21 Pekerjaan Impian Pecinta Traveling (2018)

21 Pekerjaan Impian Pecinta Traveling (2018)

Baca juga:

Bekerja dan menghasilkan uang itulah yang dilakukan oleh hampir semua orang didunia ini. Tapi bekerja dan menghasilkan uang, sambil melakukan suatu perjalanan wisata atau traveling, yang artinya menghasilkan uang sambil berlibur, adalah pekerjaan impian bagi mereka yang memang mempunyai hobby traveling.

Pekerjaan Impian Traveler


21 Pekerjaan Impian Pecinta Traveling (2018)

Jika Kamu sangat menyukai traveling atau berwisata, tapi tidak mampu untuk benar-benar berhenti bekerja, seperti halnya saya, berarti kamu termasuk orang yang beruntung.

Karena sebenarnya ada bermacam-macam pekerjaan yang berbeda yang dapat menghasilkan uang, yang bisa kamu lakukan juga tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetapmu.

Atau bahkan mungkin, pekerjaan tetapmu menjadi jembatan bagi kamu dalam melaksanakan perjalanan wisata impian mu, dan kamu bisa sambil berlibur dan berwisata, bahkan mungkin sambil berkeliling dunia dan yang lebih menyenangkannya lagi, kamu dapat menghasilkan penghasilan tambahan dari perjalanan wisatamu.

Apakah bidang pekerjaan tetap mu dibidang perdagangan, akomodasi, transportasi, jasa, keahlian atau bahkan mungkin bekerja secara mandiri (bekerja sendiri) yang dapat membawa kamu pergi berlibur dan traveling keluar negeri sambil menghasilkan uang? Pilihannya ada di kamu.

Alasan saya waktu membangun blog ini adalah sebagai catatan perjalanan wisata saya. Perjalanan wisata ditempat-tempat favorit dan populer atau bahkan tempat yang belum pernah saya kunjungi.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, perlahan-lahan, blog wisata saya ini telah menjadi tambahan penghasilan lain bagi saya selain pekerjaan tetap saya.

Menghasilkan Uang


Pertama-tama, saya ingin menegaskan dulu. Jika memang 21 Pekerjaan Impian untuk Pecinta Traveling ini mudah untuk dilakukan, tentu saja semua orang akan melakukan 21 pekerjaan ini.

Tapi, tidaklah demikian adanya, banyak dari 21 profesi ini membutuhkan semangat, pelatihan khusus, komitmen waktu, dan tentu saja bakat. Bagi yang tidak, lebih baik banting stir cari pekerjaan lain.

Bekerja dan berwisata bukanlah suatu hal yang tidak mungkin terjadi. Orang-orang yang memiliki pekerjaan sambil berlibur yang menyenangkan, menginvestasikan waktu dan sumber daya mereka untuk belajar bagaimana membuat semua itu menjadi kenyataan.

Yang artinya, kamu juga bisa melakukan seperti yang mereka lakukan.

Semua orang didunia ini, memiliki waktu yang sama, 24 jam sehari.

Bagaimana kamu menghabiskan waktumu yang 24 jam itu, semua ada ditanganmu sendiri.

Karyawan, Pegawai Dunia Maya, Atau Pengembara?


Tidak semua pekerjaan sambil berwisata diciptakan sama. Menjadi seorang karyawan swasta atau pegawai negeri, pegawai dunia maya atau digital, atau seorang pengembara yang saya sebutkan ini, pastinya akan menimbulkan pertanyaan, Emang, ada bedanya gitu?

Baiklah,sebelum saya melanjutkan tentang 21 Pekerjaan Impian untuk Pecinta Traveling, akan saya jelaskan dulu pekerjaan-pekerjaan yang saya sebutkan tadi.

Karyawan Swasta atau PNS (Pegawai Negeri Sipil)


Karyawan swasta berarti kamu bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan, baik perusahaan swasta nasional ataupun internasional. Atau juga sebagai seorang karyawan BUMN.

Begitu juga dengan seorang Pegawai Negeri Sipil, bekerja sebagai pelayan masyarakat yang dibayar negara, yang artinya kamu menetap pada suatu negara, wilayah, daerah atau dengan kata lain kamu mempunyai tempat tinggal, baik dinegara sendiri ataupun dinegara asing.

Pekerjaan karyawan atau PNS, berarti kamu benar-benar tidak selalu dalam suatu perjalanan atau traveling dan berwisata, jadi Kamu tidak benar-benar nomaden.

Contohnya: PNS, Guru bahasa Inggris, Koki, TKI, ekspaktriat dalam perjalanan DINAS,dll.

Karyawan Digital (Dunia Maya)


Karyawan Digital bekerja dari komputer mereka. Hal ini membuat lokasi mereka independen, tidak tetap dalam satu tempat.

Selama mereka memiliki akses internet, mereka bisa mencari nafkah.

Blogging termasuk dalam kategori ini. Karyawan Digital bebas melakukan pekerjaan dan melakukan perjalanan sesuka hati mereka, bekerja dari kedai kopi atau hotel, atau dimana saja sesuka hati mereka.

Contoh: Bisnis online, penulis lepas, media sosial, dll.

Pengembara


Pengembara adalah suatu pekerjaan yang saya sebut sebagai "Pekerjaan Alternatif" bekerja sambil traveling.

Jenis pekerjaan yang mungkin tidak terlalu tergantung pada komputer atau internet, tapi lebih kepada pendekatan dan pengalaman langsung.

Sebut saja musisi, seniman, atau tenaga kerja manual. Akses ke internet atau memiliki komputer bukanlah suatu persyaratan wajib. Gaji dibayar bisa di bawah meja atau cash and carrie.

Contoh: pemusik, pemain ketoprak, dll.


21 Pekerjaan Impian untuk Pecinta Traveling (2018)


Pekerjaan Impian untuk pecinta traveling berikut mencakup satu atau lebih dari kategori tersebut diatas.

Jika Kamu tetap menginginkan pekerjaan tetapmu, tapi juga Kamu ingin menghasilkan uang tambahan, sambil melakukan suatu perjalanan wisata atau traveling, dan tetap tinggal dalam suatu wilayah atau negara, adalah merupakan pekerjaan impian bagi para pecinta traveling.

Namun, perlu diingat tidak semua pekerjaan ini cocok untuk semua orang. Jadi, jika Kamu memiliki gelar sarjana dan berpendidikan tinggi, Kamu mungkin tidak bersedia memilih bekerja sebagai KOKI seperti orang lain.

Atau mungkin bisa jadi juga kamu memang melakukan pekerjaan itu! Disini, saya tidak sedang menghakimi kamu atas pilihan pekerjaan mu.

Kita semua memiliki latar belakang, keterampilan, dan tingkat kenyamanan yang berbeda.

1. Penerjemah lepas


Jelas, tentu nya kamu harus tahu berbagai macam bahasa untuk menjadi seorang penerjemah...

...tapi tunggu dulu, maksudnya kamu tidak lah harus mengetahui berbagai macam bahasa dan sebanyak apa bahasa yang kamu kuasai seperti yang ada dalam pikiran kamu.

Maksudnya, kamu disini bukan untuk bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa, namun bisa saja kamu bekerja di PBB sekaligus melakukan suatu perjalanan wisata, bukankah begitu? Gunakan imajinasimu.

Kamu bisa bekerja di restoran yang meminta untuk menerjemahkan menu andalan mereka kepada para wisatawan atau bekerja untuk perusahaan wisata yang menjual paket tour wisata kepada turis yang berbicara dalam bahasa yang Kamu kuasai atau menawarkan layanan terjemahan lepas secara online.

Semakin fasih Kamu menguasai suatu bahasa, semakin banyak uang yang bisa Kamu hasilkan.

2.Pemandu Wisata


Kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai pemandu wisata lokal atau asisten tur untuk perusahaan internasional. Baik di satu lokasi populer atau untuk tur multi-tujuan yang lebih besar.

Atau Kamu bisa berpikir sebagai seorang Pengusaha, dan memulai tur sendiri! Mungkin sebagai penunjuk atau sebagai pemberi tour ditempat berselancar terbaik yang belum pernah terjamah sebelumnya, atau pemberi paket tour hiking lokal yang mengagumkan, atau bisa juga sebagai penunjuk kepada wisatawan dimana hotel, bardan restoran terbaik.

3. Bartender


Bar, klub malam dan restoran terletak di seluruh dunia dan deskripsi pekerjaannya hampir sama di mana-mana. Ini sangat memerlukan keterampilan untuk berbicara dalam berbagai macam bahasa, jadi Kamu mungkin perlu berinvestasi dalam beberapa kursus kelas bahasa.

Tempat wisata akan dengan sangat mudah kamu temukan dan tidak ada persyaratan minimum atau maksimum. Ditambah lagi pengalaman yang akan Kamu dapatkan sebagai bartender, semakin banyak kesempatan kerja, semakin besar pula potensi penghasilannya.

4. Konsultan Profesional


Apakah Kamu ahli dibidangmu sendiri?

Bekerja sebagai konsultan profesional untuk perusahaan dapat memberi Kamu tiket atau\jalan untuk menuju lokasi yang bebas.

Konsultan mengerjakan proyek jangka pendek, membantu bisnis tumbuh dengan melatih staf bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Misalnya, menginstruksikan bisnis bagaimana menggunakan media sosial secara efektif, atau bagaimana menjadi lebih ramah lingkungan.

Umumnya mereka dibayar untuk berbagi keahlian khusus mereka.

5. Asisten virtual


Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, banyak perusahaan atau perkantoran yang mulai mengurangi beban biaya karyawan.

Perkembangan teknologi informasi juga membuka berbagai macam usaha atau bisnis baru yang semakin beragam dan tumbuh dengan pesat.

Salah satunya adalah Asisten Virtual.

Semakin banyak perusahaan-perusahaan nasional ataupun multinasional serta publik-publik figur yang membutuhkan seoarng asisten virtual.

Memang benar, asisten pribadi yang tidak bisa dilakukan dari jarak jauh masih tetap dibutuhkan sampai saat ini.

Namun, pekerjaan penjadwalan media sosial, menanggapi pertanyaan penggemar, menanggapi permintaan pelanggan, manajemen kalender, dan berbagai macam tugas lainnya dapat ditangani oleh asisten virtual yang kompeten.

6. Pekerjaan musiman


Mungkin kamu kurang percaya bahwa pekerjaan musiman termasuk kedalam 21 Pekerjaan Impian untuk Pecinta Traveling ini.

Kenyataannya banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang datang ke Indonesia ini, bekerja musiman, menghabiskan sebagian uang untuk menghasilkan uang dan kemudian melakukan perjalanan selama berbulan-bulan di luar musim liburan, sambil berkeliling dunia.

Jumlah pekerjaan dalam kategori ini tak terhitung jumlahnya. Konstruksi, guru sekolah, nelayan komersial, pekerja minyak, tukang listrik, dll. Pekerjaan ini bergantung pada keterampilan apa yang saat ini Kamu miliki atau yang ingin Kamu pelajari.

7. Musisi / Pengamen Jalanan


Tapi tunggu dulu, yang saya maksudkan disini buka pengamen jalanan seperti yang kita temui dalam keseharian kita.

Seperti di BUS, Kereta dan Perempatan Lampu Merah. Tapi Musisi atau Pengamen Jalanan yang memang mempunyai talenta dan melakukan pertunjukan musik sendiri di tempat khusus dikota-kota tujuan wisata dunia.

Tapi ingat, untuk melakukan pertunjukan dilokasi tertentu di kota tujuan wisata dunia, kamu harus melakukan suatu penelitian dulu, semacam research atau membangun hubungan yang baik dengan pemerintah setempat agar disediakan atau diijinkannya sebuah panggung buat kamu untuk mengamen.

Jadi bukan seperti pengamen jalanan yang sering kita temui sehari-hari. Atau bisa juga Kamu menampilkan pertunjukan dengan kemampuan khusus yang kamu miliki, seperti Akrobatik, melukis, meramal, musik, berdansa, seni henna, bisa jadi apa saja.

Kamu bisa menghasilkan uang dari bakat yang kamu miliki.

8. Fotografer


Menjadi fotografer keliling atau fotografer profesional dan menjual gambar Kamu dari berbagai tempat destinasi tujuan wisata terpopuler atau terbaik, diseluruh dunia membutuhkan waktu bertahun-tahun serta membutuhkan kerja keras.

Kamu dapat mengunggah foto secara massal ke situs situs fotografer terkenal atau menjual gambar ke klien secara langsung untuk digunakan di majalah, buku, kampanye merek, atau situs web.

Menjalankan tur fotografi berpemandu dan menjual tutorial online adalah cara tambahan untuk menghasilkan uang sebagai fotografer keliling.

9. Diplomat


Bekerja untuk dinas luar negeri alias diplomat atau organisasi antar pemerintah adalah suatu pekerjaan impian pecinta traveling, karena memungkinkan Kamu untuk kmengalami kehidupan di beberapa belahan dunia yang berbeda.

Sebagian besar pekerjaan pemerintahan hanya terbuka untuk orang-orang dengan gelar tertentu atau pengetahuan bahasa asing yang baik. Penerimaan pekerajaan ini biasanya dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah dalam suatu kegiatan yang sering disebut dengan penerimaan CPNS.

10. Pramugari


Kehidupan pramugari mungkin tampak glamor. Terus-menerus mengarungi dunia, berpesta di berbagai kota, mengalami budaya yang berbeda, 90% dari tiket penerbangan, diskon hotel, sewa murah, dan bekerja di atas awan, dan menjadi hampir menjadi impian banyak orang.

Memang terdengar menyenangkan, akan tetapi mereka bekerja keras juga. Pelatihannya sulit, jamnya kerjanya panjang, dan semua yang hampir setiap saat dalam perjalanan bisa menjadi sangat kesepian.

Namun bagi mereka yang memiliki kecintaan terhadap suatu perjalanan atau menyukai tempat-tempat baru, pekerjaan ini bisa membantu Kamu berkeliling dunia dan menjumpai tempat dan suasana baru.

11. Pedagang Valas


Seperti banyak pekerjaan dalam daftar ini, Kamu tidak bisa hanya terjun menjadi pedagang valuta asing di pasar saham tanpa pengalaman dan berharap untuk menjadi kaya.

Namun saya pernah membaca biografi beberapa orang sukse yang menghasilkan uang dengan menjadi pedagang valas harian dan juga seorang traveler.

Biasanya dibutuhkan beberapa tahun, dan juga kehilangan sejumlah uang atau merugi duluan, sebelum mulai menghasilkan banyak uang.

Latar belakang keuangan dan jumlah simpanan yang cukup adalah suatu investasi yang akan sangat membantu.

12. Koki profesional


Bekerj di dapur sebagai seorang koki memberi Kamu kesempatan untuk bekerja di manapun di dunia ini. Namun jamnya panjang, tidak teratur, dan menegangkan.

Seorang Koki professional bisa mendapatkan pekerjaan di restoran tradisional, hotel, kapal pesiar, yacht pribadi, atau bahkan bekerja untuk rumah-rumah pribadi.

Dengan pengalaman yang banyak akan membantu peluang Kamu juga. Lowongan pekerjaan ini sering dicantumkan secara online, baik di iklan baris maupun situs web perusahaan.

13. Bekerja di Kapal Pesiar


Keliling dunia saat bekerja di yacht pribadi atau kapal pesiar besar adalah cara yang mengagumkan untuk melihat beberapa tempat yang cukup eksotis.

Makanan, akomodasi, transportasi, dan asuransi semua telah tersedia, jadi merupakan cara yang sangat tepat untuk menghemat uang sambil berkeliling dunia.

Banyak pekerjaan juga memberikan banyak waktu liburan untuk bepergian sendiri. Ada berbagai jenis posisi yang tersedia: Pramugari, koki, manajer tur, hiburan, insinyur, dan banyak lagi.

14. Desain Web / Grafis


Salah satu pekerjaan yang paling umum untuk karyawan digital adalah desain grafis atau situs web.
Yang Kamu butuhkan hanyalah komputer kamu saja, dan pengetahuan tentang program perangkat lunak dan platform online tertentu.

Hal-hal seperti Photoshop, Dreamweaver, WordPress, Illustrator, dll. Bakat Coding juga sangat membantu - khususnya HTML, PHP, dan CSS.

Sekolah itu hebat, tapi mungkin kamu juga bisa belajar sendiri, sudah banyak tutorial-tutorial coding desain grafis dan desain web yang tersebar di internet.

15. Travel Writer


Menulis tentang perjalanan wisata atau traveling sepertinya memang menjadi pekerjaan impian bagi banyak orang, namun bukan sesuatu yang bisa mudah untuk dilakukan.

Pertama, Kamu harus menjadi penulis hebat. Selanjutnya, Kamu perlu belajar tentang networking, pitching to editor, dan semua hal bisnis lainnya yang terlibat.

Begitu Kamu memang berbakat untuk itu, mungkin menulis untuk majalah, surat kabar, situs web, atau buku panduan wisata, Copywriting dan jenis tulisan lainnya juga merupakan pilihan.

16. Traveling Fitness Instructor


Pekerjaan lain yang memungkinkan Anda berkeliling dunia sambil menghasilkan uang adalah bekerja sebagai instruktur kebugaran freelance.

Kamu bisa mengajar kelas tentang pilates, yoga, zumba, dance, atau memberikan layanan sebagai pelatih pribadi jika Kamu memiliki cukup pengalaman di bidang ini.

Beberapa instruktur bahkan membuat kesepakatan dengan gym lokal atau hotel agar bisa menggunakan fasilitas mereka bersama klien.

17. Mengajar Bahasa Inggris di Luar Negeri


Apakah Kamu bisa bahasa Inggris? tahu bagaimana cara berbicara dengan bahasa Inggris? Fasih? Cakep!!!

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tapi guru bahasa Inggris profesional sangat dicari di seluruh dunia - dan gaji yang didapat bisa dikatakan sangat layak untuk dilakukan.

Namun hanya memahami bahasa saja tidak cukup, biasanya Kamu memerlukan gelar sarjana dan sertifikasi TOEFL (Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing).

18. Terapis pijat


Terapi pijat sangat diminati di seluruh dunia sebagai pengobatan yang efektif untuk mengurangi stres, nyeri dan ketegangan otot.

Terapis terlatih dapat menawarkan keahlian mereka kepada wisatawan yang lelah atau ekspatriat di dekat tempat-tempat wisata populer.

Bekerja untuk perusahaan yang lebih besar atau bekerja sendiri sebagai seorang pengusaha.

Temukan klien dengan bekerja sama dengan hotel dan berikan potongan untuk mereferensikan pelanggan. Cetak selebaran untuk ditempel di sekitar gym, kedai kopi, dll.

19. Sports Instructor


Apakah Kamu sangat menyukai olahraga tertentu?

Bagikan pengetahuan Kamu kepada orang lain dan dapatkan pekerjaan sebagai instruktur profesional.
Surfing, kitesurfing, ski, scuba diving, skydiving, panjat tebing, fly fishing, kayak, tenis, berlayar, mendaki gunung, dll.

Dapatkan penghasilan dengan melakukan apa yang Kamu sukai saat Traveling.

20. Blogging


Menghasilkan uang sebagai blogger saat traveling atau sambil berwisata adalah pekerjaan impian bagi banyak orang.

Tapi seperti kebanyakan hal lainnya dalam hidup, semua itu tidak sederhana yang kamu pikirkan.

Menghasilkan penghasilan dengan blog adalah kerja keras - dan bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Sebuah blog wisata atau traveling bukanlah satu-satunya pilihan, contoh lainnya termasuk blog resep masakan, blog Kuliner Nusantara, blog fashion, dan blog gaya hidup, dll.

Penghasilan umumnya berasal dari iklan, penjualan afiliasi, buku, proyek influencer, dll. Tapi pertama-tama Kamu perlu membangun audience!

21. Vlogging


Yang terakhir dari 21 Pekerjaan Impian untuk Pecinta Traveling, saya masukkan Vlogging.

Vlogging memang sedang ramai-ramainya, lagi trend dikalangan generasi Y atau generasi milenial.
Berkelilin dunia sambil membuat video adalah pekerjaan para pecinta traveling lainnya.

Ada beberapa jalur yang berbeda, menjadi YouTuber yang populer, atau memproduksi film pemasaran yang dipoles untuk papan iklan dan merek Agen Wisata atau Travel Agent.

Pengetahuan yang kuat tentang video editing, networking, dan marketing sangat dianjurkan untuk jenis pekerjaan ini.

Demikianlah 21 Pekerjaan Impian Untuk Pecinta Traveling, yang menurut saya walaupun terdengar mudah untuk dilakukan akan tetapi sebenarnya adalah sesuatu hal yang butuh keterampilan, komitmen, atau pengalaman.

Karena tidak ada yang akan membayar kita hingga jutaan rupiah untuk melakukan sesuatu yang mudah dan menyenangkan.

Pekerjaan impian untuk pecinta traveling sering membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terwujud dan mencakup usaha dan pengorbanan yang tak terbayangkan yang rata-rata orang tidak dapat mengerti sampai mereka mengalami hal yang sama pada diri mereka sendiri.

Sementara saya hanyalah seorang pegawai negeri biasa yang karena sering melakukan perjalanan dinas keluar kota dan menjumpai tempat-tempat baru serta masyarakat baru, saya jadikan sebuah catatan cerita pribadi saya yang saya tuangkan di blog wisata ini.

Tapi saya harap artikel ini telah menunjukkan bahwa ada banyak orang di luar sana yang bekerja keras dan "menjalani mimpinya" yang berhasil menghasilkan uang tambahan sambil berwisata adalah hal yang Bukan tidak mungkin!
Loading...

Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments