Top Social

5/04/2017

20 Tips Traveling Terbaik yang Harus Dipersiapkan Bagi Para Backpacker

Tips sebelum melakukan traveling
Bagi yang suka melakukan perjalanan atau suka traveling, mungkin pernah mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan selama perjalanan tersebut. Sebut saja, kehilangan barang berharga, ketinggalan dokumen-dokumen penting, atau bahkan ada yang mengalami tindak kejahatan semacam perampokan atau kecopetan.

Dari berbagai macam masalah yang dihadapi dalam perjalanan liburan tadi, ada baiknya kita berusaha setidaknya menghindari dan mengurangi resiko kejadian diperjalanan yang tidak mengenakkan itu.

Kita tidak mungkin dapat merencanakan semua hal dalam suatu perjalanan liburan, karena bisa jadi beberapa hal kejadian yang tidak mengenakkan tadi, di antaranya hanyalah bagian dari perjalanan itu sendiri, yang akhirnya menjadi suatu cerita tersendiri yang mengasyikkan dan menegangkan.

Namun, untuk berjaga-jaga dan mengurangi resiko dalam beberapa hal penting dalam perjalanan liburan kita, serta agar lebih memudahkan segala urusan yang mungkin nanti akan kita temui di dalam perjalanan itu, berikut saya sampaikan 20 tips perjalanan terbaik mungkin akan berguna bagi anda :

Fleksibel, Jangan kaku
Mungkin kita akan menghadapi yang namanya kemacetan, penundaan keberangkatan menuju suatu destinasi wisata tertentu, dan lain sebagainya. Cobalah untuk sabar, jangan lampiaskan dan keluarkan kekesalan anda saat mendapati kesalahan dan kekurangan-kekurangan dalam perjalanan anda. Kesabaran itu sangatlah penting saat bepergian dan liburan.

Buat daftar
Persiapkan segala sesuatunya, seminggu sebelum keberangkatan, anda harus sudah memikirkan segala sesuatunya, barang apa saja yang harus dibawa, bagaimana nanti maunya anda ditempat tujuan. Tentu hal ini akan sangat sulit untuk di ingat, karena itu, buat catatan kecil, persiapkan sebuah buku saku untuk itu. Apa yang ingin anda lakukan, tulis disitu.

INGAT!! Selalu Persiapkan Baterai Lebih, atau Powerbank
Satu hal yang tidak mungkin didunia ini adalah, mengulang kembali waktu yang telah hilang. Satu-satunya jalan dalam menghentikan waktu adalah FOTO/ FILM. Iya, anda tidak mau bukan, kehilangan moment-moment penting selama perjalanan liburan anda?. Karena itu, persiapkan baterai lebih atau powerbank untuk kamera anda. Setidaknya, selalu siapkan minimal 3 baterai lebih atau powerbank siap isi.

Selalu Bawa Kain Sarung
Mungkin ada sebagian dari anda berpikir kok bawa sarung?.. Sarung bisa digunakan sebagai bungkus saat Anda kedinginan, yang bisa dipakai dengan puluhan cara berbeda. Warna dan corak yang beragam itu bagus, sangat menonjol. Mau dipantai, digunung, anda bisa menggunakan Kain Sarung. Karena didalam suatu perjalanan wisata, akan ada sesuatu yang spontanitas, bermalam dialam terbuka, sambil menikmati udara gunung mungkin, atau sambil menunggu matahari terbit, ditepi pantai. Jadi ingat, selalu bawa sarung. Tentu saja bagi yang muslim sangat penting, karena bisa digunakan untuk sholat.

Fotokopi Dokumen Penting Anda
Selalu persiapkan fotokopi lebih untuk semua dokumen identitas anda, Pasport, KTP, SIM. Jangan cuma satu atau dua, karena bukan tidak mungkin didalam perjalanan wisata anda, anda diminta untuk menunjukkan dokumen-dokumen identitas anda. Terutama bagi yang melakukan perjalanan ke luar negeri, hal ini sangat penting, jangan sampai terlewatkan. Belum tentu anda akan menemukan tempat fotokopi di dalam perjalanan anda.

Bawa Pakaian Dalam Ekstra
Selama perjalanan wisata, Anda mungkin tidak mau direpotkan dengan mencuci bukan? Karena itu, selalu persiapkan pakaian dalam lebih dalam perjalanan anda.

Rencanakan Selalu Pakaian yang akan dibawa
Saya pernah melakukan suatu perjalanan wisata ke malang, disana saya ke bromo dan ke perkebunan apel di batu malang.  Saya termasuk orang yang malas dalam mengemas dan memilih pakaian dalam suatu perjalanan, hingga yang saya bawa pakaiannya cuma itu-itu saja motifnya, kalo gak putih abu-abu, ya biru. Saya tidak merencanakan pakaian apa saja yang harus saya kemas. Setelah melihat kembali foto-foto selama perjalanan itu, saya berharap bisa mengulangnya kembali dan berusaha lebih keras dalam mengemasnya.

Masukkan Barang Elektronik, Obat-obatan, Sikat Gigi, Pakaian dalam, Pakaian Tambahan di Dalam Tas Jinjing Anda

Beberapa barang penting harus selalu anda bawa serta dalam tas jinjing Anda. Misalnya baju renang merupakan ide yang bagus jika Anda sedang berlibur di pantai. Barang-barang yang anda sisipkan di tas jinjing anda dapat anda beli kapanpun, akan tetapi, jika anda kehilangan atau pihak meskapai penerbangan melakukan kesalahan yang membuat koper barang anda telat nyampai, tentu Anda akan menghemat banyak uang dan waktu karena anda punya barang-barang penting ditas jinjing anda.

Selalu Tanyakan Harga
Jika anda akan membeli suatu suvenir atau oleh-oleh atau cinderamata, selalulah bertanya dulu tentang harganya, baik kepada penjual ataupun kepada wisatawan lain yang sudah membelinya. Begitu juga jika anda akan menggunakan angkutan umum, selalu tanyakan berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam suatu trip perjalanan. Karena, wisatawan adalah sasaran empuk bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak baik.

Siapkan selalu Lotion di Tas Jinjing Anda
Bagi mereka yang peduli dengan perawatan kulit, atau alergi sinar dan hama seperti nyamuk, ada baiknya anda menyiapkan lotion ini. Selain sebagai pelindung, juga merawat dan menghindari kita dari sakit selama perjalanan.

Letakkan Nomor Kamar & Alamat Hotel Anda di Handphone Anda
Mungkin bukan saya saja yang sering lupa berapa nomor kamar hotel saya, karena itu, bagi yang sama seperti saya, ada baiknya melakukan seperti yang saya lakukan, meletakkannya dihandphone saya.

Janga ragu bertanya dengan Masyarakat Setempat
Saya selalu meminta masyarakat setempat untuk menunjukkan dimana restoran terbaik, tempat yang mengagumkan untuk menyaksikan matahari terbenam, kedai kopi terbaik, dll. Tahukah anda? Saya telah dibawa ke beberapa restoran yang menarik yang sebelumnya bukanlah menjadi tempat pilihan utama saya.

Hati-hati dengan WIFI Publik Gratis
Ingat, jangan mentang-mentang sedang dalam perjalanan atau seorang backpacker, selalu saja berharap yang gratis-gratis. Memilih yang gratis boleh, tentu saja sangat boleh, tapi jangan lupa untuk selalu waspada. Jangan pernah memasukkan detail kartu kredit, rekening bank, dan lain sebagainya disaat anda menggunakan WIFI Publik Gratis.

Lapor Bank atau Penyedia Kartu Kredit anda, bahwa anda sedang dalam liburan
Tentu anda tidak mau direpotkan dengan segala macam jenis birokrasi yang ribet karena kartu kredit anda diblokir oleh bank. Demi menjamin keamanan para nasabahnya, bank akan memblokir penggunaan kartu kredit diluar kebiasaan pengguna/ nasabahnya. Yang artinya, jika kita biasa menggunakan kartu kredit di daerah A, lalu tiba-tiba kita menggunakan didaerah B, sistem akan melaporkan penggunaan ini dan otomatis akan memblokir kartu kredit anda.

Selalulah berpikir terbuka
Hei....!!! Anda itu pengunjung, wisatawan, jangan pernah sekali-kali menilai kebiasaan dan budaya masyarakat lokal. Hormatilah semua orang.

Siapkan Ruang Untuk Hal-hal yang Tidak Terduga. Selalulah berpikir terbuka, jangan terlalu terpaku dengan rencana-rencana perjalanan yang anda buat, selalu persiapkan ruang untuk anda, untuk hal-hal yang diluar rencana, hal-hal yang spontanitas. Yang diluar dugaan, diluar rencana, dan spontanitas itu, MENGASYIKKAN tau!!!

Beri tahu Sanak Saudara Anda yang bahwa anda sedang dalam perjalanan wisata
Ini sangat penting apalagi saat anda bepergian sendiri, tapi tetap ini menjadi ide yang sangat bagus, baik anda pergi sendiri atau dalam beramai-ramai/ dalam grup.

Pisahkan Barang Pribadi Anda
Jika anda bepergian dengan teman, untuk mengurangi over bagasi tentu biasanya kita menggabungkan barang-barang kita dengan teman-teman kita. Akan tetapi, untuk barang-barang pribadi, buatlah terpisah, dengan begitu jika ada tas yang hilang, kita masih memiliki beberapa pakaian dan barang-barang pribadi.

Pisahkan Tempat Uang Anda
Jangan pernah menyimpan semua uang dan kartu Anda di satu tempat. Saya biasanya menyembunyikan uang tunai dan kartu kredit / bank cadangan di tas terpisah, bukan tas yang sama dengan dompet saya.

Bawa Selalu Tas Pertolongan Pertama
Selalu bawa sebuah tas pertolongan pertama kecil yang berisi aspirin, betadin, obat-obatan ringan, obat batuk, perban, dan hal-hal lainnya.

Ambil Banyak Foto
Dari ke 20 tips traveling diatas, saya rasa inilah yang paling penting. Buatlah banyak foto, ingat, anda sedang liburan, sedang traveling, foto dan video merupakan suvenir terbaik yang akan anda bawa pulang!. Ada cerita yang tersimpan disana, ada kisah yang nantinya akan anda bagikan kepada saudara-saudara anda, anak-anak anda dan tentunya cucu-cucu anda nantinya.

Demikian dari dunia asa, Happy Traveling!!!



Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature