Dunia Asa - Dunia Wisata dan Kuliner

Dunia informasi wisata, Kuliner, Paket Tour Wisata, Resep, tips wisata, Backpacker, Wonderful Indonesia, Liburan Bersama Keluarga

Sale Anggur dari Dusun Krajen Pacitan, Jawa Timur

Mungkin banyak dari kamu yang sudah kenal dan merasakan cemilan dari pisang ini, yang lebih dikenal dengan sale pisang.

Akan tetapi di Pacitan, sale pisang diolah dan dikemas menyerupai buah anggur, dan karena itu cemilan ini dinamakan dengan Sale Anggur.

Yang artinya sale ini tidaklah terbuat dari buah anggur, namun sale yang terbuat dari pisang dan dikemas menyerupai buah anggur.

Bahan utama dari sale anggur adalah pisang awak atau pisang klotok, pisang awak ini menjadi primadona di Pacitan dikarenakan merupakan komoditi yang sangat melimpah.

Cara membuat sale anggur pacitan tidaklah terlalu susah, pertama-tama adalah dengan memilih pisang awak yang sudah benar-benar matang agar sale anggur rasanya lebih legit, manis dan tentunya mudah diproses.

Pengolahan sale anggur di pacitan adalah sebagai upaya meningkatkan nilai jual dan mengurangi buah pisang yang terbuang sia-sia karena membusuk, yang disebabkan komoditi jenis pisang awak ini di pacitan sangat melimpah.

Setelah memilih pisang yang benar-benar matang, pisang diiris tipis dan disusun diatas "anjang" atau alas menjemur khusus sale. Selain menjadi sale, pisang awak biasanya juga digunakan sebagai makanan burung.

Pisang awak juga sangat baik dikonsumsi oleh manusia, karena pisang awak banyak mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan.

Setelah pisang diiris tipis dan disusun diatas anjang, pisang dijemur dibawah terik matahari selama 3 hari yang dimaksud untuk mengurangi kadar airnya.



Pisang yang sudah kering dijemur tadi, pisang dipanggang didalam oven yang suhunya sekitar 70 derajat celcius, untuk membunuh kuman dan menjadikan pisang lebih kering.

Setelah kering, pisang digulung dan dikemas dengan ditutup plastik hingga berbentuk bulat.

Terakhir, sale pisang dibungkus dengan plastik warna-warni dan plastik bening. Setelah itu, butiran sale pisang bisa dirangkai seperti buah anggur. Mudah bukan?

Sale anggur bisa disimpan selama enam bulan, semakin lama sale anggur disimpan, akan semakin membuat sale anggur legit, manis dan nikmat.

Bagi Sobat Asa yang sedang liburan di Pacitan, sobat dapat membeli sale anggur dusun krajen ini di pusat oleh-oleh kota pacitan untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk sanak keluarga dan teman-teman sobat, cukup mengeluarkan kocek sebesar 3000 rupiah untuk setiap tangkai sale anggur.