Danau di Bangka Tengah Ini, Akan Membuatmu Merasa Berada di Eropa Loh!

Danau di Bangka Tengah Ini, Akan Membuatmu Merasa Berada di Eropa Loh!

Karena saya berasal dari Bangka Belitung, pertama-tama yang ingin saya perkenalkan terlebih dahulu kepada teman-teman semua di blog ini adalah daerah saya sendiri.

Saya berasal dari Pangkalpinang, Pulau Bangka Kepulauan Bangka Belitung, karena saya lahir dan besar di Pulau ini, tentu sudah banyak tempat yang sudah saya kunjungi.

Keindahan alam, pesona serta spot-spot foto terbaik yang ada di daerah saya ini, sangatlah bagus dan indah serta sangat saya rekomendasikan untuk teman-teman pencinta traveling.

Saya akui, Bangka Belitung mulai dikenal oleh sebagian besar teman-teman semua pastilah dari film Laskar Pelangi.

Film yang sempat menjadi box office di Indonesia ini sangat jelas menggambarkan keindahan alam dan pantai yang ada di Bangka Belitung ini.

Saya yakin, bagi teman-teman pecinta traveling yang pernah menyaksikan film ini, pastilah ingin segera melihat dan datang kesini, Bangka Belitung ini.

Kali ini, saya belum akan menulis tentang pantai-pantai yang ada di Bangka Belitung ini, karena sebagai gambaran, teman-teman sudah bisa melihatnya dari film Laskar Pelangi tersebut.

Saya akan bercerita tentang suatu tempat yang sangat bagus dan indah menurut saya, apalagi dipakai untuk tempat foto.


Danau Kaolin namanya. Danau Kaolin bukanlah terbentuk secara alami, akan tetapi bisa dikatakan sebagai danau buatan.

Akan tetapi, walaupun disebut sebagai danau buatan, tidaklah bisa dikatakan sepenuhnya sebagai danau buatan.

Danau Kaolin terbentuk akibat adanya penambangan timah.

Pulau Bangka dikenal sebagai Pulau penghasil timah, karena itu banyak tempat yang tadinya bekas tambang timah menjadi atau pada akhirnya membentuk sebuah danau dengan sendirinya.

Akan tetapi, dari begitu banyak danau yang terbentuk dari bekas penambangan timah yang ada di Pulau Bangka ini, Danau Kaolin menjadi sebuah danau yang lain dari pada danau-danau lainnya.

Danau Kaolin ini sangat berbeda, bentuknya berbukit-bukit, dan uniknya, bukitnya berwarna putih.

Putih bersih seperti susu, sehingga apabila terpancar sinar matahari, seakan-akan sangat menyilaukan.
Selain itu, keunikan yang lainnya adalah, Danau Kaolin ini airnya berwarna biru, bersih sekali, tanpa ada gulma ataupun tumbahan yang ada di dasar danau.

Danau Biru Bangka Tengah

Selain dikelilingi oleh bukit-bukit putih bersih, bagian barat danau juga dikelilingi oleh pepohonan yang menambah kesan alami dan semakin memperindah air danau yang berwarna biru tadi.

Disisi bagian Timurnya, terdapat danau juga, hanya saja ukuran danaunya lebih kecil dibandingkan dengan danau yang sebelah barat dan berair biru tadi.

Dan menjadi lebih unik lagi, danau yang ini airnya berwarna Hijau.

Mungkin teman-teman dapat membayangkannya, bagaimana indahnya tempat ini, disatu sisi kita dapat melihat danau yang berair biru dengan pantulan bayangan pepohonan dan bukit-bukit yang putih bersih seperti susu.


Disisi lainnya kita juga dapat melihat danau yang berair Hijau dengan dikelilingi oleh bukit-bukit yang putih bersih juga.

Dan yang lebih membuatnya unik dan berbeda dari danau-danau yang lainnya, yang mungkin pernah teman-teman kunjungi, kedua danau yang berwarna Hijau dan Biru tadi dipisah oleh bukit kecil, yang juga sebagai jalan setapak.

Kita bisa melewati bukit tadi dengan berjalan kaki, untuk turun kesisi samping danau.

Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi tempat ini, Danau Kaolin terletak di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Tepatnya di desa Nibung, selain itu, sepanjang perjalanan menuju tempat ini, anda akan menemui banyak sekali tempat atau warung makan yang menyediakan makanan khas Bangka.


Bagi yang berada di luar kepulauan Bangka belitung, dapat mengunjungi tempat ini melalu perjalanan udara, dari bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bangka.

Penerbangan yang ada menuju kepulauan Bangka Belitung ini sekitar kurang lebih 14 kali penerbangan PP. Waktu yang ditempuh cukup 45 menit, dan dari Bandara Depati Amir menuju Danau Kaolin ini, hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam, waktu normal.

Demikianlah dari saya sedikit cerita tentang danau Biru Kaolin di Pulau Bangka..Happy traveling.

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

Itu mah bukan danau ,tapi kalau di Bangka itu namanya kulong hahahaha...

Balas

Iya kak, Kulong namanya kalo dibangka...Bekas TI...hahahaa

Balas