Pesona Bumi Rafflesia Pariwisata Bengkulu 2017

Pesona Bumi Rafflesia Pariwisata Bengkulu 2017

Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa kali ini ingin mengajak kamu semua menjelajahi Pesona Kilau Bumi Rafflesia dan Event-event Besar Pariwisata Bengkulu 2017, tempat wisata di Bengkulu.
Pesona Kilau Bumi Rafflesia

Serta mengajak kamu untuk mempersiapkan dan merencanakan perjalanan wisata kamu ke Provinsi Bengkulu, karena pada tahun ini, tahun 2017, Provinsi Bengkulu telah membuat beberapa event besar dalam menyambut "Visit 2020 Wonderful Bengkulu".

Apa saja destinasi Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Budaya dan event-event besar yang telah dipersiapkan oleh Provinsi Bengkulu? Teruslah membaca artikel ini sampai akhir.

Terletak di pesisir pantai barat Sumatera, membujur sejajar pegunungan bukit barisan menjadikan Provinsi Bengkulu memiliki keindahan yang lengkap dan sempurna.

Mulai dari keindahan alam dataran tinggi, kawah vulkanik, air terjun, agrowisata, hingga potensi keindahan laut yang memukau.

Pantai yang sangat mempesona, spot untuk surfing, keindahan bawah laut, serta pesona hewan dan tumbuhan langka yang aada di "Bumi Rafflesia".

"Bumi Rafflesia' adalah julukan dari Provinsi Bengkulu. Julukan ini diberikan tentulah bukan tanpa alasan, karena dalam catatan sejarah, tanah Bengkulu untuk pertama kalinya ditemukan dan diperkenalkan pada dunia akan keindahan Bunga Rafflesia nya.

Pada tanggal 20 Mei 1818 pada saat Gubernur Inggris, Jenderal Sir Thomas Stanford Raffles bertugas di Bengkulu.

Bersama dengan ahli Botani DR. Arnoldi menemukan Bunga raksasa yang sangat indah diwilayah Bengkulu bagian selatan, yang kemudian jenis terbesar ini dinamakan Bunga "Rafflesia Arnoldi".

Selain memiliki hutan tropis yang menjadi habitat terbesar bunga Rafflesia, ternyata juga menjadi habitat terbesar Amorphophallus Titanum atau yang lebih kita kenal dengan Bunga Bangkai atau Bunga Kibut.

Saat ini hutan hujan tropis Bengkulu menjadi tempat yang ideal dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan keindahan bunga raksasa Rafflesia Arnoldi dan Bunga Kibut.

Letak yang strategis serta alam yang kaya menjadi daya tarik Inggris untuk membangun Benteng Terbesar dan terkuat di Asia Tenggara, yakni : "Fort Marlborough" dengan luas 44.100 M persegi, benteng yang dibangun pada tahun 1714-1741.

Benteng ini memiliki arsitektur yang berbentuk kura-kura, dan selain Fort Merlborough, Bengkulu juga banyak memiliki bangunan bersejarah yang penting dan menarik untuk dikunjungi.

Satu hal yang tidak boleh terlupakan dalam catatan sejarah Indonesia adalah Ibu negara Fatmawati, penjahit Sang Saka Merah Putih adalah wanita kelahiran asli tanah "Bumi Rafflesia" - Bengkulu.

Di tanah Bengkulu inilah sang proklamator menemukan cintanya dan menikahi Fatmawati.

"Bumi Rafflesia" Provinsi Bengkulu mempunyai beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa, membuatnya menjadi 6 destinasi yang harus kamu kunjungi jika kamu akan berwisata alam di Bengkulu.

Sebelum kamu melakukan suatu perjalanan wisata, selalu rencanakan dan persiapkan perjalanan wisata kamu agar hemat dan membuat kantong tidak jebol.

6 DESTINASI WISATA UTAMA PROVINSI BENGKULU:


#1. KOTA BENGKULU


Kota ini merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatera, setelah Kota Padang. Kawasan ini dulunya berada dalam pengaruh kerajaan Inderapura dan kesultanan Banten.

Bumi Rafflesia

Kemudian dikuasai Inggris sebelum akhirnya diserahkan kepada Belanda.

Kota ini juga menjadi tempat pengasingan Bung Karno dalam kurun tahun 1939 – 1942 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Kota Bengkulu memiliki luas wilayah sebesar 144,52 km²

Tempat wisata di Bengkulu cukup lengkap. Para wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekaligus menyaksikan bangunan bersejarah.

Kekayaan budaya di ”Bumi Rafflesia” juga menjadi suguhan yang sangat menarik dan penuh dengan nilai sejarah.”


Pantai Panjang


Pantai Panjang yang terletak di Kota Bengkulu ini, berbeda dengan pantai-pantai lainnya, yang banyak di tumbuhi pohon kelapa.

Pantai ini justru indah karena ditumbuhi pohon cemara yang berjajar rapi di sepanjang pantai bak pagar hidup.

Selain itu, juga ada jalanan beraspal sepanjang 7 kilometer yang berada di bawah kerimbunan pohon cemara.

Berada di pesisir barat Sumatera, Pantai Panjang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Ombak pantai yang cukup besar dan tinggi, membuat pantai ini menjadi tempat favorit sekaligus surga nya para peselancar domestik maupun dunia.

#2. BENGKULU SELATAN


Kabupaten Bengkulu Selatan berdiri berdasarkan Keputusan Gubernur Militer Daerah Militer Istimewa Sumatera Selatan pada tanggal 8 Maret 1949 Nomor GB/ 27/ 1949.

Bunga Raflesia Arnoldi

Bahasa daerah di kabupaten Bengkulu Selatan adalah bahasa Melayu Tengah yang terdiri dari dua dialek yaitu:
  1. Dialek Basemah yang banyak dipakai dari muara sungai Kedurang sampai dengan perbatasan kabupaten Kaur
  2. Dialek Serawai mayoritas digunakan di kabupaten ini.

Selain wisata alam dengan pemandangannya yang indah, tempat ini bisa merupakan destinasi wisata kuliner, wisata memancing, Wisata Olah Raga semisal Renang, Tenis dan Volly Pantai.


Pantai Pasar Bawah


Pantai Pasar Bawah merupakan pantai yang sejuk, karena dipinggir pinggir pantai terdapat pohon-pohon cemara yang biasa hidup di pegunungan.

Objek wisata alam ini terletak di bagian pesisir kota Manna, berjarak sekitar 3 km dari pusat kota, yang menempuh waktu sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan umum.

Selain Sebagai tempat pariwisata, Pantai Pasar Bawah juga merupakan tempat perkampungan nelayan tradiosional, dan merupakan pusat perikanan air laut di Bengkulu Selatan.

#3. BENGKULU TENGAH


Kabupaten Bengkulu Tengah Ibukotanya adalah Karang Tinggi. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Provinsi Bengkulu yang memiliki luas wilayah ± 32.365,60 km2 dengan penduduk pada tahun 2007 berjumlah ± 1.715.689 jiwa terdiri atas 8 (delapan) kabupaten dan I (satu) kota.

Objek Wisata Pantai Sungai Suci merupakan salah satu objek wisata pantai yang menjadi andalan Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Bahan Baku Batu Akik

Pantai ini juga merupakan salah satu lokasi favorit bagi pecinta batu akik (batu cincin), karena dilokasi ini memiliki cukup banyak bahan batu akik bertebaran di sepanjang pantai.

Untuk sampai ke lokasi ini, tidaklah susah, karena ada gerbang besar yang bertuliskan objek Wisata Pantai Sungai Suci di sebelah kiri jalan di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Keindahan Pantai Sungai Suci dikenal memang asri dan masih alami.

Sesampai di sana kita di suguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan, hamparan pantai dengan deburan ombak yang silih berganti, juga terdapat pondok-pondok untuk beristirahat.

Gundukan bebatuan yang tersusun alami sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto selfie atau wefie.

Transportasi ke lokasi ini cukup lancar dan bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum, dengan jarak tempuh hanya 15 km dari Kota Bengkulu dan sekitar 20 km dari Bandara Fatmawati.

#4. BENGKULU UTARA


Bengkulu Utara

Kabupaten Bengkulu Utara ibu kota dan pusat pemerintahan nya adalah kota Arga Makmur. Arga Makmur berjarak 74 km dari Kota Bengkulu yang dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar satu seperempat jam dengan menggunakan angkutan darat.

Kondisi geografisnya sebagian besar berupa dataran yang berada pada ketinggian antara 10-150 mdpl sepanjang pesisir pantai bagian barat membujur dari utara ke selatan.

Di bagian timur kondisi daerahnya berbukit-bukit dengan ketinggian hingga 541 mdpl.

Bagian Utara berbatasan dengan Provinsi Jambi mencapai ketinggian 2300 m.

Pantai Palik


Keindahan alam yang bisa kamu nikmati tepat di atas tebing di pinggir pantai semakin terlihat begitu sempurna.

Wisata Pantai Palik

Hembusan angin pantai seakan-akan membuat kita enggan berdiri sebelum matahari tenggelam total.
Selain tebing dan pantainya yang memukau setiap wisatawan yang datang, panorama sunset di Pantai Palik bisa membuat wisatawan terkesima karena keindahannya.

Wisata Pantai Palik menjadi spot terbaik untuk kamu yang suka fotografi, atau pun kamu yang suka selfie. Tempat wisata di Bengkulu Utara yang bisa diandalkan ini berada di Kecamatan Lais.

#5. KAUR


Kaur adalah sebuah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Kabupaten Kaur yang dulunya merupakan Eks Kewedanaan Kaur meliputi wilayah hanya 3 kecamatan saja yaitu:

1. Kecamatan Kaur Utara
2. Kecamatan Kaur Tengah
3. Kecamatan Kaur Selatan

Wilayah kabupaten ini memanjang dari Utara ke Selatan disepanjang pesisir pantai barat Pulau Sumatra.

Wisata Pantai Linau

Mulai dari perbatasan Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu Jembatan Sulawangi sampai dengan Jembatan Air Menunglah di Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung.

Pantai Linau


Wisata Pantai Linau terletak persis di sisi jalan raya, karena itu pantai ini menjadi tempat yang pas buat kamu untuk istirahat, sembari menikmati deburan ombak, menghirup udara pantai yang nan sejuk.

Kaur-Bengkulu

Di sepanjang garis pantai banyak pohon-pohon menjulang tinggi yang bisa dijadikan tempat untuk berteduh.

Wisata Pantai Linau terletak di Kecamatan Maje yang terletak di desa Linau, karena itu nama Pantai ini diambil dari nama Desa.

Pantai ini terletak di sisi jalan raya persis, Kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu.

Dari arah Kota Bengkulu, menuju Wisata Pantai Linau dengan menggunakan angkutan umum jalur darat/ travel, dengan jarak tempuh sekitar 5-7 jam.

Dermaga Linau sering dijadikan tempat pariwisata dan bersantai bersama orang terdekat, serta sering dijadikan Wisata Memancing Ikan.

Keindahan laut Linau dengan warna laut yang biru menambah daya tarik Wisata Pantai Linau.

#6. KEPAHIANG


Kota Kepahiang sejak zaman penjajahan Belanda dikenal sebagai ibukota Kabupaten Rejang Lebong yang pada waktu itu disebut "Afdeling Rejang Lebong" dengan ibu kotanya Kepahiang.

Wisata Alam Hutan Tropis

Pada zaman pendudukan Jepang selama tiga setengah tahun, Kepahiang tetap merupakan pusat pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Kamu dapat menikmati suhu sejuk pegunungan dengan udara yang sangat segar di kota kepahiang.

Kota yang di kelilingi Hutan Tropis yang masih asri dengan pemandangan yang menakjubkan dan Kebun Teh Kabawetan menambah keindahan kota ini.

Gajah Sumatera

Sektor pariwisata di Kabupaten Kepahiang hingga saat ini relatif masih kecil kontribusinya terhadap perekonomian daerah.

Walaupun demikian, kabupaten ini memiliki beberapa potensi yang cukup menjanjikan di masa yang akan datang.

Kinerja sektor pariwisata di Kabupaten Kepahiang dapat dikenali dari beberapa elemen pengembangan seperti potensi alam dan sarana–prasarana penunjangnya.

Dilihat dari potensi alamnya terlihat bahwa komponen yang paling menonjol diwilayah ini adalah air terjun dan tercatat terdapat 10 air terjun yang dapat dijadikan obyek wisata alam lainnya di Provinsi Bengkulu.

Wisata Alam Kepahiang

Itulah tadi 6 destinasi wisata alam di Provinsi Bengkulu yang wajib kamu kunjungi jika nanti kamu berencana untuk menjelajahi tempat wisata di Bengkulu, Bumi Rafflesia.

Untuk memacu pertumbungan sektor Pariwisata, Provinsi mencanangkan program "Visit 2020 Wonderful Bengkulu".

Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu pada tahun 2017 ini, telah menetapkan tiga Major Events Pariwisata.

Wisata Alam Bengkulu Bumi Rafflesia

Tiga Event Besar Pariwisata Bengkulu ini digelar untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bengkulu, sekaligus menjadi media promosi untuk memperkenalkan Provinsi Bengkulu dengan segala potensi yang dimilikinya.

3 Event Besar Pariwisata Bengkulu :


1. Festival Bumi Rafflesia


Kegiatan ini mengusung daya tarik wisata alam atau bahasa kerennya "Eco Tourism", yang dilatar belakangi sejarah bunga Rafflesia yang juga merupakan "Icon" Bengkulu.

Wisata Sejarah Bengkulu-Bumi Rafflesia

Yang untuk pertama kalinya ditemukan dan diperkenalkan pada dunia oleh Gubernur Inggris Sir Thomas Stanford Raffles pada tanggal 20 Mei 1818 di wilayah Bengkulu bagian Selatan.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 21-23 Juli 2017 silam, bertempat di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.

Dengan agenda acara yang memadukan Sport Tourism/ Wisata Olah Raga, Pameran dan Pergelaran Seni dan Budaya, Fun Bike Jelajah Bengkulu, FamTrip Media dan Tour Operator, Triathlon, dan Festival Kopi.

2. Festival Pesisir Pantai Barat Sumatera


Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh potensi bahari yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu.

Pasir putih, air yang jernih dengan wisata pantai yang masih alami, vegetasi cemara laut yang memberi kesejukan bagi wisatawan, membuat Wisata Pantai Bengkulu sungguh mempesona.

Port Marlborough

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 17 sampai dengan tanggal 19 November 2017 yang akan datang, di Kawasan Pantai Panjang Bengkulu.

Yang akan menyajikan beberapa rangkaian kegiatan yang memadukan Sport Tourism/ Wisata Olahraga, dan Wisata Budaya diantaranya:

o Kompetisi Surfing Tingkat Nasional
o Volly Pantai Nasional
o Lomba Lari 10 K
dan masih banyak lagi rangkaian acara lainnya.

Buat kamu yang tidak ingin ketinggalan acara ini, ada baiknya mulai rencanakan dan persiapkan dari sekarang segala sesuatunya.

3. Festival Tabut


Event ini merupakan event pamungkas, atau event terbesarnya dari 3 event besar yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Bumi Rafflesia - Bengkulu

Event tahunan ini telah menjadi event tetap kalender kegiatan Kementerian Parawisata.

Event ini merupakan peristiwa wisata budaya tradisi Keluarga Kerukunan Tabut Bengkulu, dikemas dalam bentuk Festival dengan beberapa rangkaian kegiatan yang berbasis kearifan lokal dan ekonomi kreatif, diantaranya:

o Pergelaran Seni dan Budaya
o Expo
o Berbagai Lomba yang Bertemakan Seni dan Budaya
dan masih banyak lagi rangkaian acara lainnya yang bertemakan kearifan lokal dan ekonomi kreatif Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan pada bulan depan, yakni tepatnya pada tanggal 21 sampai dengan 30 September 2017, dan bertempat di Lapangan Merdeka atau kawasan View Tower Kota Bengkulu.

Demikianlah beberapa Dunia Informasi Wisata yang ada di Provinsi Bengkulu, berupa destinasi-destinasi Wisata Alam nya, Wisata Pantai nya, Wisata Budaya nya, dan lain sebagainya.

Serta Dunia Informasi Wisata berupa Pesona Kilau Bumi Rafflesia dan Event-event Besar Pariwisata Bengkulu 2017 menyambut "Visit 2020 Wonderful Bengkulu" nanti.
Happy Traveling, semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

ternyata bengkulu punya banyak pantai ya sangat menarik artikelnya semoga sukses

Balas

Makasih gan, sukses juga....

Balas

Sayang jauh lokasinya..
Semoga suatu saat bisa ke sana..

Salam ngeblog dari
Menggapaiangkasa.com

Balas