Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

Traveling to Balige, Toba Samosir - Mengenal Batak Lebih Dekat

Kita patut bangga menjadi bagian dari bangsa yang besar ini. Bangsa yang memiliki banyak sekali potensi wisata alam nya yang luar biasa.

Danau Toba salah satunya..

..menyimpan sejuta pesona pariwisata yang harus kamu singgahi setidaknya sekali dalam seumur hidupmu.Traveling to Balige, Toba Samosir - Mengenal Batak Lebih Dekat

Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara.

Pesona Danau Toba semakin bersinar semenjak berbagai acara karnaval diadakan di sana.

Seperti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba pada tahun 2016 silam, ternyata benar-benar menjadi magnet bagi perkembangan pariwisata di provinsi yang dikenal dengan orang Batak nya ini.

Namun, sadarkah kamu bahwa di Sumatera Utara, bukan hanya Danau Toba nya saja yang dapat kamu kunjungi?

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Toba Samosir-Sumatera Utara, cobalah beberapa tempat wisata yang juga tak kalah menakjubkannya.

Banyak sekali promo paket penerbangan murah yang menawarkan perjalanan udara menuju Sumatera Utara. Kamu bisa menggunakan aplikasi traveloka, atau tiket.com yang selalu menawarkan paket-paket promo murah penerbangan menuju Sumatera Utara.

Jika ingin menikmati keindahan Danau Toba, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyuguhkan pemandangan alam nan mempesona disekitar Danau Toba, seperti :

1. Pulau Samosir

Kamu bisa menikmati wisata alam Danau Toba yang menawan hingga wisata budaya masyarakat Batak yang begitu kental.

inilah yang membuat Pulau Samosir menjadi tujuan wisata favorit di Sumatera Utara.

2. Parapat

Parapat merupakan tempat wisata yang memberikan keindahan pemandangan alam di Kawasan Danau Toba ini.

Sepanjang perjalanan dari Danau Toba, kamu bisa menikmati keindahan alam Kota Parapat.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati kebersamaan dengan hewan primata yakni monyet-monyet yang memang sengaja dibiarkan berkeliaran dengan bebas dikawasan ini.

3. Pulau Sibandang

Destinasi selanjutnya dari kawasan wisata alam Danau Toba yang jangan sampai terlewatkan berikutnya adalah Pulau Sibandang.

Pulau ini berada di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, dikelilingi oleh Danau Toba itu sendiri.

Dari pulau ini, keindahan Danau Toba dapat kamu nikmati dari segala penjuru, menakjubkan pastinya.

Untuk menuju pulau ini tidaklah sulit, kamu bisa menyewa kapal-kapal yang memang banyak disewakan oleh penduduk sekitar pulau.

4. Tongging

Lainlagi jika kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba dari sisi yang berbeda, dari ketinggian misalnya, maka kamu harus datang ke Desa Tongging bagian utara Danau Toba ini.

Dari desa Tongging ini, kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl. Wow..sungguh menakjubkan sekali.

Pemandangan Danau Toba dari tempat yang tinggi ini sungguh begitu mempesona, terlebih didukung dengan suasana alam yang indah serta tiupan angin tenang yang akan membuat kamu benar-benar akan merasakan suasana yang damai.

Ditempat ini kamu juga bisa melihat keindahan Air Terjun Sipiso-piso.

Air terjun ini terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut dan jatuh dari tebing setinggi 120 meter. Konon katanya air terjun ini adalah salah satu

air terjun tertinggi di Indonesia.

Karena itu,

derasnya aliran air yang berjatuhan dari bukit bagaikan bilah-bilah pisau yang tajam.

Hal inilah yang kemudian mendasari pemberian nama air terjun ini Sipiso-piso.

Yakni dari kata piso yang berarti pisau.

5. Bakara

Bakara merupakan wilayah yang berada di sisi lain pinggiran Danau Toba yang juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Ditempat ini, kamu bisa melihat keindahan pesona Danau Toba dari sudut pandang yang berbeda.

Keindahan Danau Toba dengan tebing-tebing pegunungan yang menjulang tinggi seakan membuat kamu yang mengunjungi tempat ini akan terpaku dan berharap untuk tinggal lebih lama lagi.

Untuk kamu yang gemar memancing, tempat ini merupakan surganya para mancing mania, karena ditempat ini terdapat beberapa tempat yang cocok untuk kegiatan tersebut.

Agoda.combanyak dan sering kali menawarkan paket promo akomodasi penginapan, dan hotel. Mulai dari penginapan sampai hotel bintang lima.

6. Air terjun sigura sigura

Sebagaimana hal nya dengan air terjun Sipiso-piso, Air Terjun Sigura-gura juga merupakan salah satu objek wisata disekitar Danau Toba.

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter.

Kebanyakan orang akan membayangkan sebuah air terjun yang tinggi, setinggi 250 meter jika mendengar kata Sigura-gura.

Atau pun membayangkan sebuah bangunan beton raksasa berbentuk bendungan yang membendung aliran Sungai Asahan dan digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Akan tetapi, sesungguhnya kawasan Sigura-Gura tidak hanya sebatas air terjun cantik ataupun bendungannya saja, namun lebih dari itu.

kawasan sigura-gura memiliki landscape alam yang menawan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal, maupun wisatawan manca negara.

Baca juga: Wisata Alam di Raja Ampat - Menikmati Senja di Desa Selpele, Pulau Waigeo

Jika kamu berkunjung kesini kamu pasti akan merasakan sensasi sejuk hingga mampu menjadikan badan dan pikiran kamu kembali fresh.

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan semasa liburan di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura adalah berkemah di sekitar lokasi air terjun.

Di kawasan ini terdapat Bendungan Sigura-gura yang berjarak sekitar 20-an kilometer dari hulu Sungai Asahan. Inilah bendungan kedua terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami.

7. Pasar Tradisional "ONAN BALIGE"

Pasar Balige atau disebut juga Pasar Onan memiliki Enam deretan bangunan yang bercirikan rumah adat yang disebut Balerong dengan hiasan lukisan Gorga, ornamen desain arsitektur khas Batak.

Dengan ornamen khas Rumah Adat Batak

Pasar tradisional akan selalu menarik wisatawan yang ingin melihat geliat kehidupan masyarakat setempat.

Arsitektur pasarnya unik,

karena pasar tradisional ini berbentuk sopo atau rumah adat Batak yang dihiasi seni ukiran Batak yang disebut seni artistik Gorga nya.

Pasar ini berada tepat di pusat Kota Balige, bangunannya dibangun kolonial Belanda pada tahun 1936 dan hingga saat ini tetap terlihat kokoh.

Pasar ini selalu ramai didatangi pedagang dari luar kota, terutama saat hari pekan yang berlangsung sekali dalam seminggu yaitu pada hari Jumat.

Di sini terdapat berbagai jenis barang dagangan, mulai kebutuhan bahan kebutuhan pokok, hingga berbagai peralatan elektronika dan yang lainnya.

Pasar Balige juga merupakan salah satu pusat penjualan Ulos Batak sebagai oleh-oleh khas bagi wisatawan.

Kamu wajib mampir ke pasar Balige ini, sekedar membeli oleh-oleh ulos khas Batak.

8. Museum Batak

Dikelilingi Hijaunya alam danau toba, Museum batak tegak berdiri dengan anggun dan gagah perkara, seperti gagahnya Sisingamangaraja XII melawan dan mengusir penjajah Belanda dari Tanah Toba.

Museum Batak pertama di Indonesia ini terletak di Jalan Pagar Batu No 88, Desa Silalahi, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Museum ini memiliki lebih dari 1010 koleksi artefak yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Lewat Museum ini kita bisa mempelajari bahasa Batak lewat aksara kuno suku Batak yang telah digunakan sejak abad ke 13.

Desain museum Batak memadukan konsep modern dan tradisi yang bisa terlihat lewat hiasan gorga Batak yang mempesona disetiap sudut bangunan.

Hadir dengan 3 lantai, Museum Batak memamerkan berbagai peninggalan 6 suku Batak yaitu :

1. Batak Toba

2. Batak Simalungun

3. Batak Mandailing

4. Batak Angkola

5. Batak Pakpak/ Dairi

6. Batak Karo

Dibagian luar museum ini terdapat miniatur Huta Batak, yaitu komplek perumahan tradisional suku Batak di pedesaan dan juga lumbung yang biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan..Horas!!

Banyak sekali paket promo wisata yang dapat kamu manfaatkan untuk menghemat anggaran perjalanan wisatamu. Kamu Tinggal browsing dan membandingkan harga dari banyak paket promo wisata yang ditawarkan.

Demikian Traveling to Balige, Toba Samosir - Mengenal Batak Lebih Dekat dari Dunia Asa - Dunia Informasi Wisata dan Kuliner.

Happy Traveling...