Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan

Baca juga:

Saat Anda menyusuri jalanan kota-kota megah ini, tidak mungkin anda membayangkan bahwa ada saatnya ketika semua yang Anda lihat sebelum adalah reruntuhan yang terabaikan.

Kota yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan


Ada banyak kota dan tempat yang hilang selamanya setelah mengalami kerusakan parah akibat perang atau bencana alam, namun kota-kota ini telah berhasil bangkit, seperti mitos burung phoenix, yang bangkit kembali setelah menjadi abu.

Melihat mereka hari ini Anda tidak akan pernah berpikir bahwa kota-kota ini pernah hancur berantakan sebelumnya.

Warsawa, Polandia


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Warsawa saat Invasi Jerman 1939 (PD II)

Saat Anda berjalan mengelilingi ibukota Polandia hari ini, sulit membayangkan bahwa kota ini sebelumnya adalah tidak lebih dari tumpukan puing-puing.

Warsawa mengalami kerusakan parah akibat pemboman selama invasi Jerman pada tahun 1939 ke Polandia. Lima tahun kemudian pada tahun 1944, pasukan Jerman membuat kota rata dengan tanah untuk membalas dendam atas Pemberontakan Warsawa.

Setelah menembaki kota, dilaporkan bahwa tentara Jerman dengan pasukan dan senjata penyembur api dikirim untuk menghancurkan apapun yang selamat dari pemboman tersebut.

Namun, setelah perang berakhir perlahan namun pasti kota kembali bangkit.

Yang paling luar biasa adalah bahwa Old City Square yang bersejarah dan bagian-bagian dari Kota Tua yang terdaftar di UNESCO dibangun kembali dengan menggunakan puing-puing yang ditinggalkan setelah perang.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Warsawa sekarang © tomas1111/123RF

Dresden - Jerman


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Dresden saat Perang Dunia II

Malam tanggal 13 Februari 1945, menandai awal dari apa yang akan menjadi salah satu misi Sekutu yang paling kontroversial dalam Perang Dunia II - pemboman Dresden.

Kota Jerman, yang terkenal dengan arsitektur barok nya yang luar biasa, telah berabad-abad menjadi pusat kebudayaan Eropa dan juga ibukota bersejarah Pemilih Saxony.

RAF dan USAAF melakukan empat penggerebekan antara 13 Februari dan 15 Februari, di mana mereka menjatuhkan 3.900 ton bom peledak tinggi dan alat pembakar di kota tersebut.

Penggerebekan menyisakan kota dalam reruntuhan, skala kehancuran yang dibuat hari itu sulit dibayangkan, dengan bangunan paling terkenal di kota termasuk Frauenkirche, Istana Zwingler, dan Gedung Opera yang telah dikembalikan ke keagungan pra-perang mereka.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Dresden sekarang © sean pavone/123rf

London, Inggris


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan London saat Perang Dunia II

London memiliki perbedaan yang agak disayangkan sebagai kota Inggris yang paling hancur akibat perang selama Perang Dunia II.

Serangan bom Jerman tersebut, yang kemudian dikenal sebagai The Blitz, dimulai pada tanggal 7 September 1940, dan berlangsung selama 37 minggu.

Dipercaya bahwa Luftwaffe menjatuhkan 20.000 bom di London di atas 71 misi. Sekitar satu juta rumah dan bangunan hancur selama The Blitz.

Rekonstruksi salah satu ibukota paling spektakuler di dunia dimulai pada saat pemboman tersebut berhenti.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan London sekarang © Songquan Deng/123RF

Berlin, Jerman


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Berlin saat Perang Dunia II

Sekitar 80% kota Berlin hancur berantakan pada akhir Perang Dunia II. Ketika Anda melewati ibukota Jerman ini, Anda tidak dapat menahan noda bekas kehancuran yang mengerikan itu.

Beberapa daerah tidak pernah dibangun kembali sehingga meninggalkan ruang kosong yang aneh di tengah kota.

Namun meskipun begitu Berlin ini secara luas dianggap sebagai salah satu ibu kota yang paling layak huni, dan indah di Eropa.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Berlin sekarang © jakobradlgruber/123RF

Hiroshima - Jepang


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Hiroshima saat amerika menjatuhkan bom atom

Pada tanggal 6 Agustus 1945 seorang pembom Amerika menjatuhkan bom atom pertama di kota Hiroshima di Jepang.

Seiring dengan korban sipil yang monumental, sebagian besar kota hancur, dan untuk memperburuk keadaan bangunan-bangunan yang berhasil bertahan dari bom tersebut rusak akibat topan dahsyat yang melanda kota itu hanya sebulan berselang.

Sampai saat ini, sejarah penggunaan bom nuklir/ atom hanya dilakukan oleh Amerika Serikat yang mana anehnya lagi negara inilah yang sangat agresif dalam menginvasi suatu negara dengan dalih menghancurkan senjata pemusnah masal tersebut (nuklir).

Rekonstruksi kota dimulai segera setelah perang, dengan benteng Hiroshima abad ke 16 yang ikonik dibangun kembali pada tahun 1950-an.

Sementara itu, Dome Genbaku sekarang merupakan Situs Warisan Dunia yang terdaftar di UNESCO dan sebuah peringatan damai yang terkenal di dunia.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Hiroshima sekarang © sean pavone/123rf

Beirut, Lebanon


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Beirut saat perang saudara 1975 dan 1990

Ibu kota Lebanon mengalami kerusakan yang tak tertandingi selama perang sipil yang terjadi selama 15 tahun yang brutal di negara itu, yang berkecamuk antara tahun 1975 dan 1990.

Namun, hari ini Beirut telah berubah menjadi kota yang secara simbolis identik dengan kota modern dan mewah.

Alih-alih membangun kembali bangunan tua yang rusak parah, perusahaan swasta yang ditugaskan membangun kembali memilih untuk membangun struktur modern baru.

Sementara kritikus mengeluh bahwa ini berlaku untuk menghapus masa lalu kota, sulit untuk tidak jatuh cinta dengan modal modern yang berkembang ini.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Beirut sekarang © Ramzi Hachicho/123RF

Mostar - Bosnia dan Herzegovina


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Mostar saat perang bosnia

Kota Mostar yang megah, yang berdiri di Sungai Neretva di Bosnia Herzegovina, telah terkenal di seluruh Eropa selama berabad-abad karena arsitekturnya yang megah, termasuk abad ke-10 Stari Most, dan campuran budaya Ortodok Islam, Katolik dan Serbia.

Namun, lokasi kota membuatnya sangat strategis selama Perang Bosnia. Setelah konflik tiga tahun akhirnya akhirnya Mostar tersisa dalam reruntuhan.

Namun beberapa tahun terakhir banyak organisasi internasional terlibat untuk mendanai rekonstruksi kota bersejarah tersebut, yang sejak saat itu perlahan kembali ke diri mulanya yang agung.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Mostar sekarang © Marina Datsenko/123RF

Tokyo, Jepang

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Tokyo saat gempa 1923

Pada tanggal 1 September 1923, Tokyo, bersama dengan Yokohama dan kota-kota lain di selatan Pulau Honshu, dilanda gempa berskala 7.9 yang menghancurkan, yang pada gilirannya memicu tsunami.

Gempa besar Kantō tahun 1923, seperti yang sekarang diketahui, menghasilkan api mengerikan yang menghancurkan sebagian besar bangunan kayu di Tokyo.

Sejarawan saat ini menganggap gempa tersebut merupakan titik balik bagi Tokyo karena ini menghasilkan usaha resmi pertama untuk membentuk kembali ibukota Jepang menjadi kota modern.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Tokyo sekarang © Luciano Mortula/123RF

Lisbon - Portugal


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Lisbon saat gempa 1755

Pada tanggal 1 November 1755, Lisbon dilanda gempa dahsyat yang segera diikuti oleh tsunami yang sama merusaknya.

Api yang disebabkan oleh bencana alam dilaporkan terbakar selama lima hari, selama waktu itu menghancurkan istana, katedral, perpustakaan dan ribuan rumah, pada kenyataannya, sejarawan sekarang percaya bahwa lebih dari 85% kota ditinggalkan dalam reruntuhan.

Efek dari gempa yang menyebar di luar Lisbon, di seluruh Portugal bahkan mengakhiri ambisi menjajah negara tersebut.

Namun, terlepas dari malapetaka ini, Lisbon bersinar sebagai salah satu ibukota paling menakjubkan dan kaya budaya di kota ini.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan Lisbon sekarang © sean pavone/123rf

San Francisco - Amerika Serikat


Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan 
San Fransisco saat Gempa 1906

Gempa 1906 San Francisco tetap menjadi salah satu bencana alam yang paling merusak yang melanda Amerika Serikat.

Pada tanggal 18 April, gempa berkekuatan 7,8 skala Richter menggetarkan apa yang merupakan menjadi salah satu pusat budaya dan keuangan utama di Amerika Serikat bagian barat.

Antara gempa dan kebakaran yang disebabkan olehnya, San Francisco ditinggalkan dalam reruntuhan.

Namun, pada tahun 1915, kurang dari satu dekade setelah bencana alam yang menghancurkan, kota ini telah bangkit dari abu.

San Francisco baru memiliki jalan yang lebih luas dan daerah yang baru dikembangkan seperti Pacific Heights.

Dengan cepat kota ini juga menyelenggarakan Pameran Dunia 1915, yang merayakan selesainya Terusan Panama dan kebangkitan ajaib San Francisco.

Kota-kota Menakjubkan yang Dibangun Kembali dari Reruntuhan 
San Fransisco sekarang © Luciano Mortula/123RF
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments