Wisata Pulau Bintan - Surga Bagian Barat Indonesia

Wisata Pulau Bintan - Surga Bagian Barat Indonesia

Hamparan pantai dan hutan nan hijau menjadikan Pulau Bintan bagaikkan permata ditengah-tengah lautan tropis. Terletak di sekitar 60 km dari hutan beton Singapura, Kabupaten Bintan, jika dilihat di peta hanya berupa sebuah titik di bagian utara Jawa. Terbayang dibenak bahwa pulau bintan hanya lah sebuah pulau kecil, namun jika kita lihat lagi, ternyata Pulau Bintan luasnya dua kali lebih besar dari pada Singapura. Perjalanan darat yang ditempuh dari kota Tanjung Pinang akan mengejutkan kita karena jalan berliku yang akan dilalui masih berselimutkan hutan lebat dikanan kiri jalan, dan kita akan semakin takjub karena daerah ini 70 persennya masihlah berupa hutan lebat.

Hampir keseluruhan Pulau Bintan ini adalah hutan rimbun yang dihuni oleh sekitar 335.000 orang penduduk, yang jika di bandingkan dengan Singapura, hanya sekitar 1/15 penduduk Singapura. Masyarakat yang tinggal disekitar pantai dan bergantung hidup dari melaut, berdagang dan dalam beberapa tahun belakangan ini, mulai bergeliat memasuki era baru dari industri wisata.

Tidak hanya kawasan Wisata Bali, Lombok, dan Belitung, Wisata Pulau Bintan juga memberikan banyak tempat wisata keren dan resort kelas dunia. Pulau yang dijuluki dengan Negeri Segantang Lada ini, tak banyak yang mengetahui bahwa pulau ini sesungguhnya begitu luas, setelah memasuki gerbang area yang dikenal sebagai ‘Kawasan Resor Pulau Bintan", hampir seperempat bagian pulau ini telah berubah menjadi destinasi wisata dan tempat liburan bagi para wisatawan. Pantai-pantai yang indah di pulau bintan ini sekarang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan akomodasi hotel-hotel ternama.

Kebanyakan dari para pengunjung yang datang ke tempat ini hanya sekedar untuk bersantai, menghirup udara segar serta melepas stres dari hari-hari penuh kesibukan di Singapura atau Jakarta. Spot untuk snorkeling atau padang golf di Ria Bintan yang sering disebut sebagai padang golf terbaik se-Asia, tersedia untuk mereka yang ingin beriwisata sambil berolahraga. Sementara bagi yang lain lagi, datang ke sini khusus untuk menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan Kawasan Resor di Pulau Bintan ini.


MenjelajahI daya tarik klasik objek wisata Pulau Bintan, seperti:

1. Lagoi Bay, Pusat Resor Mewah Pulau Bintan

Lagoi Bay adalah tempat wisata paling populer di Pulau Bintan. Kawasan yang dikembangkan dengan baik sebagai pusat destinasi wisata. Dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan dikawasan Teluk Lagoi ini, membuat tempat ini sama populer nya dengan Bali.

Lagoi Bay merupakan kawasan wisata eksklusif di Pulau Bintan, hanya berjarak sekitar 60 menit dari kota Tanjungpinang. Kawasan yang sudah sangat dikenal oleh para wisatawan mancanegara, maka tidak heran banyak sekali turis asing yang datang kesini terutama wisatawan dari Singapore.

Pantai Lagoi

Terkenal dengan sebutan miniaturnya Singapore, batu-batu granit yang menghiasi pantai di kawasan wisata Pulau Bintan, sangat mirip dengan pantai yang ada di Pulau Bali dengan fasilitas yang tersedia hampir sama dengan yang ada di Bali. Seperti diskotik, spa, lapangan golf, dan resort-resort.

Pantai Lagoi sendiri berhadapan langsung dengan Singapore dan Malaysia, karenanya dulu untuk masuk kekawasan ini harus membayar dengan mata uang dolar.

2. Pantai Trikora, Pantai berpasir putih dan perkampungan nelayan

Pantai dengan bebatuan besar yang begitu indah, sebagaimana seperti pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung. Terletak di pesisir timur Pulau Bintan, pantai dengan garis yang sangat panjang ini menampilkan pemandangan yang sempurna yang akan membuat para traveler betah untuk berlama-lama berada disepanjang pantai ini.

Bersantai di pasir pantai sambil menikmati hembusan angin laut, sembari melihat bebatuan granit yang eksotik menjulang, snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya, atau hanya sekeder menyewa pondok-pondok kecil untuk berteduh dari sinar mentari yang panas menyengat adalah sebagaian kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang datang ke pantai trikora ini.

3. Pulau Bintan Komunitas Tionghoa Terbesar di Indonesia setelah Bangka Belitung dan Banjarmasin

Pulau bintan, adalah salah satu daerah dengan komunitas warga keturunan china terbesar di Indonesia, setelah Bangka Belitung dan Banjarmasin. Karena itu tidak heran jika di kawasan ini terdapat banyak sekali Vihara-vihara yang cukup besar dan unik yang ada di pulau Bintan ini, diantaranya:



  • Vihara Tien Shang Miao (vihara Akar),
  • Dharma Sasana (Kelenteng Senggarang),
  • Vihara Avalokiteswara Graha,
  • Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (vihara seribu patung).

Setiap vihara memiliki cerita dan keunikan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Vihara Avalokitesvara Graha terletak kurang lebih 14Km dari pusat kota tanjung pinang, berada disebelah kiri jalur lintas Tanjung pinang-Tanjung uban. Sangat mudah untuk menemukan vihara ini, selain terletak di pinggir jalan raya, bangunan vihara ini terlihat mencolok dengan bangunan gapura yang megah, serta hamparan luas kebun buah naga di depan perkarangan Vihara. Bangunan utama Vihara terletak pada tempat yang tinggi sehingga akan terlihat dari pinggir jalan raya.

Vihara Avalokitesvara Graha dinobatkan sebagai vihara terbesar di Asia tenggara, yang didalam bangunan utama nya terdapat sebuah patung dewi Kuan Yin Phu Sha yang dan juga dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai patung Dewi Kuan Yin Terbesar yang ada di dalam ruangan.

Patung ini memiliki ketinggian yang mencapai 16.8 meter, yang terbuat dari tembaga dengan berat 40 ton, dan berlapiskan emas 22 karat. Selain sebagai tempat beribadah untuk orang-orang tionghoa, Vihara ini juga menjadi salah satu tujuan wisata wajib di pulau bintan. Para Wisatawan di perbolehkan untuk masuk ke dalam vihara, berfoto di dalam bangunan utama, dengan tetap menjaga sopan santun selama berada di tempat ibadah tersebut.

4. Nirwana Garden


Nirwana Gardens, adalah pusat petualangan di Kawasan Resor Pulau Bintan. Nirwana Gardens ini, terletak di atas hektaran taman menghadap pantai dan kolam-kolam renang yang berkelok dan dikenal sebagai oasis di tengah banyaknya fasilitas kegiatan yang memicu adrenalin.

Pagi hari di Nirwana suite, berjalan kaki menyusuri tepian pantai seraya membangkitkan selera makan sebelum menikmati hidangan prasmanan yang disediakan oleh resor ini, tentu akan menjadi kegiatan pagi yang menyenangkan, sekaligus menyehatkan.

Setelah itu, bermain dengan memacu adrenalin diatas ATV, setelah mencoba wahana menembak dengan menghabiskan satu kotak peluru ditempat latihan menembak yang memang tersedia dikawasan resor ini.

Selanjutnya, kita bisa melanjutkan aktivitas dengan memacu go-kart. Adrenalin yang meningkat saat berbelok di tikungan tajam dan dengan terpaan angin yang berkecepatan 50km/jam, akan membuat kita lupa bahwa udara panas 36°C yang menerpa selama 15 putaran yang sedang kita alami.

Baca: Wisata Balikpapan - Kota Minyak di Kalimantan

Pulau bintan yang berada hanya berjarak satu derajat dari garis Khatulistiwa, membuat daerah ini cukup panas, namun walaupun demikian, Pulau Bintan cukup beruntung, karena masih memiliki angin pantai. Sehingga ketika udara panas semakin terasa, kita bisa segera beranjak ke pantai.

Dengan mencoba berbagai falitas wahana wisata bahari dan olahraga air seperti misalnya wake boarding.

Datang ke Kawasan Resor Wisata Pulau Bintan, setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menghabiskan waktu liburannya. Apapun yang Anda cari, baik itu mencari ketenangan setelah penat akan aktifitas pekerjaan sehari-hari maupun mencari aktivitas permainan dan olah raga pemicu adrenalin, Bintan siap memenuhi hasrat anda. Happy traveling!

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments