Widget HTML Atas

Kuliner Favorit Bangka Belitung, Campuran Melayu dan Cina

Pulau Bangka selain memiliki pantai yang indah dan terkenal dengan pasir putihnya, juga terkenal dengan aneka kuliner yang patut diburu oleh para pecinta kuliner. Selain lezat, kuliner Bangka merupakan paduan kuliner Melayu dan Tionghoa.

Kuliner Favorit Khas Bangka


Kuliner Bangka Belitung yang satu ini memang sudah sangat terkenal sekali, yang merupakan ciri khas dari daerah kepulauan ini.

Berbahan utama ikan, yang memang merupakan hasil laut dari kepulauan Bangka dan Belitung, dan biasanya dimakan dengan kuah yang biasa disebut cuka, berupa kuah sambal dari terasi dan tauco.

Otak-otak


Masyarakat pulau Bangka pada umumnya suka jajan, itulah sebabnya jajanan banyak dikembangkan dan dijajakan baik pada pada pagi hari, maupun sore hari.

Salah satu jajanan yang patut diburu adalah otak-otak.


Otak-otak mudah dibuat di Bangka karena bahan dasarnya adalah ikan tenggiri. Otak-otak dibuat dengan bahan ikan dan tepung dikukus, lalu dibungkus daun dan dibakar.

Di Bangka, otak-otak disajikan dengan taoco dan sambal terasi. Berbeda dengan di Jawa yang disantap dengan saus kacang.

Bagi anda yang ingin merasakan langsung ada Son Moy Chi, yang terletak di jalan MH Muhidin, kawasan Garuda, Pangkal Pinang yang memiliki beragam variasi otak-otak.

Otak-otak Bangka  

Selain otak-otak biasa, pempek di Bangka juga disebut otak-otak pula.

Ada pempek rebus, pempek goreng, pempek bakar, ng-piang atau kulit ikan dan bu jan atau talas goreng. Bu Jan alias Talas Goreng, Ng Piang atau Kulit Ikan.

Otak-otak Belinyu  

Sedangkan di kota Belinyu terdapat Asam dengan otak-otak bentuk kotak dengan bumbu taoco atau sambel terasi juga, dipasarkan bersama pempek juga.


Penjaja otak-otak yang terkenal lainnya adalah otak-otak Amui, di jalan Melintas 23, Pangkal Pinang.

Wisata Kuliner Bangka Belitung  

Yang dijual Otak-otak Belinyu, pempek dan talas goreng.

Amui selain membuka gerai untuk makan ditempat juga memiliki spesialisasi untuk oleh-oleh yang siap dengan kotak dan bersedia mengantar ke hotel atau bandara.

Posting Komentar untuk "Kuliner Favorit Bangka Belitung, Campuran Melayu dan Cina"