Menembus Waktu di Candi Palah / Candi Penataran - Blitar

Menembus Waktu di Candi Palah / Candi Penataran - Blitar

Tempat Wisata di Blitar tidak hanya menyimpan sejarah yang terkenal dengan Sang Proklamator, Soekarno. Berkunjung ke Kabupaten Blitar, kita juga akan menjumpai situs peninggalan kerajaan yang pernah berjaya di Blitar. 

Sebagaimana halnya dengan Pacitan yang juga terkenal karena Presiden ke 6 kita yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Blitar juga masih terletak di Jawa timur.

Candi Palah atau yang dikenal dengan sebutan Candi Penataran, merupakan candi berlatar belakang Hindu yang telah ada sejak Kerajaan Kediri dan digunakan sampai era Kerajaan Majapahit.

Candi Palah/ Candi Penataran terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Wisata Sejarah dan WIsata Budaya di Candi Penataran

Berada pada ketinggian 450 meter dari permukaan laut, dilereng Barat Daya Gunung Kelud, komplek Candi Palah/ Penataran merupakan kompleks candi terbesar di Jawa Timur.


Dengan luas tanah kurang lebih 180 m x 130 m, komplek candi ini terdiri dari pintu masuk utama, pendopo agung, teras pendopo, Canda Angka Tahun, Candi Naga, Candi Induk, tubuh candi induk, dan Petirtaan Dalam.

Tempat Wisata di Blitar - Candi Penataran


Di depan area masuk komplek candi, kita akan melihat papan yang bertuliskan sejarah singkat tentang seluk beluk Candi Penataran.

Selain kompleks candi, dikawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata lainnya seperti Amphitheater, Museum Penataran, Toko Sovenir.

Bahkan Kawasan Wisata Candi Palah/ Candi Penataran juga sering menyelenggarakan berbagai atraksi wisata menarik.

Salah satunya yaitu Ritual Tumpeng Agung Nusantara, yang diselenggarakan setiap tanggal 27 Juni, bertepatan dengan berdirinya Candi Palah/ Candi Penataran pada tanggal 27 Juni 1197.

Menikmati komplek candi yang bersih, sejuk dengan area yang diselimuti rerumputan hijau ini, kita hanya dikenakan biaya tiket masuk secara sukarela.


Hal itulah yang menjadikan Candi Palah atau Candi Penataran sebagai salah satu objek Wisata Sejarah dan Wisata Budaya yang wajib kita datangi saat berkunjung ke Blitar.

Namun, sebagai traveler dan sebagai anak bangsa kita haruslah selalu menjaga kelestarian komplek candi, salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan vandalisme di area candi.

Demikian dari saya tempat wisata di Blitar - Candi Penataran, happy traveling bersama Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa. Terimakasih.

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

keren artikelnya bisa menambah ilmu pengetahuan tentang candi candi di indonesia mantap mas

Balas

Cuma sempat ziarah ke Makam Bung Karno sewaktu ke Blitar dulu...
Semoga bisa mampir ke Candi Penataran pada kunjungan berikutnya..

Oiya.. Ditambah info tiket masuknya juga gan..

Salam dari menggapaiangkasa.com

Balas