Bekantan (Nasalis Larvatus) Icon Banjarmasin Kalimantan Selatan

Bekantan (Nasalis Larvatus) Icon Banjarmasin Kalimantan Selatan

Indonesia sedari dulu dikenal dengan negara kaya. Kaya akan sumber daya alamnya, kaya akan sumber daya mineralnya, kaya akan sumber daya ekosistemnya yang beraneka ragam. Saya bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, karena semuanya tersedia di negeri tercinta ini.

Wisata Alam Kalimantan

Pada artikel lainnya, sedikit saya mengulas tentang pulau bangka, dengan danau biru kaolinnya pulau penghasil timah terbesar di dunia. Kali ini kita terbang ke pulau Borneo, tepatnya ke kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Banjarmasin telah berbenah, semakin kuat menapaki langkahnya menuju dunia pariwisata. Eksistensinya dibidang pariwisata semakin jelas terlihat. Kota yang dikenal dengan pasar sungai terapungnya ini, kini memiliki icon baru.
Bekantan (Nasalis Larvatus) merupakan primata khas Kalimantan Selatan, karena itu kota Banjarmasin sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, membuat sebuah patung Bekantan.

Patung yang menjadi icon yang sangat unik dan cukup besar berdiri tepat ditengah jantung kota Banjarmasin.


Patung ini berdiri kokoh ditepi sungai Martapura, yang telah diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2015 silam.

Patung ini cukup besar sehingga kita yang berada diseberang sungaipun masih dapat melihat megah dan kokohnya patung ini.

Patung yang berketinggian mencapai 6 meter ini sekarang menjadi destinasi wisata baru bagi warga lokal maupun mancanegara.

Walaupun hanya sekedar untuk foto selfie yang berlatar belakang patung bekantan ini, cukuplah memuaskan jiwa petualangan para backpacker. Apalagi, di sore hari, kawasan patung ini akan semakin ramai dikunjungi.

Tulisan ‘BAKANTAN (Nasalis larvatus) BANJARMASIN’, secara tegas menunjukkan bahwa primata ini merupakan icon dari Kalimantan Selatan.

Patung yang terletak di Jalan Kapten Pierre Tendean Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan ini dibuat dari bahan perunggu.

Baca: Wisata Balikpapan - Kota Minyak di Kalimantan

Pemerintah setempat kini mengupayakan patung ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat yang datang ke Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan dengan membangun insfratuktur pendukung disekitar patung bekantan ini.

Demikian dari Dunia Informasi Wisata dan Kuliner - Dunia Asa, happy traveling.

Baca juga:


Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments