasakan suasana bulan madu yang romantis untuk dinikmati bersama pasangan anda.

Mengitari suasana alam danau nan indah mempesona berdua dengan pasangan anda, menikmati suasana romantisme sunda yang eksotis, sungguh merupakan kenangan yang tidak akan pernah anda lupakan sepanjang hidup anda. Memiliki 22 bungalow yang berlokasi di pinggir-pinggir danau, semua bisa anda nikmati tanpa harus mengeluarkan budget besar selayaknya di resort-resort tempat wisata terkenal lainnya.

Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk acara family gathering atau gahtering bersama rekan dan sejawat anda.

6. Pemandian Air Panas Cipanas

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Kawasan pemandian air panas Cipanas Garut adalah salah satu tempat pamandian air panas yang paling populer di Jawa Barat, dan juga di Indonesia. Tempat wisata di Garut yang populer ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Akomodasi yang tersedia disini pun cukup lengkap, banyak hotel, penginapan, hingga bungalow di sana.

Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut, yakni hanya berjarak sekitar 6 km, atau dengan jarak tempuh hanya sekitar 15 menit saja anda dengan sangat mudah tiba ditempat pemandian air panas legend ini.

Air panas yang bersuhu antara 37 sampai 46 derajat celcius ini mengandung berbagai macam mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, serta diyakini memiliki khasiat sebagai penyembuhan.

Di kolam pemandian air panas, Anda dapat mengembalikan kebugaran tubuh dengan mengendurkan otot-otot yang kaku serta untuk relaksasi. Di kawasan Cipanas Garut ini juga, Anda dapat memilih untuk melakukan kegiatan hiking dan Paralayang di gunung Guntur. Dengan harga tiket masuknya sekitar 20ribu rupiah.

Tempat wisata pemandian air panas, Cipanas ini juga sangat cocok untuk anda masukkan kedalam bucket list tujuan wisata dan liburan anda bersama keluarga dan anak-anak anda. Karena ditempat ini juga terdapat wahana air seperti waterboom dan taman permainan air panas.

Wahana permainan air yang ditawarkan disini mulai dari papan seluncur air, water ball sampai flying fox. Disini juga tersedia banyak permainan yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Jadi, ada permainan yang memang untuk anak-anak dan ada pula permainan untuk orang dewasa.


7. Puncak Darajat Garut

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Kawasan Darajat merupakan tempat wisata alam di garut yang cukup terkenal yang menawarkan keindahan panorama alam, udara nya yang sejuk, dan juga pemandian air panas nya yang semakin populer bernama Puncak Darajat.

Darajat merupakan nama yang diberikan untuk kawasan wisata di Garut, sedangkan Puncak Darajat adalah nama salah satu kolam renang dan pemandian air panas di kawasan wisata Darajat, dengan air kolam yang cukup bersih karena berasal dari sumbernya langsung, sambil menikmati udara segar serta pemandangan alam yang indah di dataran tinggi Kawasan Darajat.


Harga tiket masuk Puncak Darajat pun terbilang sangat murah, hanya sebesar 20ribu-an dihari-hari biasa, dan 25ribu-an rupiah saat hari libur.

Berada di Jl. Darajat KM. 14 Pasirwangi, Garut, Jawa Barat. Fasilitas yang ada di Kawasan Darajat ini cukup banyak diantaranya Waterboom, ember tumpah, kolam pemandian air panas, rumah makan, dan penginapan. Selain itu terdapat juga wisata berkuda, ATV, Flayingfox terpanjang di garut, shaking bridge, hingga Outbound.

8. Kawah Talaga Bodas

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Kawasan Wisata Talaga Bodas Garut yakni Gunung Talaga Bodas memiliki ketinggian 2201 mdpl, sedangkan Kawah Talaga Bodas nya sendiri berada diketinggian 1512 mdpl, serta Puncak Gunung nya merupakan perbatasan antara Garut dan Tasikmalaya.

Kawasan Cagar Alam Gunung Talaga Bodas terletak di kecamatan Pangatikan dan kecamatan Wanaraja, dan Taman Wisata Kawah Talaga Bodas seluas berada di kecamatan Pangatikan.

Di sini para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas alam seperti hikking, tracking, camping, dan tentu saja fotografi, serta tidak ketinggalan pemandian air panas nya.
Dengan tiket masuk ke kawasan wisata Kawah Talaga Bodas sangat murah sekali, hanya sebesar 5ribu rupiah saja.

Pengunjung juga bisa berjalan menyusuri jalan berpasir menuju pemandian air panas belerang alami dan juga air terjun, dengan fasilitas yang lumayan lengkap, termasuk adanya warung di sekitar kawah, toilet, dan areal parkir yang cukup luas.

9. Curug Sang Hyang Taraje

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Air terjun atau yang dalam bahasa sunda disebut dengan Curug Sang Hyang Taraje terletak di kecamatan pakenjeng garut. Tempatnya cukup jauh dari pusat kota Garut, serta akan menjadi wisata petualangan tersendiri jika anda bermaksud mengunjungi salah satu tempat wisata di Garut ini.

Curug Sang Hyang Taraje adalah air terjun yang cukup unik yang memiliki dua air terjun, atau disebut juga air terjun kembar dan memiliki debit air yang cukup besar serta cukup tinggi.

Curug Sang Hyang Taraje yang terletak di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan - Garut ini lokasinya cukup tersembunyi, karena itu untuk sampai ketempat ini cukup memberikan petualangan tersendiri bagi anda yang ingin menyambanginya.

10. Curug Orok

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Air terjun Orok di Garut ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Curug ini termasuk dalam curug yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, tiket masuknya pun relatif masih sangat murah, yakni hanya berkisar 10ribu rupiah saja.

Curug Orok ini adalah tempat wisata air terjun yang paling terkenal di Garut, berlokasi di Desa Cikandang, yang memiliki cerita cukup tragis dibaliknya hingga akhirnya dinamakan dengan Curug Orok. 

Yang konon katanya nama curug orok sendiri berasal dari cerita masyarakat Garut yang mengatakan bahwa dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya dari atas air terjun tersebut, hingga akhirnya dinamakan dengan curug orok, yang mana "orok" itu sendiri berarti "bayi".

11. Curug Citiis

Tempat Wisata di Garut image: infopaguci.blogspot

Kawasan wisata air terjun di Garut ini memiliki luas sekitar 30 m2 dengan ketinggian sekitar 1.000 meter DPL. Air terjun ini tergantung musim, dalam artian debit air akan berkurang di musim kemarau, dan akan meningkat di musim hujan. Karena itu, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata Curug Citiis Garut ini pada musim hujan.

Namun sayangnya tempat wisata air terjun ini kurang terawat dengan baik, dengan adanya penambangan pasir liar, serta aksi-aksi traveler kampungan seperti membuang sampah sembarangan serta aksi vandalisme di batu-batu di sekitar Curug, sehingga jadi sangat mengganggu.

Curug Citiis ini terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong, yang berada di kaki Gunung Guntur biasanya menjadi tempat singgah dan tempat istirahatnya para pendaki Gunung Guntur.

Sumber air Curug Citiis ini sendiri berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas nya yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin nya mengalir ke aliran Curug Citiis.

Sedangkan aktivitas yang dapat dilakukan disini menyangkut aktifitas-aktifitas alam seperti hiking, tracking, camping dan fotografi.

12. Curug Cimandi Racun

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Terkenal dengan sebutan Curug Cibuni Racun yang memiliki ketinggian 25 meter dan sumber air terjunnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi.

Lingkungannya cukup baik dan terawat dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, dilengkapi dengan udaranya yang sejuk, dengan suhu berkisar antara 23-25 derajat celcius.

Curug Cibuni Racun masuk ke dalam salah satu tanah adat masyarakat Kampung Pasir Kunci dan Kampung Singkur.

Garut sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata air terjun, selain empat air terjun diatas, diantaranya; Curug Jagapati, Curug Leuwi Tonjong, Curug Nyogong, Curug Ciharus, Curug Cibadak dan Curug Rahong Cisewu.

13. Pantai Santolo

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Salah satu tempat wisata di garut yang cukup populer adalah Pantai Santolo. Masuk dalam wilayah Kecamatan Cikelet, sekitar 88 kilometer sebelah selatan kota Garut, pantai ini memiliki panorama alam pantai yang cukup indah yang masih sepi pengunjung dan memiliki fasilitas pariwisata yang cukup lengkap.

Tempat wisata keluarga ini berada sekitar 88 kilometer sebelah selatan kota Garut. Para pengunjung biasanya memang mencari ketenangan, dan sejenak melepas kepenatan dan menjauh dari hiruk pikuk suasana kota.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan dilengkapi dengan pasir putih nya yang halus. Selain itu, anda bisa langsung menuju pantai sayang heulang; pantai dengan bentang karang yang cukup luas dan unik. Cukup menyeberang sedikit, dan di sebelahnya langsung bertemu dengan pantai sayang heulang.

Tiket masuk ke pantai Santolo terbilang cukup murah dengan hanya membayar sebesar 3ribu rupiah saja, dan jika ingin menyebrang ke pulau kecil disana menggunakan perahu nelayan cukup membayar 2ribu rupiah untuk sekali nyebrang, dan jika PP sebesar 4ribu rupiah.

14. Pantai Sayang Heulang

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Pantai Sayang Heulang ini letaknya di pinggir kota Garut. Masuk kedalam wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pantai ini memiliki panjang kurang lebih 3,5 km dengan lebar sekitar 50 meter, dan menjadi salah satu destinasi wisata Pantai di Garut. Nama pantai ini sendiri diambil dari bahasa sunda yang berarti "Sarang Burung Elang". So, sudah barang tentu jika anda datang mengunjungi kawasan wisata pantai di Garut ini anda akan melihat sebuah patung yang berbentuk burung erang.

Selain memiliki panorama alam pantai yang indah, dengan udaranya yang sejuk, pantai ini juga memiliki air laut nya yang sungguh bening sehingga pasirnya pun terlihat memutih, dan ketika anda menginjakkan kaki anda kedalam air laut anda akan merasakan pasir laut yang halus, yang akan membuat anda betah dan ingin berlama-lama menikmati panorama alam pantai yang ada di pantai sayang heulang garut ini.

15. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha sebenarnya adalah merupakan sebuah bukit yang menjorok sedikit ketengah laut, sehingga sudah dapat dipastikan disini kita akan mendapatkan sebuah pemandangan yang cukup spektakuler, berupa pemandangan laut lepas, dan pemandangan garis pantai selatan Garut.

Pantai Puncak Guha terletak di Garut Selatan, yang masih asri dan belum terjamah oleh pedagang-pedagang yang seringnya malah membuat liburan atau acara berwisata kita sedikit terganggu. Namun karena ketidak adanya pedagang yang berjualan disini membuat kita harus membawa bekal sendiri baik makanan maupun minuman jika ingin menyambangi Pantai Puncak Guha ini.

Keindahan panorama pantai yang bisa kita saksikan dari atas tebing, dan juga pemandangan dibawah tebing berupa ratusan kelalawar.

16. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya ini memiliki ombak yang cukup besar, karena pantai ini langsung berhubungan dengan Samudera Hindia. Selain ombaknya yang besar, pantai Rancabuaya ini juga memiliki bebatuan karang yang besar. Karena kondisi inilah, Pantai Rancabuaya di Garut banyak didatangi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dan yang lebih uniknya lagi, ditempat ini terdapat air terjun atau curug yang langsung mengarah ke laut. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Puncak Guha, sehingga bisa anda jadikan satu paket wisata sekaligus. Menginap di Rancabuaya dan kemudian menikmati sunset/ sunrise di puncak guha.
Harga tiket masuk-nya pun relatif masih sangat murah sekali, dengan harga hanya sebesar 6ribu rupiah saja.

17. Pantai Karang Paranje

Tempat wisata pantai karang paranje ini terletak di Kecamatan Cibalong, Garut. Keunikan Pantai Karang Paranje ini adalah memiliki deretan karang di sepanjang garis pantainya. Memiliki area seluas sekitar 9 hektar serta masih sangat alami, karena belum tersentuh oleh pengaruh dari luar, baik itu pencemaran udara, suara, dan sebagainya.

Dipantai Karang Paranje Garut ini, anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah, dan bisa menjadi spot foto terbaik bagi anda penyuka fotografi alam.

18. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah Garut ini termasuk salah satu wisata pantai di Garut yang unik, karena selain memiliki pemandangan alam pantai yang indah, juga terdapat perkebunan karet disekitarnya.

Tiket masuknya pun sama seperti tempat-tempat wisata lainnya di Garut, masih sangat murah sekali, hanya berkisar 10ribu rupiah saja.

Berlokasi di Desa Sagara, Garut pantai ini memiliki keunggulan diantaranya masih relatif sepi pengunjung, bersih, alami, dan mempunyai air yang sangat jernih.

Selain tempat wisata alam pantai seperti yang telah kami sebutkan diatas dan karena sebelah selatan Garut langsung berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka tidak ayal lagi banyak terdapat wisata-wisata alam pantai di Garut, seperti: Pantai Gunung Geder, Pantai Taman Manalusu, Pantai Cicalobak, Pantai Karang Tepas, Pantai Karang Pakpak, Pantai Karang Sebrotan, Pantai Sodong Bodas, Pantai Cicalobak, Pantai Cidora, Pantai Cijayana, Pantai Sancang, Pantai Sodong Lalay, Pantai Citanggeuleuk, dan Pantai Manalusu.

19. Gunung Guntur

Gunung Guntur terletak di Desa Sukawangi, kecamatan Tarogog Kaler, Garut, yang mempunyai ketinggian 2.249 mDPL, serta tidak ada harga tiket masuk khusus yang harus anda keluarkan. Walaupun begitu, para pengunjung diharapkan memberi bantuan seiklasnya untuk pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana umum yang ada di Gunung Guntur Garut ini.

Tinggi gunung Guntur ini memang tidaklah seberapa dibanding dengan gunung-gunung lain di pulau Jawa. Namun walaupun demikian, gunung guntur ini memiliki medan yang cukup ekstrim untuk dilalui serta menguras cukup banyak tenaga untuk sampai ke puncak gunung.

Oleh dari itu, Wisata Alam Gunung Guntur Garut ini bisa menjadi salah satu ajang adventure treveling bagi anda yang memang menyukai wisata alam petualangan dan anda yang mencintai alam serta menyukai olahraga ekstrim.

20. Gunung Cikuray

Sebelah Selatan Garut berbatasan dengan Samudera Hindia, sehingga Garut memiliki banyak sekali wisata pantai, dan sebelah utara garut dikelilingi oleh gunung-gunung yang cantik menjulang. Dan salah satunya adalah Gunung Cikuray. Objek wisata alam ini berada di ketinggian 2821 mdpl.

Gunung Cikuray juga memiliki nama atau julukan lain, yakni "Negeri di Atas Awan", jadi tidak hanya dataran tinggi dieng Jawa Tengah saja yang mempunyai julukan negeri diatas awan, ternyata di Jawa Barat, tepatnya di Gunung Cikuray juga merupakan tempat yang dijuluki "Negeri diatas Awan". Julukan ini diberikan karena ketika pagi menjelang, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah ini.

Lokasi Gunung Cikuray ini terletak di wilayah Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedung, Kecamatan Cikajang dan Kecamatan Banjarwangi.

Gunung Cikuray ini adalah gunung tertinggi di Kabupaten Garut, trekking untuk pendakiannya lebih terjal jika dibandingkan dengan trek pendakian gunung Papandayan. Puncak gunung Cikuray dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu yang relatif singkat yaitu 4 – 6 jam.

Di akhir pekan atau hari libur, puncak gunung Cikuray selalu dipadati oleh pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karena alamnya bersahabat, treknya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

Nah, itu dia aneka wisata Garut yang menarik, asik, dan seru. Lengkap bukan tempat liburannya? Tak salah bila Garut disebut “Swiss Van Java”. Oya, jangan lupa bagi sobat traveler yang punya info tempat wisata di Garut yang bagus lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

21. Karacak Valley

Tempat Wisata di Garut image: tripadvisor

Karacak Valley adalah sebuah kawasan wisata yang terhitung masih baru, karena itu bisa dikatakan sebagai wisata kekinian di garut. Tempat liburan di Garut ini berupa hutan pinus dan kebun kopi yang dikelola menajdi tujuan wisata alam di Garut yang unik dan kekinian.

Lokasinya sendiri berada di wilayah kecamatan Garut Kota, sehingga tidak begitu jauh dan cukup mudah dijangkau wisatawan.

22. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang bisa menjadi alternatif tujuan wisata anda di Garut. Karena rutenya masih berada satu jalur dengan kampung sampireun dan juga kebun mawar situhapa.

Walaupun nama kawasan wisata di garut ini disebut dengan Kawah, namun jangan anda berpikiran bahwa ini adalah seperti kawasan wisata kawah seperti yang telah kami sebutkan diatas, tapi lebih berupa uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu. Disini kita bisa berkeliling area, berendam air panas, dan lain sebagainya.

Kawah Kamojang terletak di daerah Samarang, Garut, Jawa Barat yang berada di ketinggian 1.730 M DPL. Suhu di tempat ini bisa di bilang cukup dingin dan ekstrim, jadi sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang cukup tebal. Kawah ini adalah salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di kota Garut, karena uap yang dihasilkan dari kawah disini berasal dari perut bumi.

Di Kawah Kamojang ini terdapat 23 kawah 2 diantaranya berbentuk seperti danau uap, serta harga tiket masuknya pun cukup murah, hanya sebesar 10ribu rupiah saja.

Kawah Kamojang ini berupa saluran seperti gua dimana uap panas bumi yang keluar melalui lorong gua dan inilah yang menjadi keistimewaan dari kawah kamojang.

23. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Tempat Wisata di Garut Image: pecintaalam8815.blogspot

Ingin berwisata ekstirm, seru dan menantang serta memacu adrenalin Anda? Coba arungi sungai Cimanuk. Sungai Cimanuk yang memiliki karakteristik yang sangat ideal untuk rafting, dengan batu-batu cadas serta aliran air nya yang deras dapat membuat memacu adrenalin, sehingga menambah daya tarik arung jeram serta wisata petualangan ekstrim yang menyenangkan.

Menikmati pesona alam dengan tebing-tebingnya yang indah, air terjun hingga melintasi kawasan hutan bambu yang lebat, di kawasan Sungai Cimanuk sambil melakukan wisata ekstrim arung jeram tentu akan menjadi petualangan dan kenanganan tersendiri bagi anda. Dan itu semua dapat anda nikmati dengan hanya membayar sebesar 275ribu rupiah saja. Murah bukan?

24. Tebing Alam Batu Tumpang

Tempat Wisata di Garut

Seperti namanya, keunikan tempat wisata di garut, yakni Tebing Batu Tumpang ini adalah batu yang menumpang. Tebing Alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang, berjarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari kota Garut, Batu Tumbang akan ditemui saat anda menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan.

Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, sehingga udaranya cukup sejuk dan tentu saja bebas polusi.

Di sekitar tempat wisata Batu Tumpang terdapat warung-warung warga sekitar yang menjual aneka makanan dengan harga standar. Di akhir pekan, para pecinta alam sengaja datang ke tempat ini untuk latihan olah raga panjat tebing.

So, cukup lengkap dan menarik bukan? “Swiss Van Java” yang menjadi julukannya tentu bukan sembarangan julukan. Berwisata sambil berbulan madu dengan pasangan anda, pilih tempat wisata romantis dan eksotis ala sunda di kampung Sampireun, atau ingin memacu adrenalin dengan wisata ekstrim? kunjungi dan ambil paket arung jeram di Sungai Cimanuk.

Bahkan jika anda hanya ingin sekedar merasakan sensasi berendam di air panas alami, bermain dan berwisata air dengan keluarga dan anak-anak anda, bisa mengunjungi Taman Satwa Cikembulan, Kawasan Wisata Kawah Darajat, atau Pemandian Air Panas Cipanas.

Dan jika Sobat Asa yang ingin membagikan pengalaman wisata dan liburannya di Garut silahkan bagikan di kolom komentar. Semoga informasi Tempat Wisata di Garut yang kekinian dan wajib untuk anda kunjungi ini bermanfaat untuk anda. Happy Traveling!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments