Widget HTML Atas

12 Tips Mengolah Daging Kambing, Domba, Sapi Agar Tidak Bau dan Alot

Kurang dari dua minggu lagi, Insyaallah umat Islam di seluruh dunia dan nusantara khususnya akan merayakan hari raya idul adha, atau yang lebih dikenal dengan hari raya qurban.

12 Tips Mengolah Daging Qurban Kambing, Domba atau Sapi Agar Tidak Bau dan Alot, ini saya bagikan untuk anda, sebagai tambahan referensi dalam mengolah daging qurban.

Tips Mengolah Daging Agar Tidak Alot dan Bau

Disetiap hari raya qurban atau hari raya Idul Adha isi kulkas di rumah bakal berlimpah dengan daging hewan Qurban.

Ada beberapa Tips yang harus kamu ketahui, supaya daging Qurban kambing atau sapi yang didapat tidak bau dan tidak alot saat akan di makan.

Cara Mengolah Daging Sapi dan Domba agar tidak bau dan alot

Mengolah daging memang gampang-gampang susah, jika salah dalam cara memasaknya, daging Qurban ini akan menjadi alot dan berbau.

Setelah daging qurban kambing, domba dan sapi diolah agar tidak bau dan alot, kamu bisa mencoba 14 Resep Olahan Daging Kambing dalam Merayakan Hari Raya Idul Adha ini.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips-tips cara mengolah daging Qurban Kambing, Domba dan Sapi agar tidak bau dan alot:

1. Masak daging qurban kambing atau sapi dengan potongan lobak secukupnya.

Setengah jam kemudian keluarkan lobak, setelah itu baru oleh daging qurban kambing atau sapi sesuai dengan resep masakan daging qurban kambing atau sapi yang kamu disukai.

2. Masak 1 kilogram daging qurban kambing atau domba dan sapi dengan kacang hijau sebanyak 10 gram.

Setelah 15 menit, angkat dan tiriskan daging qurban tersebut. Kemudian masak sesuai dengan keinginan kamu.

3. Masak 1 kilogram daging qurban kambing atau sapi bersama bubuk kare sekitar 15 gram.

Banyaknya bumbu kare disesuaikan dengan jumlah kilogram daging qurban yang akan kamu masak.

4. Masak 1 kilogram daging qurban kambing, domba atau sapi bersama 150 gram tebu yang sudah dipotong-potong.

Masak kurang lebih selama setengah jam-an.

5. Didihkan 1 liter air lalu masukkan 1 kilogram daging qurban kambing atau sapi dengan 40 gram cuka.

Setelah 10 Menit tiriskan daging qurban kambing atau sapi tersebut lalu masak sesuai keinginan kamu.

6. Sebelum daging qurban kambing atau sapi dimasak, siram dengan tetesan air jeruk nipis.

Bisa juga menggunakan daun jeruk limau.

7. Bisa juga menggunakan Daun jambu klutuk dengan cara dibejek-bejek bersama dengan daging qurban kambing atau sapi sebelum dimasak.

8. Untuk menghilangkan bau "bandot" pada daging qurban kambing, bisa juga menggunakan arang, dengan cara 2 potong arang dicuci bersih lalu direbus bersama daging qurban kambing.

9. Untuk membuat daqing qurban kambing atau sapi yang alot menjadi lembut, bisa juga menggunakan parutan buah nanas. Parutan buah Nanas juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging qurban.

Caranya : Lumuri daging qurban kambing atau sapi mentah dengan parutan nanas tadi, kemudian diamkan selama satu jam, kemudain olah seperti biasa.

10. Aroma prengus atau "bandot" (dalam bahasa bangka) sebagian besar berasal dari lemak yang menempel pada daging qurban kambing.
Tips:
Buang lemak berlebih yang menempel pada daging qurban kambing dengan cara mengirisnya.
Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Kamu bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

11. Jangan dicuci!! Normalnya semua yang dimasak harus dicuci bersih dahulu. Tetapi kalau Kamu melakukan ini terhadap daging qurban kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam.

Sebaiknya Kamu langsung rebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

12. Bungkus dengan daun pepaya, untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging qurban kambing.


Caranya :

Bungkus daging mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging.

Nah, itulah 12 Tips Mengolah Daging Qurban Kambing, Domba atau Sapi Agar Tidak Bau dan Alot yang bisa dengan mudah dipraktekkan dirumah.
Semoga bermanfaat.
Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "12 Tips Mengolah Daging Kambing, Domba, Sapi Agar Tidak Bau dan Alot"